CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita

Manfaat dan Efek Samping dari Tanaman Jarak Cina atau Tintir Gurita
Sumber foto : Istockphoto.

Healty99 - Jatropha multifida merupakan tanaman dari marga Euphorbiceae yang di ketahui berasal dari kawasan Amerika Selatan. Di Indonesia biasa di sebut dengan nama jarak cina, jarak tintir, tanaman yodium, betadine batang atau pohon betadine.

Tanaman satu ini dapat tumbuh subur pada kawasan tropis, termasuk itu di Indonesia dengan rata-rata setinggi 3 meter. Secara liar, ia dapat ditemukan pada semak-semak, belukar, kebun dan bahkan tumbuh di sembarang tempat terutama berlokasi sejuk.

Akan tetapi beberapa orang kerap menanamnya sebagai tanaman hias, selain bentuknya yang menarik tanaman satu ini juga bisa di gunakan sebagai obat.

Sedikit berbeda dengan pohon jarak lainnya yang berdaun lebar. Jarak cina atau jarak tintir sendiri memiliki bentuk daun menjari, serta pucuk bunga yang berwarna merah.

Manfaat Getah Tanaman Jarak Cina / Tintir

Pemanfaatan utama tanaman satu ini terletak pada getahnya dimana getah mempunyai beberapa kandungan senyawa seperti tanin, flavonoid, saponin serta beberapa senyawa fitokimia lainnya berupa, multifidone, (4E)-jatrogossidentadione acetate, labaditin, biobellein, multifidol, multifidol glucoside dan multifidin A.

Dari sejumlah kandungan senyawa tersebut diketahui beberapa diantaranya memiliki efektivitas dalam mencegah infeksi, antimikroba, antiinflamasi, analgesik, antifungi dan mampu menyembuhkan luka layaknya obat betadine.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu ketahui :

1. Mengobati luka

Manfaat yang pertama ialah mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, contohnya luka melepuh atau luka bakar, luka kecil bekas sayatan benda tajam, tertusuk paku serta luka memar maupun lecet.

Menggunakan getah dari tanaman jarak cina atau jarak tintir gurita pada area kulit yang terluka bisa mencegah terjadinya infeksi akibat kuman dan jamur.

Tidak sampai di situ saja manfaat lainnya ialah juga mampu mengeringkan luka lebih cepat.

2. Mengobati gigitan serangga

Beberapa gigitan serangga kecil pada kulit mampu menyebabkan gatal, bengkak, ruam merah hingga reaksi alergi seperti bentol-bentol.

Oleh karena itu apabila kamu digigit serangga dan sedang tidak membawa perlengkapan p3k, kamu bisa menggunakan getah tanaman jarak cina atau tintir sebagai obat alternatif.

3. Mengatasi masalah kurap

Kurap merupakan masalah kulit yang sering menyerang sebagian orang, penyakit kurap dapat ditandai dengan membuat kulit menjadi kering, bersisik, gatal hingga ruam.

Kurap sendiri disebabkan oleh adanya infeksi jamur dermatophytes pada lapisan kulit, penyakit ini tentunya bisa menular atau ditularkan melalui kontak langsung.

Bahkan bisa juga karena menggunakan barang yang sama seperti baju dan handuk bekas orang yang sudah terinfeksi.

Salah satu cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kurap tersebut ialah dengan menggunakan tanaman satu ini.

Jika di sekitar rumah terdapat banyak tanaman jarak cina atau jarak tintir gurita cukup oleskan getahnya pada kulit yang bermasalah secara rutin dan teratur.

4. Mencegah terbentuknya keloid

Keloid adalah salah satu bentuk bekas luka yang cukup mengganggu penampilan, di karenakan membuat lapisan kulit menjadi menebal dan keras.

Keloid terjadi akibat adanya kelebihan protein atau kolagen pada jaringan kulit selama masa penyembuhan luka.

Keloid sendiri berupa tonjolan atau kulit keras yang umumnya terbentuk dari bekas luka cedera yang sudah sembuh, ataupun bisa disebabkan bekas sayatan bedah dan jerawat.

Kamu bisa menggunakan manfaat getah tanaman satu ini saat luka menjelang sembuh sempurna sebagai salep dalam mencegah keloid.

5. Mencegah luka menghitam sekaligus memudarkan

Manfaat jarak cina atau jarak tintir gurita selanjutnya ialah mencegah bekas luka menjadi menghitam pada kulit sekaligus membantu memudarkan flek hitam.

Tanaman satu ini memang lebih banyak digunakan untuk luar tubuh, itulah mengapa disebut sebagai pohon betadine sebagaimana digunakan pada bagian luar.

6. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan masalah yang terjadi pada area rongga mulut baik itu di gusi, lidah maupun bibir.

Salah satu penyebabnya terjadinya sariawan ialah adanya luka ataupun dapat juga dikarenakan kekurangan cairan tubuh.

Kondisi seperti ini terkadang membuat tersiksa dikarenakan rasa sakit dan perih saat makan ataupun berbicara.

Jika kamu mempunyai masalah sariawan, kamu bisa menggunakan getah tanaman jarak cina untuk mengobatinya.

Harap sedikit berhati-hati saat menggunakanya karena bisa menyebabkan perih, selain itu ada baiknya untuk tidak ditelan.

7. Meningkatkan sel darah merah

Getah dari pohon betadine di klaim mampu meningkatkan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya keseluruh tubuh.

Akan tetapi penelitian terhadap penggunaan getah tanaman satu ini belum membuktikan hasil secara menyeluruh, terutama berapa banyak atau dosis dari pemakaian yang aman untuk kesehatan.

Sebaiknya kamu untuk tidak mengkonsumsi getah dari pohon jarak cina atau jarak tintir terlalu banyak, mengingat getahnya mengandung senyawa yang bersifat racun bagi tubuh.

8. Mengatasi kudis

Kudis merupakan masalah yang kerap terjadi pada kulit dengan ditandai adanya ruam kemerahan, ruam lingkaran, gatal dan terkadang terasa perih atau iritasi.

Kudis disebabkan oleh adanya infeksi tungau yang memakan lapisan kulit luar, jika di biarkan lama kelamaan masalah satu ini akan semakin melebar.

Umumnya penanganan masalah kudis hanya akan diberikan salep yang harus dipakai secara rutin.

Namun jika kamu tidak mempunyai salep dapat menggantinya dengan getah tanaman jarak cina atau jarak tintir. Getahnya mengandung sifat anti-mikroba dan anti-bakteri sehingga memungkinkan untuk membunuh tungau penyebab kudis.

9. Mencegah jerawat dan bisul

Punya masalah jerawat dan bisul? Coba atasi dengan getah tanaman satu ini, jerawat dan bisul umum di sebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit ataupun infeksi bakteri dan kuman di bawah lapisan kulit.

Jika jerawat atau bisul sudah membengkak, sebaiknya jangan di pecahkan secara sembarangan karena bisa menyebar ke area lain.

Salah satu cara alami untuk mengatasi jerawat ialah kamu bisa memakai getah daun jarak cina alias jarak tintir gurita, karena memiliki sifat membunuh kuman dan bakteri, serta sekaligus mempercepat pengempisan dan pengeringan luka.

10. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat getah pohon betadine selanjutnya yaitu mampu mengangkat sel kulit mati atau yang sudah mengelupas.

Getah tanaman satu ini bersifat lengket dan cepat mengering, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati.

Harap berhati-hati terutama kamu mempunyai kulit sensitif, jika dirasa pemakaian menyebabkan perih lebih baik jangan di teruskan.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman betadine batang alias pohon jarak cina atau jarak tintir gurita.

Pemanfaatan tanaman memang lebih banyak digunakan untuk luar tubuh, terutama pada bagian kulit, sehingga bisa dijadikan alternatif dari obat antiseptik betadine pada kotak p3k.

Apakah Ada Efek Samping dari Penggunaan?

Tanaman satu ini mempunyai senyawa jatropine dari golongan toxalbumin yang di ketahui bersifat racun bagi tubuh jika di konsumsi dalam jumlah berlebihan.

Walau bersifat racun bagi tubuh senyawa jatropine sendiri merupakan obat alami untuk mengatasi kanker.

Tetapi selama penggunaan getah hanya untuk di luar tubuh maka dapat di katakan aman, hanya saja beberapa kemungkinan terjadi pada sebagian orang ialah bisa menyebabkan perih dan iritasi dikarenakan belum terbiasa.

Jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak, ada kemungkinan bisa menyebabkan masalah sakit perut, sakit kepala, mual, muntah serta bisa menyebabkan aglutinasi dan hemolisis sel darah merah.

Untuk itu harap berhati-hati jika ingin mengkonsumsinya, terlebih jika memiliki riwayat gangguan kesehatan, sedang mengkonsumsi obat-obatan, ibu hamil dan rawat jalan.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel