CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Kegunaan Bunga Bakung Lili Rawa (Crinium sp) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Kegunaan Bunga Bakung Lili Rawa (Crinium sp)


Healty99 - Crinium sp atau dikenal juga dengan nama lili rawa alias bakung putih (Jawa, Sunda, Melayu), bekung (orang rimba), fete-fete (Ternante), bunga pete (Halmahera), dausa (Ambon), bakung bug (Makasar), semur (Bangka), dan bakong (Batak).

Crinium pada dasarnya merupakan penyebutan genus untuk tumbuhan berbunga yang terdiri dari sekitar 180 spesies. Tanaman ini mempunyai bunga yang besar dan cantik serta memiliki umbi pada bagian akar.

Tanaman bakung banyak ditemukan di kawasan seperti tepian sungai, danau, rawa dan di daerah-daerah tropis atau subtropis di seluruh dunia. Karena bentuk bunganya yang cantik dan besar saat mekar, tidak heran ada yang membawanya pulang sebagai tanaman hias dalam pot.

Salah satu tanaman bakung yang paling mudah di temukan memiliki ciri-ciri tinggi sekitar 1,3 m, dengan diameter daun sekitar 10 cm, tumbuh tegak, lunak berwarna putih kehijauan.

Sedangkan pada bagian bunga tersusun secara manjemuk, tangkai berbentuk pipih, tebal dengan panjang sekitar 120 cm. Bunga berwarna putih keungunan dan memanjang pipih secara melengkung.

Manfaat dan Kegunaan


Tanaman bakung memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai obat dalam mengatasi beberapa permasalahan penyakit, salah satu manfaat tersebut ialah :

1. Mengatasi radang tenggorokan

Lili rawa di ketahui memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi, hal ini memungkinkan ia dapat mengatasi beberapa masalah peradangan dan inflamasi yang sedang terjadi ditubuh.

Salah satunya adalah panas dalam, sakit tenggorokan, radang tenggorokan, pembengkakan serta nyeri otot dan sendi.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Buat kamu yang memiliki gangguan tidur seperti sulit tidur cepat, kurang nyaman, lelah saat bangun bagi dan beberapa keluhan lainnya. 

Nah, tanaman satu ini diklaim bisa memperbaiki kualiat tidur dari seseorang loh, termasuk mengatasi beberapa masalah tersebut. Jika kamu tertarik tidak ada salahnya untuk mencoba.

3. Mengobati luka

Selain mengatasi masalah peradangan yang terjadi pada tubuh, sifat anti-inflamasi pada bakung juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan luka berdarah sekaligus membantu mempercepat pengeringan.

Caranya tumbuk daun hingga halus lalu oleskan secara pelan-pelan pada bagian kulit yang terluka.

4. Mengatasi gangguan pada mata

Bunga bakung diyakini bisa mengatasi beberapa gangguan pada area mata seperti gatal-gatal, perih, mata berair dan sebagainya. 

Kemampuan ini didapat karena sejumlah kandungan yang ada pada tanaman. Walaupun begitu ada baiknya kamu tidak menggunakan secara sembarangan, terlebih khasiat dan dampak yang di berikan masih belum terlalu jelas.

5. Menjaga daya tahan tubuh

Ekstrak herbal dari lili rawa di klaim berhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit ringan sehari-hari.

Namun ada baiknya kamu tidak mengkonsumsi tanaman secara berlebihan, mengingat efek samping masih belum di ketahui secara lanjut bagi tubuh.

6. Untuk peluruh keringat

Peluruh keringat merupakan suatu cara untuk memperbanyak keluarnya keringat dari dalam tubuh, baik secara olahraga maupun mengkonsumsi ramuan herbal.

Kemampuan peluruh keringat juga bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi bunga bakung. Caranya ialah dengan merebus bagian akar tanaman sebanyak 10 gram dengan 2 gelas air selama 20 menit.

Setelah itu saring dan minum air rebusan sebanyak 2 kali saat pagi dan sore hari.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman bakung yang bisa kamu ketahui.

Efek samping dan Bahaya

Harap berhati-hati mengkonsumsi spesies crinium, mengingat untuk beberapa jenis ada terdapat kandungan senyawa alkaloida Lycorin yang diketahui bersifat beracun bagi tubuh.

Oleh karena itu ada baiknya konsumsi dalam bentuk yang sudah di masak dan tidak dalam jumlah yang berlebihan.

Sejauh ini manfaat dan efek samping tanaman bakung masih belum diketahui secara jelas, sehingga masih terus diperlukan tindakan penelitian terhadap dampak yang akan di berikan pada tubuh.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel