Manfaat biji duku sebagai obat cacing dan malaria



Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini.?

Duku yang merupakan jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae, diketahui bahwa tumbuhan duku berasal dari kawasan Asia khusunya bagian Asia Tenggara sebelah barat. Buah duku sekilas memiliki kemiripan dengan buah langsat dan rambe namun duku memiliki kulit yang lebih tebal ketimbang lainya dan memiliki rasa yang manis.

Buah duku yang matang umunya di konsumsi selagi segar, namun bukan berarti duku tidak bisa diolah. Olahan buah duku dapat berupa sirup, manisan, kismis dan juga bahan campuran minuman.

Tahukah kamu berapa lama masa panen duku dari tanam biji hingga berbuah, lama masa pertumbuhan duku dari masa penyemaian biji hingga panen sekitar 20-25 tahun tergantung kualitas dari biji benihnya. Akan tetapi banyak pembudidayaan yang sekarang menggunakn metode sambung dan mencangkok, dengan begitu masa tunggunya hanya sekitar 4-6 tahun.  Duku berbuah sekali dalam setahun dengan hasil yang cukup banyak, itulah mengapa terkadang adanya penyebutan musim duku saat masa panen.

Kandungan nutrisi 

Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah duku segar yaitu diantaranya :

1. Air: 82.0 g
2. Energi: 63 Kal
3. Protein: 1.0 g
4. Lemak: 0.2 g
5. Karbohidrat: 16.1 g
6. Serat: 4.3 g.
7. Kalsium: 18 mg
8. Fosfor: 9 mg
9. Besi: 0.9 mg
10. Natrium: 2 mg
11. Kalium: 149.0 mg
12. Tembaga: 0.09 mg
13. Seng: 0.2 mg
14. Thiamin: 0.05 mg
15. Riboflavin: 0.15 mg
16. Niacin: 1.5 mg
17. Vitamin C: 9 mg.

Manfaat

Duku baik pohon, buah dan kulitnya dapat bermanfaat bagi manusia, batang pohonya yang besar memiliki daya tahan yang cukup baik untuk di jadikan prabotan, funiture maupun bahan bangunan. Daging buahnya dapat di konsumsi dan baik bagi pencernaan, sedangkan bagian kulit batang, biji dan kulit buah dapat di jadikan obat tradisional untuk beberapa penyakit.

Rutin mengkonsumsi buah duku tentu akan memberikan dampak yang baik bagi kesahatan tubuh. Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan di antaranya :

1. Baik bagi pencernaan

Dalam buah 100 gr duku dapat memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sekitar 8-10 %. Yang mana jika di konsumsi secara rutin tentu akan baik bagi pencernaan. Selain itu masalah seperti sakit perut dan susah buang air besar dapat di atasi dengan mengkonsumsi daging buah duku.

2. Obat malaria 

Biji duku baik yang telah di keringkan maupun masih basah dapat di gunakan untuk pencegahan sekaligus mengobati penyakit malaria. Umunya biji duku di gunakan dalam keadaan telah kering, lalu di tumbuk halus kemudian diberi sedikit air dan di minumkan ke pasien yang terkena malaria.

Namun bagi kamu yang tidak mau repot cukup mengunyah biji duku yang ukuranya kecil sebagai obat. Bagi yang tidak terbiasa maka akan terasa pahit dan kelat pada bagian lidah dan mulut.

Baca juga :

3. Kaya akan kandungan Antioksidan

Buah duku mengandung Antioksidan yang cukup tinggi. Yang kita ketahui bahwa Antioksidan berperan baik bagi tubuh karena dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh, mengurangi penyerapan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Sumber vitamin A, B dan C

Manfaat selanjutnya yaitu buah duku menjadi sumber Vitamin yang baik bagi tubuh, selain Vitamin buah duku juga mengandung beberapa mineral penting yang berguna diantaranya untuk mengolah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi, menjaga sistem saraf, baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah kerusakan jaringan.

5. Mengatasi peradangan

Biji duku yang pahit bersifat anti peradangan dan infeksi terhadap parasit maupun bakteri di dalam tubuh. Nah bagi kamu cobalah sesekali mengkonsumsi buah duku bersamaan dengan biji kecil untuk mendapatkan manfaat di dalamnya.

6. Mengusir nyamuk

Bagian kulit buah dan batang dapat dijadikan bahan untuk pengusir nyamuk, kulit batang dan buah di jemur hingga kering kemudian di bakar. Nah asap hasi pembakaran tersebut tidak di sukai nyamuk dan membuat kamu terhindar dari penyakit.

7. Obat cacing alami

Biji dari buah duku di gunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah cacingan terutama pada anak-anak. Bijinya yang terasa pahit dijemur kering kemudian di tumbuk hingga halus untuk di konsumsi secara rutin. Pengobatan cacingan menggunakan biji duku telah dilakukan orang tua jaman dulu sebelum mengenal obat-obatan seperti jaman sekarang.

Itulah beberapa manfaat dari buah dan biji duku. 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i