CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Daun Sungkai, Kandungan, Cara Mengolah dan Efek Samping Bagi Tubuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Daun Sungkai, Kandungan, Cara Mengolah dan Efek Samping Bagi Tubuh

bentuk daun pohon sungkai

Healty99 - Sungke atau daun Sungkai merupakan penyebutan umum masyarakat Indonesia untuk tanaman dengan nama latin Peronema canescens. Ini adalah tanaman yang ada banyak disekitar kita, bahkan penggunaanya sudah sejak lama dimanfaatkan oleh banyak orang, hanya saja belakangan kali ini heboh akan manfaat daunnya.

Sebenarnya apa sih istimewanya dari daun Sungkai sehingga banyak dicari? Untuk itu yuk kita simak lebih dalam dari berbagai sumber.

Mengenal Tanaman Sungkai atau Sungke

Secara bentuk fisik, pohon Sungkai memiliki batang yang terbilang besar dan bisa tumbuh 20 hingga 30 meter, serta panjang ranting bisa mencapai 8 sampai 10 meter.

Ciri khas spesifik dari batangnya ialah cukup lurus, berdiameter sekitar 50 sampai 60 cm, kulit luar berwarna abu-abu kecoklatan dan terdapat bagian bulu halus. Sedangkan kayunya bertekstur keras dengan warna kuning muda atau krem, sedikit kasar dan tidak terlalu rata.

Untuk kayu Sungkai sendiri memiliki daya tahan yang kuat, sehingga kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture dan perabotan lainnya,

Sedangkan untuk bentuk daun Sungkai memanjang dengan ujung lancip sekitar 15 sampai 20 cm, berwarna hijau dan berbaris (berjejer) rapi berpasangan pada satu dahan panjang.

Pemanfaatan Tanaman Sungkai

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa tanaman Sungkai atau Sungke memang telah lama dimanfaatkan oleh banyak orang, baik dari batang pohon dan daunnya.

Batang pohonya sendiri memiliki kualitas kayu tingkat II – III dan termasuk kelas awet, itu sebabnya banyak dipakai sebagai bahan material prabotan, furniture dan segala bentuk kerajinan yang menggunakan kayu.

Sedangkan untuk daun Sungkai, memang kerap ada yang memanfaatkanya sebagai salah satu obat herbal, terutama untuk mengatasi masalah demam, batuk dan sakit perut.

Walau pada kenyataanya sudah dikenal sejak lama, namun tanaman satu ini baru booming belakangan ini dikarenakan kemampuanya yang diklaim bisa mengatasi masalah covid-19.

Kandungan Daun Sungkai

Dikutip dari media.neliti.com, hasil penelitian terhadap ekstraksi daun Sungkai (Peronema canescens.Jack) menunjukan bahwa terdapat kandungan senyawa seperti :

  1. Isolat B1
  2. Polisakarida
  3. Terpenoid
  4. Alkaloid
  5. Etanol
  6. Polifenol

Selain itu adapun kandungan lainnya yang mempunyai kemampuan dalam resistensi terhadap serangan penyakit, sifat antiradang, antiinflamasi, antiplasmodium, antimikroba serta antioksidan.

Lantas apa saja sih manfaat daun Sungkai atau Sungke? Berikut diantaranya :

Manfaat Daun Sungkai

Kebanyakan orang menggunakan tanaman satu ini dengan cara direbus, hal ini diyakini bisa menjadi ramuan herbal dalam mengatasi masalah kesehatan. Nah untuk itu berikut manfaat rebusan daun Sungkai tersebut :

1. Mencegah Malaria

Dikutip dari core.ac.uk, menurut hasil penelitian terhadap ekstrak tanaman daun Sungkai mempunyai kemampuan alami berupa antiplasmodium.

Antiplasmodium sendiri ialah jenis obat-obatan antimalaria yang mempunyai kemampuan dalam membunuh sekaligus mengurangi penyebaran parasit didalam tubuh.

Hasil uji tersebut dicobakan pada mencit yang terinfeksi P. berghei dan ternyata mampu menurunkan tingkat persentase parasitemia.

Sayangnya, penggujian baru sebatas pada tikus putih, sehingga khasiat untuk manusia masih perlu pengawasan lebih lanjut.

2. Mengatasi Peradangan

Daun Sungkai diketahui memiliki kemampuan dalam mengatasi beberapa peradangan di dalam tubuh, hal ini didasari dengan sifat antiinflamasi dan antiradang yang terkandung didalamnya.

Beberapa masyarakat juga kerap mengambil khasiat tanaman satu ini untuk meredakan berbagai nyeri, baik itu pada pergelangan sendi atau nyeri otot.

3. Mengatasi Demam

Manfaat daun Sungkai bisa mengatasi demam. Dibeberapa wilayah Indonesia seperti kawasan Sumatera, banyak orang menggunakan daun Sungkai untuk menyembuhkan masalah demam dan panas tubuh.

Biasanya mereka mengolah dengan cara merebus daun terlebih dahulu, baru dikonsumsi secara teratur hingga penyakit berangsur berkurang.

4. Meringankan Flu dan Batuk

Mengkonsumsi air rebusan Sungkai atau Sungke juga dipercaya bisa meredakan masalah flu dan batuk, terutama pada area pernafasan.

Manfaat ini didapat karenakan adanya kandungan senyawa yang bersifat antiinflamasi, antiradang, antioksidan dan beberapa kemampuan senyawa lainnya dalam melawan infeksi pada tubuh.

5. Mengobati Luka

Daun Sungkai diketahui bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati luka karena kandungan antimikroba dan bakteri di dalamnya.

Sehingga hal ini diklaim bisa mencegah terjadinya infeksi kuman dan jamur pada kulit, sekaligus mempercepat pengeringan luka.

Cara menggunakanya cukup ambil beberapa lembar daun lalu tumbuk hingga halus, baru setelah itu balurkan pada aera kulit yang terluka.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daun Sungkai memiliki kemampuan dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, hal ini diyakini berkat beberapa kandungan antioksidan pada tanaman.

Walau begitu, harap untuk tidak menggunakan secara sembarangan.

Terlebih lagi bagi kamu yang kurang mengetahui secara pasti akan khasiatnya, serta bisa saja menimbukan dampak negatif terutama jika kamu mempunyai riwayat kesehatan.

7. Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Manfaat selanjutnya bisa meredakan masalah sakit gigi.

Penyebab umum terjadinya sakit pada gigi berlubang ialah adanya sisa makanan yang tersangkut, sehingga bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan terjadi infeksi, peradangan dan pembengkakan.

Tentu saja hal ini akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang tidak tertahankan. Nah, beberapa orang kerap memanfaatkan daun Sungkai untuk meredakan masalah tersebut loh.

Caranya ialah dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan daun Sungkai beberapa kali di setiap jam.

Hal ini diyakini karena kandungan pada tanaman yang bersifat antibakteri, antiradang dan antiinflamasi bisa meredakan masalah tersebut.

8. Diklaim Atasi Covid

Beberapa waktu yang lalu sempat beredar bahwa tanaman Sungkai atau Sungke bisa menyembuhkan penderita Covid-19. Tentu saja isu satu ini cepat berkembang dan menjadi sorotan banyak masyarakat.

Namun pada kenyataanya kandungan dari Sungkai masih perlu pengujian lebih lanjut, terutama ke efektivitasanya dalam melawan dan menyembuhkan pasien Covid-19.

Maka dari itu harap untuk tidak menggunakan tanaman satu ini secara sembarangan dan berlebihan, karena bisa saja menimbulkan efek samping bagi tubuh.

9. Mengobati Sakit Perut

Manfaat daun Sungkai kerap kali dipakai sebagai salah satu cara alami dalam mengatasi masalah sakit perut dan diare.

Biasanya manfaat satu ini diambil dengan cara mengkonsumsi air rebusanya secara teratur dua atau tiga kali sehari, atau hingga sakit perut mereda.

Cara Mengolah Daun Sungkai

Cara mengolah pertama biasanya daun direbus beberapa menit, sekitar 15 sampai 20 menit atau paling tidak hingga air rebusanya berkurang separuh dari yang pertama.

Baru setelah itu dikonsumsi untuk mengatasi demam, nyeri sendi, peradangan, flu dan batuk. Sedangkan untuk meredakan sakit gigi biasanya hanya dipakai kumur-kumur saja.

Cara kedua dengan cara ditumbuk hingga halus, namun ini dipakai untuk mengobati luka pada kulit, memar dan gatal akibat gigitan serangga.

Efek Samping Daung Sungkai

Secara spesifik, efek samping dari penggunaan baru diteliti pada hewan tikus putih, sedangkan pengujian pada manusia masih dalam tahap perkembangan.

Untuk itu disarankan kamu tidak mengkonsumsi daun Sungkai sebagai obat herbal secara berlebihan dan berkala, terlebih lagi jika tidak mengetahui dosis pemakaian yang aman.

Jika dilihat dari beberapa kandungan senyawa seperti polifenol, alkaloid dan lainnya, bisa menyebabkan timbulnya rasa mual, muntah, tidak enak diperut dan beberapa waktu kemungkinan dapat memicu sakit kepala.

Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan ramuan herbal, karena sebaik-baiknya obat tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com untuk ketahui hal unik.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel