Wow, khasiat dari sereh yang tak disangka banyak orang.


Sereh atau serai siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan satu ini terutama pada kalangan yang suka memasak. Serai merupakan tumbuhan anggota dari suku rumput-rumputan yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan penyedap sekaligus mengharumkan masakan.

Namun tahukah kamu di ketahui bahwa serai sangat ampuh juga dalam mengusir nyamuk, dalam batang serai terdapat senyawa Sitronela yang mana senyawa tersebut sangat tidak di sukai oleh nyamuk dan beberapa serangga lainya, sehingga minyak dari ekstrak daun serai (minyak atsiri) banyak digunakan dalam produk pembasmi serangga.

Manfaat bagi kesehatan 

Selain dapat mengusir nyamuk dan bumbu masakan ternyata tanaman serai juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh diantaranya :

1. Bersifat anti peradangan.

Serai mengandung sebuah senyawa citral dan geranial, yang  merupakan senyawa yang dianggap bertanggung jawab atas rasa sakit akibat suatu peradangan. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu untuk menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh. Dengan sifat serai yang anti peradangan tersebut, serai dapat mencegah berbagai masalah seperti flu, sakit tenggorokan, hingga beberapa masalah dalam pencernaan.

2. Detoksifikasi

Tubuh sebenarnya secara alami akan melakukan detoksifikasi setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membuang racun yang menumpuk di dalam organ-organ tubuh, mulai dari hati, ginjal, usus, paru, hingga kulit. Namun jika kamu mengkonsumsi sereh maka akan membatu tubuh dalam mengeluarkan zat racun lebih banyak dan cepat sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
Kamu dapat mengkonsumsi sereh dengan berbagai carai yaitu dapat di rebus hingga mendidih lalu airnya di minum atau dengan mencampurkanya ke masakan sedikit lebih banyak.

3. Mengurangi sekaligus mencegah kanker

Senyawa yang terkandung dalam serai mampu meningkatkan imunitas tubuh yang mana mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker dan masalah penyakit kronis lainya.

Baca juga :


4. Masalah pencernaan

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membuat pencernaan lebih sehat. Secangkir rebusan teh sereh adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.
Kandungan minyak atsiri pada daun sereh di ketahui dapat membantu melindungi usus dan membasmi infeksi akibat cacing dalam usus.

5. Sumber Antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, bahwa tumbuhan sereh memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.
Di ketahui bahwa Antioksidan dapat membantu mengurangi penyerapan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya serta meregenerasi sel yang rusak.

6. Antimikroba dan jamur


Air dari hasil rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifatnya yang antimikroba. Kandungan dalam minyak atsiri sereh menunjukkan kemampuan antimikroba yang dapat melawan bakteri Streptococcus Mutans, yang merupakan bakteri yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi dan bau mulut.

7. Mengurangi rasa cemas dan stres

Manfaat yang dapat diambil dari sereh selain meminum air rebusannya yaitu kamu juga dapat menghirup aroma wangi dari sereh, yang mana jika itu dilakukan secara berkala maka dapat mengurangi sifat kecemasan dan stres anda.
Sereh juga dapat memiliki efek menenangkan yang dapat membantu anda untuk tidur lebih nyenyak, hal yang sama juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan seseorang.

8. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi tekanan darah tinggi sekaligus mencegahnya. Dalam sereh mengandung senyawa kalium yang bisa meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan tekanan darah.
Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga dapat membantu membersihkan organ hati, ginjal dan saluran kencing.

Serai juga dapat membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung secara alami.

9. Meredakan nyeri menstruasi

Yang satu ini untuk wanita, di ketahui bahwa air rebusan sereh memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram pada saat menstruasi, kembung, dan rasa panas. Bersifat nyaman dan hangat pada perut perut dan menghindari inflamasi. Selain itu minyak sereh juga berguna untuk membantu dalam mendinginkan tubuh (demam).

10. Merileksasi otot

Minyak atrisi dari serai juga dapat di gunakan untuk merileksasi otot untuk, kram otot, pegal-pegal dan kelelahan.  Caranya dengan mengoles pada bagian otot yang sakit kemudian sambil di pijat lembut, lama kelamaan akan menimbulkan sensasi hangat pada permukaan kulit dan merileksasikan otot-otot yang kram.


Kandungan senyawa 

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat dalam serai khusunya minyak atsiri dari serai yang wajib kamu ketahui :
  1. Sitronelal.
  2. Geraniol.
  3. Sitronelol. 
  4. Geranil asetat.
  5. Sitronelil asetat.
  6. citral dan geranial.
  7. Dan senyawa lainya berupa Sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, dan kamfen.

Klasifikasi tanaman :

Nama indonesia.     :   Serai, sereh
Nama ilmiah.          :   Cymbopogon citratus
Genus.                      :   Cymbopogon 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i