CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 10 Bunga Tanaman yang Bisa Dimakan dan Aman - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

10 Bunga Tanaman yang Bisa Dimakan dan Aman

gambar bunga kembang sepatu
Sumber foto : pixabay
Healty99 - Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat reproduksi seksual untuk menghasilkan bibit tumbuhan baru. Umumnya buunga atau kembang dimanfaatkan sebagai hiasan dekorasi, kue, campuran makanan dan minuman serta terkait dengan kecantikan.

Namun tahukah kamu, terlepas dari penggunaanya sebagai hiasan bunga juga bisa dimakan dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Tetapi tentunya tidak semua jenis bunga atau kembang yang bisa dimakan, hanya beberapa saja dari tanaman tertentu saja yang boleh.

Bunga yang Dapat Dimakan

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin tahu, simak di bawah ini beberapa bunga tanaman yang aman dimakan.

1. Kecombrang

Bunga kecombrang

Pertama ada kecombrang atau dikenal dengan nama lain tanaman kantan, kincung, bungong kala dan honje. Ini merupakan kembang yang berasal dari pohon rempah-rempah mirip seperti laos namun dapat tumbuh tinggi sekitar 5 meter.

Kecombrang memiliki aroma wangi rempah dan sering diambil untuk dijadikan lalapan, pewangi nasi dalam kukusan, campuran sambal serta terkadang wewangian saat mandi.

Kecombrang termasuk dalam kategori tanaman musiman, jadi terkadang cukup sulit untuk menemukan mereka.

2. Krisan flower

Bunga krisan

Berikutnya ada krisantemun atau biasa disebut seruni, salah satu bagian dari tanaman hias yang bisa dimakan.

Seruni alias krisan merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari suku knikir - knikiran, ia memiliki bunga berwarna putih, pink, merah, oranye, ungu, hingga kuning yang dapat di konsumsi.

Walau penggunaan terkadang untuk hiasan kue, puding, minuman dan masakan lainnya, tetapi olahan yang paling terkenal dari krisan yaitu teh herbal.

Minuman teh yang dicampur dengan bunga krisan kering akan mengeluarkan aroma wangi dan rasa yang nikmat.

Selain itu krisan juga cocok sebagai tanaman dalam ruangan kamu tinggal memilih mana warna yang kamu sukai.

3. Mawar

gambar bunga mawar merah putih

Mawar merupakan jenis tumbuhan liar yang kerap di pelihara dari jenis genus rosa/rose dengan terdapat lebih dari 100 spesies yang tersebar diseluruh dunia.

Hal yang identik dari mawar ialah pada bagian batangnya berduri tajam dengan tumbuh dapat mencapai 1,5 meter, selain itu ia juga memiliki kembang yang saat mekar memiliki pesona dan keindahan.

Bunga mawar memang sejak lama telah digunakan sebagai pengharum ruangan, penghias cake hingga bahan capuran makanan serta minuman.

4. Lavender

gambar bunga lavender

Bunga yang bisa dimakan selanjutnya adalah lavender. Ini adalah bunga yang identik dengan warna unggunya serta tumbuh secara bergerombol pada tangkai dan gundukan.

Dari segi pemanfaatan lavender sering di jadikan bahan campuran masakan, wangian relaxasi dan extrak dari minyak lavender banyak digunakan untuk produk farfume.

Selain itu, uniknya lavender di ketahui tidak di sukai nyamu loh karena aroma yang di keluarkanya, kamu cukup meletakanya sebagai tanaman hias ruangan maka nyamuk akan engan untuk mendekati.

5. Calendula

gambar bunga Calendula

Ada yang tahu dengan bunga Calendula? Calendula merupakan bunga yang berasal dari kawasan selatan eropa, salah satu tanaman yang banyak di budidayakan dan di gunakan untuk bahan makanan, kecantikan, pengobatan.

Calendula diketahui memiliki manfaat dalam membunuh bakteri dan virus karena sifatnya yang anti inflamasi.

Bentuknya yang cantik dengan beragam warna membuatnya banyak dipakai dalam bentuk hiasan kue, rangkaian bunga untuk kado hingga makanan.

6. Bunga matahari / sun flower

gambar bunga matahari

Bunga matahari identik dengan kepala besar dan bewarna kuning jika sudah mekar sempurna, selain itu fakta unik lainnya ialah ia sangat suka menghadap matahari dari terbit hingga terbenam.

Terlepas dari itu semua umumnya sun flower dibudidayakan untuk di ambil bijinya, karena bagian bijinya dapat diolah menjadi bahan pangan, cemilan dan produk kecantikan, extrak minyak dari biji.

Akan tetapi sebenarnya bagian yang bisa dimanfaatkan bukan pada bijinya saja, kelopak bunga yang berwarna kuning juga bisa makan dan di campur kedalam minuman teh.

7. Pansy

gambar Bunga pansi

Pansi flower merupakan jenis tumbuhan hibrida yang banyak di tanam sebagai tanaman hias di perkarangan rumah, tetapi kenyataanya ada juga yang membudidayakan untuk diambil bagian bunga sebagai penghias hidangan dan bahan campuran makanan.

Oleh karena itu pansy termasuk dalam tanaman hias yang bisa dimakan. Tetapi tentu tidak dimakan dalam jumlah banyak dan berlebihan.

8. Nasturtium

gambar bunga Nastutium

Berikutnya ada kembang nasturtium, yaitu salah satu tumbuhan berdaun hijau yang banyak di budidayakan untuk diambil daun dan bunganya saja.

Bagian daun dapat dimakan sebagai lalapan dan campuran salad, sedangkan bagian biji, buah dan bunganya banyak di jadikan hidangan campuran maupun penghias kue.

Nasturtium sebenarnya masih satu keluarga dengan kubis - kubisan serta mempunyai rasa yang renyah, sedikit pahit dan terdapat sensasi pedas.

9. Zucchini

gambar Kembang zucchjni

Zucchini, sekilas memang sangat mirip dengan mentimun, baik dari bunga daun maupun buahnya. Tetapi memang karena zucchini pada dasarnya masih dalam jenis tumbuhan labu - labuan.

Zucchini biasanya dipanen saat masih muda atau sebelum matang. Buahnya dapat dijadikan campuran salad dan bahan masakan, sedangkan untuk bunganya bisa juga dikonsumsi dan hiasan kue.

10. Carnation

gambar kembang tanaman Carnation

Carnation (dianthus caryophyllus) merupakan tanaman hias dengan bentuk dan warna bunga yang cantik, terlebih saat sudah mekar sempurna pada musim tertentu.

Warna dan corak yang mencolok serta berpenampilan cantik membuatnya sering ditanam di perkarangan rumah atau dalam pot.

Selain itu bagian bunganya bisa kamu makan langsung atau olah sebagai campuran makanan maupun hiasan.

Nah, itulah beberapa jenis bunnga yang dapat dimakan dan bisa kamu coba.

Harap untuk tidak mengkonsumsi tanaman secara sembarangan dan dalam jumlah banyak. Cobalah untuk mencicipi sedikit untuk melihat reaksi pada tubuh kamu, mengingat tidak semua orang bisa dengan mudah memakan sejumlah bunga.

Jika tidak ada tanda-tanda reaksi alergi, gatal-gatal dan sebagainya maka tubuh kamu cukup kuat untuk menimkati beberapa tangkai bunnga sebagai lalapan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal-hal menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel