Ketahui Manfaat Dari Tanaman Liar Sembung (Blumea Balsamifera)


tanaman sembung, sambung, capo

Tahukah kamu dengan tumbuhan satu ini? Jika belum yuk cari tahu.

Healty99 - Ada banyak penyebutan nama daerah di Indonesia terhadap tumbuhan satu ini, namun penyebutan yang paling umum biasanya dikenal dengan sembung, capo atau sambung, atau dalam bahasa ilmiahnya sembung diberi nama
Blumea Balsamifera, yaitu spesies tumbuhan dari kelas Magnoliopsida yang masih satu family dengan Asteraceae.

Sembung atau capo diakatakan tanaman liar, karena sering tumbuh disembarang tempat, dan tempat yang paling umum dapat dijumpai sekitaran kebun, pematang sawah, pingiran sungai, belukar serta beberapa tempat yang memiliki suhu serta tanah lembab. Umunya sembung akan hidup subur pada ketingian 0-2000 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan tinggi tumbuhan dapat mencapai hingga 4 meter.

Sembung di kategorikan tanaman liar karena sifatnya yang mudah tumbuh, bahkan sangking mudahnya kebanyakan orang mencap sebagai gulma, karena bisa mengganggu tanaman budidaya disekitarnya.

Namun adapun beberapa orang membudidayakanya atau menamnya berdalih untuk digunakan sebagai obat herbal.

Baca juga :

Yap, tanaman satu ini memiliki khasiat loh terutama dalam mengobati beberapa masalah penyakit harian. Pengobatan menggunakan sembung sudah dilakukan sejak lama oleh beberaoa masyarakat pedalaman, daerah, dan nenek moyang sebagai obat tradisional sebelum mengenal jenis obat-obatan seperti sekarang.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat tanaman sembung dan cara mengolahnya, baca sampai selesai ya. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui ciri-cirinya, jangan sampai kamu salah mengambil tanaman sembung di alam.

Ciri khas utama tanaman ini yaitu terdapat tekstur bergerigi pada pingiran daunya, berwarna kehijauan dengan diselimuti bulu-bulu halus, serta bagian ujung daun yang lancip. Batang tanaman tidak terlalu keras, mengandung air yang cukup tinggi sehingga mudah untuk di patahkan.

Kandungan Senyawa

Terdapat beberapa kandungan senyawa dalam akar dan daun tanaman yang diketahui yaitu zat Borneol, Limonene, Glukosida, zat Palmitin, Alkohol dan Diethyl Ether Pholoroacetohenone, Tanin serta Saponin, dan beberapa kandungan lainya juga ada yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Baca juga :

Manfaat dari tanaman Sembung

Letak pemanfaatan ada pada bagian daun dan akarnya, dan diketahui ada dua cara pengolahan, yang pertama diolah secara langsung dengan direbus dan yang kedua dilakukan proses pengeringan terlebih dahulu dibawah terik matahari. Namun keduanya sama saja, hanya proses pengeringan dilakukan agar dapat tahan lama dan bisa digunakan kapan saja.

Cara mengolah daun dan akar sembung mirip seperti teh hijau dan tanaman kumis kucing pada umumnya, dimana diolah menjadi ramuan teh herbal.

Jika ingin mengunakan sebagai obat kamu cukup merebus akar dan daun dengan air sampai mendidih, tunggu hingga air rebusan berkurang separuh kemudian dinginkan sebentar, dan setelah itu kamu dapat mengkonsumsinya secara berkala untuk mendapatkan khasiatnya.

Ramuan tersebut diklaim dapat mengatasi beberapa masalah seperti :
  1. Flu
  2. Demam
  3. Hidung tersumbat
  4. Reumatik atau nyeri sendi
  5. Diare
  6. Kembung
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membunuh kuman
  9. Mencegah peradangan
Selain itu adapun khasiat lainya yaitu dapat mengobati luka kulit, mencegah infeksi luka, meredakan peradangan kulit dan menghilangkan gatal. Caranya cukup remas daun sembung lalu oleskan pada bagian permukaan kulit yang bermasalah.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman sembung, sambung atau capo untuk tubuh. Tak disangka bukan? Tanaman liar yang kerap dianggap gulma ternyata mempunyai khasiat super.

Baca juga :

Namun bagi kamu yang ingin mencoba harap berhati-hati ya, terlebih untuk menggunakanya secara berkala atau jangka panjang. Pasalnya penelitian terhadap tumbuhan satu ini masih diperlukan lebih lanjut, terutama pengujian dampaknya bagi manusia.

Walaupun pemanfaatanya telah digunakan sejak lama, sudah sewajarnya kamu untuk waspada terhadap penggunaan secara sembarangan tanpa dosis dan takaran, terlebih lagi untuk kamu yang mempunyai beberapa riwayat kesehatan.

Baca terus informasi lainya di healty99.com untuk hal-hal menarik tentang tanaman.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i