Pahami pengolahan rebung agar tidak pahit.


Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu, bertekstur lembut dan mudah patah. Di Indonesia sendiri rebung menjadi salah satu makanan yang banyak pengemar, baik dikalangan anak - anak dan orang dewasa.

Dalam pengambilan rebung (tunas bambu)  tidak semua jenis dari bambu dapat diambil dan ada batas ideal tunas yang baik untuk diolah. Kebanyakan dari rebung yang diambi berasal jenis bambu kuning, dikarenakan rebung yang berasal dari bambu kuning memiliki rasa yang lebih manis, renyah dan tidak terlalu pahit dari jenis bambu lainya.

Selain itu batas pengambilan tunas bambu sebaiknya tidak lebih dari 60 cm keatas, kenapa?  Karena pada bagian pangkalnya bawahnya sudah akan mulai mengeras sehingga bagian yang akan digunakan lebih sedikit.

Nah ada sedikit tips nih dalam mengolah rebung, bagi yang tidak terbiasa atau belum pernah memasak mungkin akan menimbulkan rasa pahit pada masakan.

Berikut langkah - langkah pengolahan rebung sebelum dijadikan bahan masakan :

1. Kupas kulit rebung hingga bersih dan buang bagian pangkal bawah jika sudah mengeras. Oh ya hati - hati terhadap miang (bulu halus) dan kelopak kulit ujungnya yang sedikit tajam, jika tidak terbiasa mungkin akan menyebabkan gatal dan kemerahan pada area kulit.

2. Cuci rebung kemudian iris tipis - tipis sekitar 2 mm dengan pisau.

3. Siapkan panci dan panaskan air hingga mendidih, kemudian masukan irisan rebung kedalam air panas.

4. Taburkan garam secukupnya guna untuk mengurangi getah dan rasa pahit pada rebung, kamu juga dapat memberi pewarna kuning yang berasal dari kunyit agar warnanya dapat lebih hidup.

5. Setelah itu rebus selama 5 hingga 10 menit dengan api besar. Jika sudah, angkat kemudian rendam dengan air dingin (tidak perlu air es).

6. Langkah selanjutnya cuci dengan air bersih dan didiamkan selama semalaman didalam air.

7. Esoknya rebung sudah dapat diolah menjadi bahan masakan ataupun dijual kembali dan dijamin rasanya tidak akan pahit.

Tips diatas mimin dapat dari penjual rebung dipasar tradisional, kata mereka kebanyakan sering diolah menjadi sayur santan kuning dengan campuran potongan ayam dan ada juga yang dijemur kembali untuk dijadikan keripik.

Baca juga :


Selain itu beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi rebung diantaranya :

1. Mengatur tekanan darah tinggi.
2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
3. Tingi serat yang baik bagi pencernaan.
4. Merangsang nafsu makan.
5. Memperkuat daya tahan tubuh.

Rebung juga diketahui mengandung tinggi protein, rendah gula aman untuk pederita diabetes dan kaya akan zat pati serta dipercaya dapat mengatasi masalah penyakit kuning.

Baca juga :



Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i