Mengenal Akar Gamet (Pericamphylus Glaucus)

Pericamphylus Glaucus

Akar Gamet. 

Banyak yang tidak mengetahui tentang tumbuhan ini, Pericamphylus Glaucus atau di beberapa daerah di Indonesia di sebut dengan akar Satolu, Arauy Gereung, akar Kelempinang, Apenglas, Unja-unja, Onja-Onja, Luru, Seluru, akar Juju, akar Jojo, Sungju, Areuygeureung, Gumi Ginato, Gu Mali, Caunan, Celuru dan masih banyak lagi penyebutanya.

Pericamphylus Glaucus merupakan tumbuhan yang hidupnya merambat pada batang pohon di sekitarnya dan pada permukaan tanah, kebanyakan tumbuh ini hidup liar di dalam hutan dan semak belukar, terutama pada daerah kawasan hutan skunder. Memiliki ciri khas yang unik yaitu daunya berbentuk seperti love atau oval, berwarna hijau dengan batang pangkal pohon yang berwarna hitam.

Manfaat penggunaan.

Menurut kepercayaan masyarakan daerah (pedalaman) yang menggunkan tumbuhan ini, khusunya daerah Sumatra mereka mengunakan tumbuhan Pericamphylus Glaucus sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit.
Bagian tumbuhan yang di gunakan yaitu terletak pada akarnya.

Baca juga :

Akar tersebut kemudian di olah dengan mencampurnya ke beberapa bahan tradisional lainya. Mereka meyakini dengan mengkonsumsi tumbuhan akar Gamet dapat mengobati penyakit malaria, kepala pusing, rambut rontok, kulit bengkak hingga batuk dan asma.

Terlepas dari benar atau tidaknya khasiat dari tumbuhan ini, namun hal ini telah di gunakan sejak lama untuk pengobatan tradisional, sebelum adanya pusat kesehatan dan obat-obatan seperti sekarang. Terdapat beberapa kandungan yang di ketahui secara garis besar pada tumbuhan ini yang yaitu Alkaloid dan Tanin.

Senyawa Alkaloid sendiri memang di ketahui dapat menjadi obat untuk beberapa masalah seperti diare dan akit perut, selain itu senyawa ini bersifat anti mikroba, anti diabetes dan dapat mengatasi malaria. Namun penggunaan senyawa Alkaloid yang terlalu berlebihan juga dapat bersifat racun bagi tubuh. Harap di perhatikan jika ingin menggunakan tanaman liar sebagai obat tradisional, akan lebih baik jika pahami bagian atau seluk-beluk tanaman mulai dari dampak baik hingga buruknya.

Sumber : Bukit dua belas, wikipedia.
Buka Komentar

0 Response to "Mengenal Akar Gamet (Pericamphylus Glaucus) "

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i