CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menggunakan Daun Cocor Bebek untuk Bisul - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menggunakan Daun Cocor Bebek untuk Bisul

gambar tanaman cocor bebek
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Cocor bebek merupakan tumbuhan sejenis sukulen yang mampu menyimpan cadangan di bagian daun dan batang. Karena ke unikanya tersebut serta memiliki bentuk corak dan warna yang menarik, tidak jarang juga orang menanamnya sebagai tanaman hias di dalam pot.

Namun yang musti kamu ketahui ialah bahwa tanaman cocor bebek juga memiliki manfaat loh bagi kesehatan. Efektivitas senyawa pada tanaman diketahui memiliki sifat antibakteri, antiradang, antiinflamasi serta analgesik yang memungkinkanya menjadi obat tradisional.

Adanya senyawa yang bersifat antibakteri, antiradang atau antiinfamasi inilah yang juga membuat manfaat cocor bebek bisa dijadikan salah satu cara untuk mengobati masalah bisul, jerawat dan bengkak pada kulit.

Manfaat Daun Cocor Bebek untuk Bisul

Seperti yang kita ketahui, timbulnya bisul dan jerawat biasa di sebabkan adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Jenis bakteri ini secara umum ada pada kulit atau di dalam hidung manusia itu sendiri dan pada dasarnya tidak berbahaya. Sejatinya bakteri ini tidak memicu infeksi jika berada di permukaan kulit ataupun wajah.

Namun infeksi bisa terjadi ketika bakteri tersebut masuk ke folikel rambut kulit atau lewat luka gores serta gigitan serangga.

Sehingga, jika bakteri tersebut masuk kelapisan kulit maka bisa terjadi penyumbatan dan pembengkakan pada lapisan bagian bawah kulit kamu. 

Pada akhirnya kondisi tersebut dapat memicu kemerahan, rasa panas, terdapat bintik putih dan keluar cairan nanah di bagian yang terinfeksi.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan bisul dan jerawat yang sedang terjadi, kamu bisa mengatasi permasalah tersebut secara alami dengan menggunakan daun cocor bebek.

Cara Menggunakan Cocor Bebek untuk Bisul

Nah, jika kamu ingin menggunakan tanaman dengan nama ilmiah Kalanchoe ini untuk mengatasi bisul sekaligus mencegah jerawat. Berikut langkah-langkah pengerjaan yang bisa kamu lakukan.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Daun cocor bebek
  2. Alat tumbuk
  3. Wadah

Langkah pengerjaan :

  1. Pertama cuci daun hingga bersih di bawah air mengalir, kamu bisa juga cuci dengan sabun agar kuman dan kotoran yang menempel hilang.
  2. Setelah itu lanjut dengan di haluskan menggunakan alat tumbuk atau blender.
  3. Tidak perlu menambahkan air karena sejatinya tanaman satu ini kaya akan kandungan air.
  4. Apabila sudah halus tuang ke dalam wadah, berikutnya kamu bisa aplikasikan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

Cara menggunakan :

  1. Ambil sedikit pasta daun cocor bebek, tempelkan pada bagian kulit yang terdapat bisul.
  2. Tunggu hingga kering, setelah itu tukar pasta dengan yang baru.
  3. Ada baiknya dilakukan berulang supaya bisul cepat matang dan mengempis.

Manfaat cocor bebek untuk bisul bisa mengurangi rasa panas pada kulit karena sifatnya yang dingin dan banyak mengandung air.

Selain itu, efektivitas kandungan senyawa pada tanaman juga memungkinkan mencegah pembengkakan terjadi, mencegah infeksi, peradangan, kemerahan dan lain sebagainya.

Di sisi lain, adapun sejumlah bahan yang bisa kamu campur pada saat memakai cocor bebek untuk mengatasi bisul, salah satunya ialah jahe, sirih, kunyit, getah jarak cina, madu serta lemon.

Beberapa bahan tersebut kerap digunakan untuk mengatasi masalah infeksi pada tubuh seperti jerawat, peradangan, alergi serta bisul.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel