manfaat buah ciplukan dan akarnya




Pasti diantara kalian semua sudah mengenal dengan tumbuhan yang satu ini tentunya?

Yap ciplukan atau biasa disebut ceplukan, hartup, yoyoran, cecenetan, daun loto, cecendet dan masih banyak lagi penyebutanya ditiap - tiap daerah, tanaman dengan latin Physalis Anqulata termasuk kedalam divisi Spermatophyta, kelas Dicotyledonnae dan masih satu keluarga dari Solanaceae.

Ciplukan diketahui tumbuhan yang berasal dari kawasan Amerika yang kemudian penyebaranya dapat ditemui di seluruh dunia, khususnya tumbuh pada daerah yang beriklim tropis. di Indoneisa tumbuhan ini banyak tersebar namun tidak tumbuh dan berbuah sepanjang waktu sehingga dapat dikatakan ciplukan termasuk tumbuhan musiman.

Habitat tumbuhan sebenarnya dapat mudah ditemui mulai dari hutan, kebun, pingiran sungai, sawah, tebing, semak belukar dan terkadang hidup di pingiran jalan maupun disekeliling rumah, dengan tinggi batang dapat mencapai 1 meter (untuk habitat liar).
Batangnya mengandung air yang tinggi berwarna hijau, bentuk daun berujung lancip dengan panjang 4-7 cm dan lebar 2-4 cm, serta buah yang dibungkus lapisan seperti kertas, bentuk buah bulat sempurna dengan ukuran sekitar 0.5-1 cm berwarna hijau saat mentah dan kuning saat telah matang. Terdapat banyak jenis spesies tumbuhan ciplukan mulai dari yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran buah, batang, dan warna buah yang berbeda-beda.


Baca juga :


Buah ciplukan termasuk dalam kategori jenis berry - berryan super fruit dikarenakan menyimpan banyak kandungan yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan.

Untuk pemanfaatan tumbuhan, kebanyakan ciplukan dibudidayakan untuk diambil buahnya (jenis golden berry), selain itu bagian tumbuhan seperti akarnya dipercaya dapat mengatasi masalah cacing diusus, mengatasi infeksi pencernaan dan demam. Sedangkan untuk daunya banyak digunakan dalam pengobatan luka, bisul, borok, nyeri perut, dan beberapa penyakit kulit lainya.

Buahnya mengandung antioksidan yang tinggi, vit c, serat, zat besi, dan beberapa vitamin harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk khasiat dari buahnya sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan, beberapa masalah penyakit yang dapat diatasi diantaranya Epilepsi, ganguan saluran kencing, masalah pencernaan, mencegah penyakit jantung, mencegah Kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit Kanker dan masih banyak lagi.


Baca juga :


Bagi kamu yang hendak mengkonsumsi ciplukan terutama yang liar tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah dalam keadan mentah atau masih muda (hijau), karena ditakutkan dapat menimbulkan reaksi keracunan muntah - muntah dan mual, selain itu untuk lebih menghindari mengkonsumsi buah bersaman dengan kopi maupun minuman yang berkafein lainya, konsumsilah buah dalam keadaan matang sempurna untuk mendapat khasiat yang baik.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i