Kandungan Dan Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan.


Bit red

Buah bit

Atau Beetroot merupakan tumbuhan yang di manfaatkan untuk di ambil buahnya (umbinya). Bit termasuk dalam tanaman semusim yang pertumbuhanya mirip dengan lobak dan wortel. Batang bit tidak terlalu tinggi, berbatang kemerahan dan berdaun hijau. Bagian akar tengahnya tumbuh menjadi umbi dan akan di panen dalam waktu sekitar 2,5-3 bulan dari masa tanam.

Umbi bit yang akan di panen berbentuk bulat menyerupai gasing adapun yang berbentuk lonjong. Bagian bunganya tersusun dalam rangkaian bunga bertangkai panjang dan banyak (racemus). Tanaman bit cukup sulit di budidayakan di Indonesia karena harus lebih memperhatikan ph tanah yang sesuai, namun bukan berarti buah bit tidak ada di Indonesia, kamu masih bisa mendapatkanya di supermarket yang menjual sayuran segar.

Bit menjadi salah satu buah yang banyak digemari khususnya di luar negri karena rasanya enak, sedikit manis, dan mudah di olah.

Jenis buah bit

Terdapat dua jenis dari tanaman Beta Vulgaris L yang di bedakan dari warna umbinya merah dan putih. B. Vulgaris L. var untuk umbinya yang berwarna merah tua sementara itu, B. Vulgaris L. var. cicla untuk umbinya yang berwarna keputih – putihan, keduanya sama-sama dapat diolah menjadi bahan masakan.


Jenis buah bit yang paling bayak di gunakan yaitu B. Vulgaris L. var umbinya yang berwarna merah tua. Sejarah penggunaan buah bit merah sudah ada sejak abad pertengahan. Dimana umbi Bit Merah jaman dulu di gunakan untuk menyembuhkan beberapa masalah penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan darah. 

Namun seiring perkembangan berpengaruh terhadap pengunaan buah bit yang mana di olah menjadi beraneka ragam makanan seperti bahan es krim, salad, jus, pure bit, bit panggang, sereal, sause, sup, bahan campur wine dan masih banyak lagi. Khusus buah bit yang berwarna merah mengandung senyawa Betanin yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami yang menyehatkan.

Kandungan dalam buah bit 

Dalam 100 g (3.5 oz) buah bit segar mengandung benerapa mineral diantaranya :

1. Energi180 kJ (43 kcal)
2. Karbohidrat9.96 g
3. Gula7.96 g
4. Serat pangan2.0 g
5. Lemak.18 g
6. Protein1.68 g
7. Vitamin A
8. Tiamina (Vit. B1).031 mg
9. Riboflavin (Vit. B2).027 mg
10. Niasin (Vit. B3).331 mg
11. Asam Pantotenat (B5).145 mg
12. Vitamin B6.067 mg
13. Folat (Vit. B9)80 μg
14. Vitamin C3.6 mg
15. Kalsium16 mg
16. Besi 79 mg
17. Magnesium23 mg
18. Mangan0.3 mg
19. Fosfor38 mg
20. Kalium305 mg
21. Natrium77 mg
22. Zink.35 mg 


Manfaat buah bit.

Selain enak dan mudah di olah buah bit juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya :

1. Baik untuk pencernaan.

Kandungan serat dalam buah bit yang tinggi sangat baik untuk pencernaan khusunya bagian usus, contohnya seperti susah buang air besar atau feses yang keras. 

2. Baik untuk yang sedang diet.

Kandungan kalori dalam buah bit sekitar  43-59 kcal yang mana dapat memenuhi 15% kebutuhan harian. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan buah bit dapat menjadi alternatif pangan pengganti nasi putih.

Kamu dapat mengolahnya dengan di rebus, panggang, jus bahkan untuk campuran salad dengan begitu berat badan kamu dapat terkontrol tanpa adanya kenaikan drastis.

3. Mencegah anemia.

Anemia adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah yang sehat dalam darah. Hal ini dapat menyembabkan suplai oksigen ke seluruh tubuh berkurang, yang mana kondisi tersebut dapat membuat penderita menjadi lesu, mudah lelah, mengantuk, pusing berkunang-kunang, sulit konsentrasi serta kulit muka dan bibir menjadi pucat.

Nah kandungan zat besi dalam buah bit yang tinggi dapat menjadi obat saat seseorang sedang mengalamin anemia sekaligus mencegah gejala anemia, usahakan untuk mengkonsunsinya secara rutin pada pagi hari. 

4. Mengatasi masalah saluran kecing.

Buah bit berpengaruh besar terhadap peredaran darah, oragan ginjal dan hati, yang mana dengan rutin mengkonsumsi buah bit khusunya jus bit mampu mengatasi sekaligus membantu ginjal dan hati dalam membuang racun di dalam tubuh bersamaan dengan keluarnya urin.

Efeknya saluran kencing, ginjal dan kandung kemih menjadi sehat.

5. Sumber Antioksidan.

Yang kita ketahui bahwa Antioksidan berguna untuk membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang akan menyerang. Selain itu kandungan Atioksidan dalam buah bit juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meregenerasi sel-sel yang rusak dan mencegah pertumbuhan sel-sel yang tidak di butuhkan (kanker).

6.  Baik untuk otot dan saraf tubuh.

Dalam buah bit terkandung mineral kalium dan natrium yang merupakan mineral penting yang disebut sebagai elektrolit. Sebagai besar kalium dan natrium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah.

Selain itu mineral kalium dan natrium juga juga penting untuk menjaga fungsi kerja otot dan saraf yang mengendalikan jantung.

7. Mengandung mineral Zinc.

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Umunya Zinc banyak terdapat pada makanan daging dan kacang-kacangan, namun kamu juga bisa mendapatkan Zinc dalam buah bit walau tidak terlalu tinggi.

Mineral Zinc di dalam tubuh juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, membantu sintesis DNA, serta berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Seseorang yang kekurangan Zinc dalam tubuhnya akan mengalami gangguan pada saluran pencernaan, anoreksia, bulimia, dan diare lebih berisiko mengalami defisiensi zinc.

Kandungan daun bit.

Bukan hanya buah umbinya saja yang dapat diolah, namun daunya dapat juga diolah menjadi bahan panganan, daun bit  mempunyai warna hijau dengan tangkai daun berwarna kemerahan tua. Daunya dapat di konsumsi khususnya pada campuran salad untuk program diet dan penyuka vegetarian.

Selain itu daun buah bit sebenarnya memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dari bayam hijau biasa. Terlebih untuk nilai gizi zat besinya daun bit juga lebih tinggi di bandingkan dengan akar ataupun daging buahnya itu sendiri.

Beberapa manfaat dari daun buat bit diantaranya yaitu :

1. Membantu dalam menangkal gejala osteoporosis dengan meningkatkan kekuatan tulang

2. Melawan sekaligus mencegah penyakit Alzheimer.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dengan merangsang produksi antibodi dan sel darah putih.

4. Mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat kandungan dari buah bit. 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i