16 Manfaat Daun Cincau Hijau yang harus Kamu Tahu.

Manfaat daun cincau hijau untuk kesehatan.

Manfaat dari mengkonsumsi daun cincau

Cincau, tanaman satu ini banyak digunakan dalam pembuatan bahan minuman, selain menyegarkan dan mampu mehilangkan haus dahaga ternyata daun cincau sangat baik untuk kesehatan para penikmatnya loh.

Pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada bagian daunya, dimana daun tanaman cincau diolah dengan cara di remas bersamaan dengan air hangat hingga sari daunya keluar yang kemudian di saring dan di diamkan agar bisa mengental atau berubah menjadi jeli.

Manfaat daun cincau hijau sudah tidak di ragukan lagi untuk kesehatan.

Untuk kandungan nutrisi daun cincau mempunyai kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1, C dan serat.

Selain itu terdapat juga beberapa kandungan lain seperti antioksidan, flavonoid, polifenol serta mempunyai sifat antikanker, antiradang dan antibakteri yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daun cincau untuk kesehatan.

1. Mengatasi sembelit.

Manfaat daun cincau pertama yang dapat kamu rasakan ialah melancarkan pencernaan, jika kamu mempunyai masalah pada bagian pencernan seperti jarang buang air besar, BAB keras dan BAB  berdarah, cobalah untuk mengkonsumsi minuman cincau secara rutin.

Daun cincau mengandung serat dan air yang tinggi sehingga dapat berguna untuk melunakan feses yang mengeras, melancarkan kotoran, mencegah penumpukan kotoran sehingga dapat mengatasi masalah sembelit.

2. Daun cincau obat panas dalam.

Jika kamu sedang mengalami panas dalam dan sakit tengorokan cobalah untuk mengkonsumsi minuman cincau yang di tambahkan dengan jahe dan gula merah.

Daun cincau yang bersifat dingin serta jahe yang mampu mencegah peradangan di klaim dapat mengurangi gejala masalah panas dan sakit tenggorokan yang sedang terjadi.

Jika tertarik kamu bisa mencobanya sendiri karena ini mudah untuk di buat.

Baca juga : 

3. Mencegah dehidrasi.

khasiat daun cincaun untuk lambung

Manfaat daun cincau yang bisa kamu dapat selanjutnya yaitu mencegah terjadinya dehidrasi secara berlebihan.

Ekstrak dari daun cincau mampu mengikat air banyak sehingga jika di konsumsi sangat bermanfaat untuk tubuh terutama berguna sebagai penganti asupan cairan tubuh.

Kamu hanya bisa mengunakan daun cicaun menjadi minuman pelepas dahaga saat siang hari loh.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami ialah dengan mengkonsumsi asupan makanan yang banyak kandungan antioksidan.

Antioksidan memang sangat diperlukan untuk tubuh dalam meningkatkan sistem daya tahan, terutama untuk melawan paparan radikal bebas, beberapa infeksi virus serta mencegah serangan penyakit ringan. Nah untuk itu cincau salah satunya bahan makanan yang bisa kamu manfaatkan.

5. Menurunkan kadar gula darah.

Ekstrak daun cincau mempunyai ke efektivitasan dalam mengurangi kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh, sehingga bisa kamu gunakan untuk mencegah penyakit diabetes dan kencing manis.

Cobalah untuk merebus daun tanaman cincau dengan air 250 ml yang kemudian di minum secara rutin sehari dua kali.

6. Obat diare.

daun cincau obat diare
Jika yang tadi manfaat daun cincau untuk mengatasi sembelit, ternyata daun cincau juga bisa mengobati masalah diare dan sakit perut yang di akibatkan kuman pada saluran pencernaan.

Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada daun cincau dapat berguna untuk membunuh kuman dan virus penyebab masalah diare loh.

7. Mengontrol tekanan darah.

Manfaat daun cincau berikutnya yaitu bisa mengontrol tekanan darah menjadi lebih stabil.

Beberapa kandungan seperti antioksidan memang dapat berperan aktif dalam menurunkan hipertensi dan mengatasi gangguan pada speredaran darah.

Cobaah untuk mengkonsumsi daun cincau lebih rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga :

8. Mengatasi perih lambung.

Beberapa masalah pada lambung seperti perih, mual, panas, kembung dan rasa tidak nyaman dapat di atasi dengan meminum ekstrak sari cincau secara langsung.

Khasiat daun cincau sendiri bersifat mendinginkan perut dan mampu menetralkan panas akibat makanan berlemak dan pedas yang berlebihan. Silahkan di coba sendiri.

9. Mencegah naiknya berat badan.

Manfaat daun cincau hijau dapat berguna dalam mencegah naiknya berat badan seseorang, pasalnya ekstrak dari daun tanaman satu ini mampu mencegah penyerapan lemak dan karbohidrat dari makanan secara berlebihan kedalam tubuh.

Selain itu mengkonsumsi daun cincau juga sangat baik saat sesudah makan-makanan yang berat dan berlemak.

10. Manfaat daun cincau dalam menurunkan demam.

manfaat daun cincau untuk obat demam

Sedang mengalami demam atau merasa ada gejala demam? Jika di tempat tinggal kamu terdapat banyak tanaman cincau, kamu bisa menggunakanya sebagai obat alami untuk meredakan gejala demam loh.

Terdapat sifat antibakteri, antibakteri dan penawar panas pada tanaman satu ini yang bisa di jadikan obat herbal dalam mencegah infeksi pada tubuh termasuk demam.

11. Mengatasi masalah pada mulut.

Manfaat daun cincau berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan area mulut.

Seperti halnya sariawan, bibir pecah-pecah, panas dalam, gusi meradang dan aroma tak sedap pada mulut dapat di atasi dengan rutin mengkonsumsi daun cincau.

12. Mencegah sel kanker tumbuh.

Kemampuan daun cincau dalam mencegah penyakit kanker di dukung dengan adanya kandungan senyawa antioksidan, flavonoid, alkaloid serta mempunyai sifat antikanker sendiri.

Tak hanya itu beberapa nutrisi yang ada pada daun tanaman satu ini juga sangat di butuhkan seseorang yang sedang menjalankan pengobatan kanker.

Maka dari itu rutinlah kamu mengkonsumsi daun tanaman satu ini sebagai pencegahan.

13. Mengatasi alergi makanan laut.

manfaat daun cincau baik untuk jantung

Sebagian orang terkadang ada yang alergi dan efek seperti keracunan saat setelah mengkonsumsi makanan laut.

Namun tenang kamu bisa menggunakan manfaat daun cincau hijau untuk mengatasinya terlebih lagi mengurangi reaksi alergi.

Cukup konsumsi minuman cincau segar yang di tambahkan gula jawa maka reaksi alergi akan berangsur membaik.

Baca juga :

14. Mencegah peradangan di dalam tubuh.

Beberapa peradangan yang sering terjadi pada area tubuh bisa kamu cegah dengan mengkonsumsi daun tanaman satu ini.

Daun cincau di klaim dapat mengatasi berbagai masalah seperti infeksi di dalam tubuh, radang usus, radang sendi dan radang tenggorokan.

15. Obat luka.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun cincau sebagai obat alternatif mengatasi luka pada kulit.

Ektrak dari daun cincau mampu mengikat air dalam jumlah banyak sehingga dapat berguna untuk mencegah pendarahan dan luka bernanah.

Dengan kemampuannya juga daun tanaman cincau mampu membuat luka lebih cepat kering dan mencegah infeksi.

Nah itulah beberapa manfaat daun cincau untuk kesehatan.

Efek samping penggunaan.

Tenang saja efek samping dari daun cincau hijau tidak terlau berarti jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Namun jika berlebihan dalam menggunakanya bisa menyebabkan reaksi sakit perut, mual dan gangguan keseimbangan cairan.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat daun cincau.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i