CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 4 pewarna merah alami dan manfaatnya bagi kesehatan- healty99 - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

4 pewarna merah alami dan manfaatnya bagi kesehatan- healty99

Bingung mencari pewarna makan dengan bahan alami.?

Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan terhadap pewarna makanan merah dengan mengunakan bahan alami yang berasal dari tumbu-tumbuhan sekaligus manfaatnya bagi kesehatan.
Berikut beberapa bahan yang dapat dijadikan acuan untuk menciptakan warna merah pada masakan kamu agar lebih menarik.

1. Bunga Rosela.


Rosela merupaka spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik tersebut digunakan untuk penghias halaman rumah dan juga di konsumsi dengan diseduh sebagai minuman hangat saat musim dingin maupun minuman dingin di musim panas.

Bunga yang berwarna merah dapat dijadikan pewarna alami, caranya cukup mudah yaitu dengan merebus beberapa tangkai bunganya dengan air mendidih. Nah air rebusanya inilah yang akan di jadikan pewarna merah alami alternatif.
Selain untuk mewarnai makanan air rebusan dari bunga rosela tadi dapat di jadikan minuman segar yang di kenal dengan teh rosela. Manfaat dan kasiat bunga rosela untuk kesehatan tidak usah di ragukan lagi. Khasiat bunga rosela antara lain untuk dapat menurunkan Asam Urat, Hipertensi, Diabetes Mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel Kanker, mencegah Sariawan dan panas dalam, menambah Vitalitas, meredakan Batuk, mencegah Flu, tinggi Antioksidan, Antihipertensi, Antikanker, Antidepresi, Antibiotik, Aprodisiak, Diuretik (peluruh kencing), Sedatif, Tonik, dan menurunkan Absorpsi Alkohol.

2. Bit merah 


Bit merah merupakan jenis tanaman yang di manfaatkan bagian umbinya, sesuai namanya buah bit mempunyai warna umbi yang berwarna merah pekat dengan sedikit unggu. Umbi bit yang berwarna merah keunguan dapat di konsumsi secara langsung sebagai bagian dari salad yang dicampur dengan sayuran lain, atau juga dapat direbus.

Bagian akar dan umbi bit banyak digunakan dalam industri sebagai pewarna merah,untuk meningkatkan warna dan rasa di dalam pasta tomat, saus, pencuci mulut, selai, agar-agar, es krim, pemanis, sereal, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang ingin mencari pewarna makanan alami, bit merah menjadi salah satunya. Kamu cukup mengaluskan dengan blender dan di campur sedikit air lalu kemudian memeras air sarinya untuk di gunakan pewarna.

Dalam sejarah pengunaanya ubi bit merah digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan dan darah. Selain itu bit merah juga memiliki manfaat lain diantaranya mencegah anemia, sebagai sumber antioksidan alternatif, dapat mengeluarkan racun dan sekaligus melancarkan buang air.


3. Buah naga merah.


Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sekarang buah naga sudah dibudidayakan di negara negara Asia termasuk Indonesia.

Nah jenis buah naga yang di gunakan sebagai pewarna yaitu yang memiliki daging buah berwarna merah pekat. Umunya daging buah diolah menjadi minuman, es krim, pewarna, sup buah maupun di makan langsung. Untuk mengunakanya sebagai pewarna kamu cukup memeras daging buah naga untuk mengambil air sarinya.

Selain itu pengunaan buah naga untuk campuran masakan dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh, karena yang kita ketahui bahwa buah naga mengandung tinggi Antioksian yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu beberapa khasiat lainya diantaranya :

1. Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker sekaligus memcegahnya.
2. Sumber kandungan vitamin C nya yang tinggi.
3. Mencegah sekaligus anternatif untuk pengobatan orang yang menderita diabetes.
4. Menjaga kesehatan dan stamina.
5. mengandung vitamin B3 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga :


4. Kayu secang.


Kayu secang merupakan berasal dari pohon dengan nama latin Caesalpinia Sappan. Yaitu jenis tumbuhan yang di manfaatkan bagian kayu dan kulinya sebagai pewarna makanan, pakaian, dan bahan bangunan.

Kayu secang kering memiliki warna kemerah-merahan, nah jika kamu ingin mengunakanya sebagai pewarna makanan kamu cukup merebus kayu secang hingga mendidih kemudian gunakan airnya untuk pewarna makanan.

Kayu secang termasuk dalam jenis obat-obatan herbal karena khasiat yang di milikinya baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari mengkonsumsi air rebusan kayu secang secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit diabetes, mengatasi masalah peradangan, dan mengandung tinggi Antioksidan.


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i