CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Cakar Elang, Tanaman Langka yang Banyak Dicari Orang. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Cakar Elang, Tanaman Langka yang Banyak Dicari Orang.

manfaat cakar elang

Cakar Elang, Tanaman yang Banyak Dicari Untuk Obat

Healty99 - Cakar elang atau biasa di sebut dengan kaik-kaik (katenis ligni), merupakan salah satu bentuk tanaman liar yang banyak di cari oleh karena manfaatnya. Biasanya tanaman ini tubuh di lokasi hutan tropis Indonesia dengan kondisi tanah gambut dan tingkat kelembaban yang cukup.

Tetapi jika kamu cukup jeli, mungkin tanaman ini ada hidup di sekitar lingkungan tempat tinggal kamu dan perkebunan.

Tanaman cakar elang memiliki ciri khas dimana batangnya mampu tumbuh cukup tinggi, berdaun lebat dengan ukuran yang cukup besar, berwarna merah kecoklatan untuk daun mudanya dan warna hijau untuk daun tua.

Penyebutan cakar elang di karenakan terdapatnya bentuk seperti cakar atau mata kail yang sekilas memang mirip dengan kaki elang, posisinya terletak pada tiap pangkal daun sebanyak dua buah kiri dan kanan.

Terkadang jika kamu tanpa sengaja melewati tanaman ini di hutan biasanya akan menyangkut pada bagian baju dan bisa menggores kulit, terlebih sudah dalam kondisi kering.

Bagian yang diambil

Tanaman cakar elang banyak dicari untuk obat herbal, sedangkan bagian yang digunakan ialah bagian tangkai batang yang terdapat cakar. Lalu kemudian cakar tersebut diambil dan di keringkan untuk bahan baku campuran obat tradisional.

Beberapa orang memang masih terlalu asing dengan tanaman satu ini, di karenakan tidak terlalu terkenalnya cakar elang jika dibandingan dengan sejumlah tanaman herbal lainnya.

Namun tetap saja, masih ada juga beberapa orang yang mencari tanaman cakar elang hingga ketempat habitatnya karena bernilai jual cukup tinggi.

Harga jual

Untuk harga tanaman cakar elang kering biasanya di bandrol dengan harga mulai dari Rp. 30.000,- per 100 gr (harga tersebut di ambil dari perlelangan tanaman obat dan online shop). Namun harga dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tergantung dari kualitas cakar yang di dapat.

Untuk memproses cakar elang dari pengambilan hingga siap di pakai memakan waktu beberapa hari di karenakan adanya proses penjemuran.

Nah jika kamu menemukan tanaman tersebut di sekitaran tempat tinggal dan ingin menggunakanya sebagai obat tradisional, cukup ambil bagian cakarnya saja dengan memotong bagian tangkai batang sekitar 2 - 3cm, kemudian jemur hingga kering dan setelah itu baru dapat digunakan sebagai ramuan.

Diketahui ada dua cara untuk mengkonsumsi cakar elang kering, yang pertama kamu dapat merebusnya dengan air hingga mendidih dan air rebusanya di minum secara rutin.

Sedangkan untuk yang kedua dengan menumbuk batang hingga halus lalu kemudian di campur dengan minuman teh atau di masukan kapsul obat dan ditelan. Namun cara yang paling sering digunakan ialah dengan cara merebusnya.

Manfaat Tanaman Cakar Elang yang Diketahui

Buat kamu yang penasaran, simak dibawah ini apa saja manfaat dari tanaman yang bisa diketahui.

1. Diklaim mampu mengobati diabetes

Khasiat tanaman cakar elang di percayai ialah diklaim mampu mengatasi yang namanya masalah gula darah dan diabetes di dalam tubuh.
Mengkonsumsi air rebusan secara rutin dua kali sehari diketahui dapat membantu merangsang insulin di dalam tubuh untuk memproses glukosa atau gula menjadi energi dan pembentukan jaringan sel.

2. Menstabilkan tekanan darah

Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya ialah kolesterol, gula darah, penggumpalan sel darah merah, pengaruh obat-obatan serta penyempitan pembuluh darah.

Nah, diketahui mengkonsumsi air rebusan cakar elang diketahui dapat menstabilkan tekanan darah sekaligus melunturkan plak-plak lemak kolesterol dan gula di dalam pembuluh darah.

Disisi lain khasiatnya juga mampu memecah penggumpalan darah, sehingga resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat di hindari.

3. Mengobati sakit pinggang

Mengkonsumsi air rebusan cakar elang juga di percayai dapat mengatasi masalah sakit pinggang.

Tidak cukup sampai di situ saja, sejumlah masalah peradangan area sendi termasuk asam urat, nyeri sendi dan pergelangan jari juga bisa dikurangi.

Buat kamu yang penasaran, cobalah untuk meminumnya sebanyak dua kali sehari.

4. Meredakan asam urat

Beberapa masyarakat yang sering memanfaatkan tanaman satu ini untuk mengatasi masalah asam urat pada area sendi lutut dan jari kaki.

Untuk mendapatkan manfaatnya biasanya cakar elang direbus dan airnya diminum sehari 2 kali hingga sakit mulai mereda.

Nah, itulah beberapa manfaat tanaman cakar elang yang di ketahui dari beberapa orang yang menggunakanya sebagai obat tradisional, adapun beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi air rebusan cakar elang yaitu berupa mencegah resiko penyakit jantung, stroke dan gangguan saluran kencing.

Untuk kandungan tanaman satu ini belum di ketahui pasti, namun jika dilihat dari jenisnya cakar elang mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid, tanin, saponin dan alkaloid.

Note : Sekedar informasi khasiat tanaman ini belum diketahui pasti, namun penggunaanya sebagai obat tradisional telah di pakai sejak lama dan untuk mengatasi beberapa penyakit.

Note : Informasi yang terkandung dalam artikel ini hanya untuk sebatas pengetahuan umum dan tidak dianggap sebagai saran medis.

Meski tanaman memungkinkan dapat mengatasi sejumlah penyakit, tetapi harap untuk tidak mengkonsumsi ramuan dalam jumlah yang berlebihan dan tanpa dosis yang tepat.

Terutama buat kamu memiliki riwayat kesehatan yang buruk, sedang mengkonsumsi obat-obatan atau ibu hamil.

Baca terus seputar tanaman herbal di healty99.com

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel