CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 5 Rekomendasi Media Tanam Pakcoy Hidroponik dan Kelebihanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

5 Rekomendasi Media Tanam Pakcoy Hidroponik dan Kelebihanya

gambar pakcoy hidroponik
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pada dasarnya ada banyak jenis media tanam hidroponik yang bisa digunakan, termasuk itu untuk pakcoy sendiri. Namun terpenting ialah media tersebut haruslah memiliki syarat tertentu seperti mudah menyerap air, memiliki ruang (rongga) udara serta mampu menyimpan nutrisi.

Sehingga nantinya media tanam tersebut bisa menjadi tumbuh kembang bagi tanaman, terutama pertumbuhan akar dalam menyerap nutrisi yang tersimpan pada media.

Mengingat sistem hidroponik mengharuskan pakcoy dapat nutrisi dari air, tentu dengan adanya media tanam khusus hal tersebut bisa tanaman tumbuh lebih optimal.

5 Media Tanam Pakcoy Hidroponik

Nah, buat kamu yang ingin menanam sawi sendok atau sayur pakcoy secara hidroponik, berikut beberapa media yang bisa kamu gunakan sekaligus kelebihanya.

1. Rockwool

Yang pertama ada rockwool, ini adalah media tanam yang umum digunakan untuk sistem hidroponik maupun penyemaian.

Rockwool tampak seperti kapas berserat yang mirip benang wol , namun sebenarnya media satu ini terbuat dari batu-batuan vulkanis.

Bukan sembarang batu, melainkan bebatuan yang berasal dari pegunungan dengan memiliki syarat sebagai media tanam.

Rockwool sendiri tidak mengandung nutrisi, kelebihan lainnya ialah ia mampu menyerap air dalam jumlah banyak, memiliki rongga udara karena teksturnya seperti kapas serta baik untuk tumbuh kembang akar.

2. Oasis cubes

Berikutnya ada oasis cubes. Media satu ini mirip dengan rockwool, hanya saja yang membedakanya adalah warna serta jika di tekan sedikit lebih padat.

Oasis cubes memiliki kelebihan yaitu lebih basah dan lembab, sehingga cocok jika kamu gunakan untuk menaman kecambah atau biji-bijian.

Diimplementasikan untuk pakcoy hidroponik juga bisa, karena teksturnya mirip seperti rockwol.

3. Cocopeat

Cocopeat berasal dari serbuk kulit kelapa sehingga membuat media tanam satu ini sangat bersifat organik. Sejak lama bahwa cocopeat memang kerap menjadi campuran kompos tanaman.

Tidak hanya itu saja, keberadaanya yang melimpah dan murah meriah menjadi salah satu kelebihan utama.

Cocopeat yang sudah dingin diketahui memiliki Ph sekitar 5,0 hingga 6,8, yang mana hal ini sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

4. Spons atau busa

Spons umumnya terbuat dari bahan sintetis atau plastik. Walaupun begitu, spons memiliki sifat yang mudah menyerap air dan berongga, sehingga sudah bisa menjadi syarat tanaman untuk tumbuh.

Akar pakcoy pada dasarnya bisa menembus rongga-rongga spons atau busa, oleh karena itu benda satu ini bisa juga kamu terapkan sebagai media hidroponik.

Kelebihan spons ialah awet, mampu menahan air secara banyak serta dapat digunakan kembali.

5. Batang pakis

Terakhir ada batang pakis, yap tumbuhan pakis-pakisan yang kerap tumbuh liar di tempat lembab ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media tanam pakcoy hidroponik loh.

Tentu tidak digunakan secara langsung, melainkan batang pakis yang dipakai sudah dalam kondisi kering, sehingga memiliki kemampuan dalam menyerap air.

Kelebihan dari batang pakis ialah kamu bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan tumbuhan pakis kering di sekitar rumah.

Selain itu, pakis yang sudah mati tentunya bisa menjadi kompos bagi tanaman nantinya.

Nah, itulah beberapa media tanam hidroponik untuk sayur pakcoy.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar budidaya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel