10 macam bunga yang bisa di makan.

Bunga. 

Sebenarnya apa itu bunga dan apa fungsinya bagi tumbuhan? Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat reproduksi seksual untuk menghasilkan bibit tumbuhan baru. Pada bunga terdapat dua jenis organ reproduksi yaitu benang sari dan kepala putik, namun disini kita tidak membahas tentang bagaimana cara tumbuhan bereproduksi tapi membahas jenis - jenis bunga yang dapat di konsumsi serta dari segi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut sepuluh macam bunga tanaman yang telah dirangkum :

 1. Bunga kecombrang.

Bunga kecombrang

Pasti kalian tak asing lagi dengan bunga satu ini, yap bunga kecombrang, bunga satu ini memiliki kelopak dengan warna merah muda dan batang tangkai yang tinggi terkadang mencapai satu meter. Bunga kecombrang termasuk dalam kategori tumbuhan rempah-rempah, baik biji maupun kelopak bunganya dapat diolah menjadi bahan campuran masakan dan lalapan. Rasanya yang khas seperti aroma rempah-rempah membuat masakan menjadi lebih wangi dan rasa yang berbeda.

Oh iya bagian kelopak merah mudanya juga dapat di konsumsi selagi segar, biasanya dijadikan lalapan dan sambal. Umumnya bunga kecobrang tumbuh pada musim - musim tertentu sehingga sedikir sulit mencarinya.

2. Krisan flower.

Bunga krisan

Selanjutnya bunga krisantemun atau biasa disebut seruni. Seruni merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari suku knikir - knikiran. Bunga satu ini tentu dapat di konsumsi terutama untuk hiasan kue, puding, minuman dan masakan lainya, dan olahan yang paling terkenal dari krisan yaitu teh. Minuman ter yang dicampur dengan bunga krisan kering akan mengeluarkan aroma wangi dan rasa yang nikmat. Selain itu krisan juga cocok untuk bunga dalam ruangan kamu tinggal memilih mana warna yang kamu sukai.

3. Mawar.


Hayo siapa yang suka mawar, kebanyakan perempuan pasti menyukai mawar karena bentuk dari bunga ini yang cantik dan menawan. Namun kamu harus tahu loh bunga mawar merupakan termasuk dalam jenis tumbuhan liar dari jenis genus rosa / rose dengan terdapat lebih dari 100 spesies yang tersebar diseluruh dunia, pada bagian batangnya berduri tajam dengan tinggi tumbuhan dapat mencapai 1,5 meter, jika saat mekar bunganya sangat indah dengan berbagai warna. Bunga mawar  telah banyak digunakan sebagai pengharum ruangan, penghias cake dan capuran bahan makanan serta minuman.

4. Lavender.


Selanjutnya yaitu bunga lavender, bunga lavender identik dengan warna unggunya yang bergerombol pada tangkai. Untuk pemanfaatan bunga lavender dapat di jadikan bahan campura masakan, wangian relaxasi dan extrak dari minyak lavender banyak digunakan untuk produk farfume.
Pssst bunga lavender di ketahui tidak di sukai nyamu loh karena aroma yang di keluarkanya, kamu cukup meletakanya sebagai tanaman hias ruangan.

5. Calendula.

Calendula

Ada yang tahu dengan bunga Calendula? Calendula merupakan bunga yang berasal dari kawasan selatan eropa, bunga ini banyak di budidayakan dan di gunakan untuk bahan makanan, kecantikan, pengobatan, bunga ini diketahui dapat menbunuh bakteri dan virus karena sifatnya yang anti inflamasi. Bentuknya yang cantik dengan beragam warna banyak pakai untuk hiasan kue dan rangkaian bunga untuk kado.

6. Bunga matahari.

Sun flower

Siapa yang tak mengenal bunga matahari, pasti diantara kalian pernah memakan bagian dari tumbuhan ini. Bunga yang identik dengan kepala besar dan bewarna kuning jika sudah mekar sempurna. Bentuknya seakan seperti matahari yang sedang menyinari dan dengan tinggi yang dapat mencapai sekitar 1-2 meter. umumnya bunga matahari di budidayakan untuk di ambil bijinya, bagian bijinya dapat diolah menjadi bahan pangan, cemilan dan produk kecantikan, extrak dari biji bunga matahari diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bukan hanya bijinya saja bagian kelopak bunganya juga dapat dijadikan campuran minuman, terutama minuman teh

7. Pansy.

Bunga pansi

Bunga pansi merupakan jenis bunga hibrida yang banyak di tanam sebagai tanaman hias di perkarangan rumah, namun banyak juga yang membudidayakannya untuk diambil bunganya sebagai penghias hidangan dan bahan campuran makanan.

8. Nastutium.

Nastutium

Bunga nasturtium merupaka tumbuhan berdaun hijau yang banyak di budidayakan untuk diambil daun dan bunganya, daunya dapat dimakan sebagai lalapan dan campuran salad, serta biji, buah dan bunganya banyak di jadikan hidangan campuran maupun penghias kue.

Termasuk dalam keluarga kubis - kubisan serta mempunyai rasa yang renyah, sedikit pahit dan terdapat sensasi pedas.

9. Kembang zucchini.

Kembang zucchjni

Kembang/ bunga Zucchini hampir mirip dengan mentimun baik bunga daun dan buahnya, dan termasuk dalam jenis tumbuhan labu - labuan. Zucchini umumya di panen saat masih muda atau sebelum matang. Buahnya dapat dijadikan campuran salad dan bahan masakan lainya sedangkan untuk bunganya bisa juga dikonsumsi dan hiasan kue.

10. Carnation.

Carnation

Bunga dengan nama ilmiah dianthus caryophyllus merupakan tanaman hias karena bentuk bunganya mekar dengan warna yang menarik, warnanya yang mencolok dan cantik sehingga jadi sering di tanam di perkarangan rumah, bagian bunganya ini sering di olah untuk hiasan maupun campuran bahan makanan.

Itulah 10 macam bunga yang bisa di makan dan dijadikan hiasan. 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i