CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Akar rempelas sebagai obat mules? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Akar rempelas sebagai obat mules?


Healty99 - Rempelas (Tetracera Scandes) atau dibeberapa daerah di Indonesia biasa disebut dengan sempalas, mempelas, akar putih, akar pelas, ampelas oyod dan daun api. Merupakan tumbuhan peredu yang menjalar dengan rambatan dapat mencapai 6 meter bahkan lebih.

Tumbuhan rempelas biasanya dapat ditemui pada habitat hutan sekunder, semak blukar dan pinggiran tebing pada dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl.

Hal yang unik dari tumbuhan rempelas yaitu batangnya yang hanya sebesar lengan orang dewasa dan jika dipotong maka akan mengeluarkan air bening.

Nah, air tersebut dapat diminum tentunya jika sedang kehausan di dalam hutan. Untuk rasanya memang agak sedikit sepet namun cukup sedikit melepas dahaga.

Pada bagian daun muda atau ujung tangkai daun di selimuti bulu - bulu kecil yang kasar dan hampir tak terlihat secara kasat mata.

Jika kamu tanpa sengaja tersandung atau tersangkut (bergesek kuat) dapat menyebabkan iritasi atau luka lecet pada area kulit serta akan terasa panas jika tidak terbiasa.

Untuk pemanfaatan secara spesifik belum diketahui namun masyarakat rimba umunya menggunakan bagian tumbuhan ini untuk mengatasi masalah mules (sakit perut) dan luka.

Bagian tumbuhan yang digunakan yaitu air pada batang dan daunnya. Untuk sakit perut airnya langsung Diminum ditempat (ditegak dari batangnya), sedangakan jika untuk luka ambil beberapa helai daunya kemudian remas atau tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada bagian kulit.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel