CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Aki Tidak Mengisi Pada Sepeda Motor injeksi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Aki Tidak Mengisi Pada Sepeda Motor injeksi

gambar aki motor
Sumber foto : iStock
Healty99 - Masalah aki tidak mengisi pada motor injeksi sebenarnya ada beberapa penyebab, salah satunya bisa karena kerusakan pada aki (baterai) nya sendiri atau bahkan sistem pengecasan dari sepeda motor yang sudah tidak berfungsi lagi.

Kita tahu pada motor jenis injeksi sangat memerlukan aki atau baterai sebagai tambahan arus. Mengingat peran aki sangat penting seperti untuk menghidulkan stater, lampu, sensor-sensor, sistem PGM-Fi, rangkaian kelistrikan serta masih banyak lagi. 

Tentu dengan tidak adanya aki maka kita terkadang dibuat repot, bahkan pada beberapa jenis tipe motor injeksi terkadang tidak bisa hidup jika tidak ada aki. 

Namun apa jadinya jika kondisi tersebut benar-benar terjadi. Contohnya seperti aki ngedrop karena tidak mengisi, atau malah kamu baru saja mengganti aki namun beberapa saat aki tersebut kembali drop. 

Lantas apasih penyebabnya? 

Aki Tidak Mengisi Pada Motor Injeksi

Seperti yang telah di sebutkan tadi, penyebab aki motor injeksi kamu tidak mau mengisi bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya bisa karena aki serta sistem pengecasan yang sudah rusak. 

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih terhadap dimana kerusakan tersebut atau hanya ingin sekedar penasaran? Simak artikel kali ini sampai selesai. 

1. Aki tidak berfungsi

Yang pertama bisa dikarenakan aki sepeda motor kamu tidak berfungsi dengan baik. Contoh terdapat kerusakan pada bagian cell baterai yang sudah mati sehingga tidak mampu menyimpan arus listrik dengan baik. 

Itulah sebabnya mengapa terkadang aki yang sudah di cas tidak bisa bertahan lama alias cepat drop. 

Bahkan untuk beberapa kasus kerusakan cell didalamnya seperti putus membuat aki bisa mati total. 

2. Kirpok atau regulator rusak

Berikutnya bisa dikarenakan komponen kiprok atau regulatornya yang rusak. 

Seperti yang kita ketahui, kirpok atau regulator merupakan rangaian elektronik yang berfungsi sebagai alat pengecas aki pada sepeda motor. Lebih tepatnya ialah sebagai pengatur, penstabil dan penyearah arus input dari spul. 

Arus dari spul motor bersifat AC dan bertegangan tinggi, arus ini tidak bisa digunakan untuk mengecas aki karena aki harus di suplay arus DC. 

Oleh karena itu peran kipro ialah mengatur arus keluar yang akan digunakan pada sepeda motor injeksi, termasuk itu untuk bagian pengecasan aki. 

Namun apabila komponen kirpok atau regulator rusak alias tidak berfungsi secara semestinya, maka akan berpengaruh terhadap sistem kelistrikan. 

Salah satu contohnya ialah aki tidak mengisi, lampu motor akan mati atau redup, serta untuk beberapa jenis sepeda motor tidak mau menyala. 

3. Spul mati

Penyebab aki tidak mengisi pada motor injeksi selanjutnya ialah bisa disebabkan oleh bagian spul yang rusak atau mati. 

Spul atau kumparan pada sepeda motor merupakan salah satu komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai penghasil arus listrik (pembangkit listrik) untuk memenuhi kebutuhan dari sepeda motor. 

Jika spul mati maka sudah pasti sistem kelistrikan sepeda motor akan mati total. Tentunya hal tersebut akan berdapak pada motor yang tidak mau menyala, sistem pengecasan aki tidak berfungsi serta sudah pasti semua komponen elektronik tidak akan bekerja. 

4. Terdapat kabel putus

Jika spul motor normal ditandai dengan adanya arus output AC, dan komponen kiprok normal dengan ditandai adanya arus output DV namu  aki pada motor injeksi tidak mau mengisi, maka hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian kabel. 

Jika ada kabel kelistrikan yang putus terutama yang mengarah ke pengecasan aki, maka sudah pasti aki tidak akan mendapatkan suplay arus listrik saat mesin di nyalakan. 

Walau kerusakan kabel sangat menjengkelkan karena harus mencari kabel mana yang rusak diantara banyak kabel pada motor injeksi, namun harus bagaimana lagi.  Pasalnya jika tidak diperbaiki sistem pengecasan aki tifak akan berfungsi.

Oleh karena itu jika terdapat kabel putus maka kamu gunakan alat multitester untuk mempermudah pengerjaan

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa aki sepeda motor injeksi tidak mau mengisi. 

Bava terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif. 

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel