CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

gambar buah bit umbi merah
Sumber foto : pixabay/Desertrose7
Healty99 - Bit atau Beetroot merupakan tumbuhan yang di manfaat kan untuk di ambil buahnya (umbinya) sebagai sumber makanan. Bit termasuk dalam tanaman semusim yang pertumbuhanya mirip dengan lobak dan wortel.

Terdapat dua jenis dari tanaman Beta Vulgaris L yang di bedakan dari warna umbinya merah dan putih. B. Vulgaris L. var untuk umbinya yang berwarna merah tua sementara itu, B. Vulgaris L. var. cicla untuk umbinya yang berwarna keputih - putihan, keduanya sama-sama dapat diolah menjadi bahan masakan.

Bit menjadi salah satu buah yang banyak digemari khususnya di luar negeri karena rasanya enak, sedikit manis, dan mudah di olah

Sedangkan di Indonesia tanaman satu ini cukup sulit di kembangkan karena iklim dan pH tanah yang kurang cocok, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menemukan beetroot di atas rak supermarket kok dengan berbagai jenis varian.

Kandungan buah bit

Dalam 100 g (3.5 oz) buah bit segar mengandung benerapa mineral diantaranya :

  1. Energi180 kJ (43 kcal)
  2. Karbohidrat9.96 g
  3. Gula7.96 g
  4. Serat pangan2.0 g
  5. Lemak.18 g
  6. Protein1.68 g
  7. Vitamin A
  8. Tiamina (Vit. B1).031 mg
  9. Riboflavin (Vit. B2).027 mg
  10. Niasin (Vit. B3).331 mg
  11. Asam Pantotenat (B5).145 mg
  12. Vitamin B6.067 mg
  13. Folat (Vit. B9)80 μg
  14. Vitamin C3.6 mg
  15. Kalsium16 mg
  16. Besi 79 mg
  17. Magnesium23 mg
  18. Mangan0.3 mg
  19. Fosfor38 mg
  20. Kalium305 mg
  21. Natrium77 mg
  22. Zink 35 mg

Manfaat Buah Bit

Banyaknya kandungan nutrisi dan nilai gizi pada umbi bit tentu jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah cukup serta secara teratur, bukan tidak mungkin akan ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan.

Nah, buat kamu yang penasaran. Berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan yang bisa diketahui.

1. Kaya akan nutrisi dan rendah kalori

Umbi bit mempunyai kandungan nutrisi yang mengesankan. Sayuran satu ini rendah akan kalori namun tinggi dari segi vitamin dan mineral.

Bahkah hampir secara keseluruhan kandungan semua vitamin dan mineral yang ada sangat dibutuhkan tubuh kamu.

Bit juga mengandung mangan dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan tulang, metabolisme nutrisi, fungsi otak, serta masih banyak lagi tentunya.

2. Menjaga tekanan darah

Manfaat buah bit telah diteliti dengan baik karena kemampuannya dalam menurunkan tingkat tekanan darah tinggi pada seseorang, sehingga diklaim mampu mengurangi resiko masalah penyakit jantung.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa jus bit bisa secara signifikan menurunkan tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik pada seseorang.

Mengkonsumsi secara teratur bit dapat mempengaruhi tekanan darah sistolik yang merupakan tekanan saat jantung berkontraksi.

Selain itu, khasiat bit mentah dapat memberikan efek yang lebih kuat ketimbang yang telah dimasak atau diolah dengan pemanasan.

3. Baik untuk olahragawan

Menurut satu ulasan, jus bit bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kelelahan, meningkatkan kinerja kardiorespirasi, dan meningkatkan efisiensi untuk atlet maupun olahragawan.

Mengkonsumsi jus bit juga telah terbukti mampu meningkatkan kinerja akitivitas dan meningkatkan penggunaan oksigen hingga lebih dari 20% pada seseorang.

Tetapi penting kamu ketahui bahwa kadar nitrat darah memuncak dalam 2-3 jam setelah mengonsumsi bit atau jusnya. Oleh karena itu, kamu bisa konsumsi 2 jam sebelum saat beraktivitas atau olahraga untuk mendapatkan efeknya.

4. Melawan peradangan

Umbi bit mengandung pigmen yang disebut betalains dan diketahui memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi bagi tubuh.

Kandungan tersebut dapat bermanfaat bagi beberapa aspek kesehatan terkait peradangan kronis, contoh seperti kondisi masalah obesitas, penyakit jantung, penyakit hati serta kanker.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Dalam satu cangkir bit setidaknya mengandung 3,4 gram serat, ini menjadikan buah bit sebagai salah sumber serat yang baik buat kesehatan.

Seperti yang kita ketahui serat masuk ke bagian pencernaan dan berjalan ke usus besar, selain dapat memberi makan bakteri baik pada usus manfaat lainnya ialah menambah jumlah tinja.

Disatu sisi ini juga meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat sistem metabolisme kamu tetap teratur, dan mencegah sembelit, penyakit radang usus serta masalah divertikuliti.

6. Menjaga kesehatan otak

Fungsi mental dan kognitif secara alami serta lama-kelamaan akan menurun, terlebih lagi faktor bertambahnya usia, tentu ini meningkatkan risiko mengalami gangguan neurodegeneratif seperti demensia pada seseorang.

Tetapi kandungan nitrat dalam bit diklaim dapat meningkatkan fungsi kinerja otak dengan mempromosikan pelebaran pembuluh darah, dengan demikian tujuanya ialah meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel.

Namun sayangnya, penelitian lebih lanjut masih diperlukan lebih detail untuk menentukan apakah bit bisa yakinkan untuk meningkatkan fungsi otak serta mengurangi risiko demensia pada manusia.

7. Antikanker

Umbi bit mengandung beberapa senyawa dengan sifat alami yang mampu melawan kanker, contohnya betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic.

Walaupun bentuk penelitian lebih lanjut masih diperlukan, tetapi pengujian pada tabung menunjukkan bahwa ekstrak bit bisa memperlambat pembelahan serta pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

8. Membantu memenuhi kebutuhan gizi

Manfaat buah bit selanjutnya ialah bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian kamu. Ini karena sayuran memiliki beberapa sifat nutrisi yang dapat menjadikannya sebagai sumber bahan makanan tambahan yang bagus untuk diet seimbang.

Mengapa? Pertama ia rendah akan kandungan lemak dan kalori tetapi tinggi air, ini dapat membantu menyeimbangkan asupan energi harian kamu tanpa khawatir kenaikan berat badan.

Bahkan di satu sisi meningkatkan asupan makanan rendah kalori seperti sayuran akar ini justru bisa membantu penurunan berat badan.

9. Cocok untuk makanan diet

Bit memang sumber makanan yang bergizi tetapi ia juga sangat lezat dan mudah dicampurkan ke dalam beberapa makanan harian kamu.

Kamu bisa mengolah menjadi jus, memanggang, mengukus, atau mengasinkannya untuk lebih enjoy dalam menikmati.

Bit juga termasuk sayuran yang sehat untuk dikonsumsi buat kamu yang sedang diet, mengingat ia rendah akan kandungan kalori dan lemak.

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

Cara mengkonsumsi bit sebenarnya tidak lah sulit, sayuran satu ini dapat dengan mudah diolah menjadi aneka makanan maupun minuman yang enak dan menyegarkan.

Contoh, jika kamu hendak mengkonsumsinya selagi segar sebagai salad maka kamu hanya perlu mengupas bagian kulit dan mencuci dagingnya, kemudian dipotong-potong dan siap dinikmati.

Jika ingin membuat jus hanya perlu memasukan ke dalam blender dan ditambah beberapa bahan lain agar lebih menarik.

Selain di santap selagi mentah dan jus, kamu juga bisa mengolahnya menjadi sup, sate panggang dengan campurang paprika atau daging, smootie dan masih banyak lagi tentunya.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar bit.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel