CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Manfaat Dari Tanaman Liar Sembung (Blumea Balsamifera) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Ketahui Manfaat Dari Tanaman Liar Sembung (Blumea Balsamifera)


tanaman sembung, sambung, capo

Healty99 - Ada yang tahu dengan tumbuhan satu ini? Jika belum yuk kenalan lebih dekat. Di Indonesia biasanya dikenal dengan nama rumput sembung, capo alias sambung (blumea balsamifera). Yaitu spesies tumbuhan liar dari kelas Magnoliopsida yang diketahui masih satu family dengan Asteraceae.

Sembung atau capo diakatakan tanaman liar, karena sering tumbuh disembarang tempat. Contoh paling umum dapat dijumpai sekitaran kebun, pematang sawah, pingiran sungai, belukar serta beberapa lokasi yang memiliki suhu serta tanah lembab.

Umumnya sembung akan tumbuh subur pada ketingian 0 - 2000 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan tinggi batang mencapai hingga 4 meter.

Ia dikategorikan tanaman liar karena sifatnya yang mudah tumbuh, bahkan sangking mudahnya kebanyakan orang mencap sebagai gulma, karena bisa mengganggu tanaman budidaya disekitarnya.

Tetapi faktanya adapun beberapa orang membudidayakan atau menamnya berdalih untuk digunakan sebagai obat herbal.

Tanaman satu ini dianggap memiliki khasiat, terutama dalam mengobati beberapa masalah penyakit harian. Bahkan pengobatan menggunakan sembung sudah dilakukan sejak lama oleh beberapa masyarakat pedalaman, daerah dan nenek moyang sebagai obat tradisional sebelum mengenal jenis obat-obatan seperti sekarang.

Jika kamu ingin tahu apa saja manfaat tanaman sembung dan cara mengolahnya, baca sampai selesai ya. Namun sebelum itu kamu harus mengetahui ciri-cirinya, jangan sampai kamu salah mengambil tanaman sembung di alam.

Ciri khas tanaman sembung (blumea balsamifera) yaitu terdapat tekstur bergerigi pada pingiran daunnya, berwarna kehijauan dengan diselimuti bulu-bulu halus serta bagian ujung daun yang lancip.

Batang tanaman tidak terlalu keras, mengandung air yang cukup tinggi sehingga sangat mudah untuk di patahkan.

Kandungan Senyawa

Terdapat beberapa kandungan senyawa dalam akar dan daun tanaman yang diketahui yaitu zat Borneol, Limonene, Glukosida, zat Palmitin, Alkohol dan Diethyl Ether Pholoroacetohenone, Tanin serta Saponin.

Selain itu adapun beberapa kandungan lainnya yang bersifat antioksidan, antibakteri, antifungi bagi tubuh.

Manfaat dari tanaman Sembung

Letak pemanfaatan ada pada bagian daun dan akarnya, dan diketahui ada dua cara pengolahan yang bisa dilakukan. Pertama diolah secara langsung dengan direbus dan yang kedua dilakukan proses pengeringan terlebih dahulu dibawah terik matahari.

Namun keduanya sama saja, hanya proses pengeringan dilakukan agar dapat tahan lama dan bisa digunakan kapan saja.

Cara mengolah daun dan akar sembung mirip seperti teh hijau dan daun kumis kucing dimana daun dan batang diolah menjadi ramuan teh herbal.

Jika ingin mengunakan sebagai obat kamu cukup merebus akar dan daun dengan air sampai mendidih, tunggu hingga air rebusan berkurang separuh kemudian dinginkan sebentar.

Setelah itu kamu dapat mengkonsumsinya secara berkala 2 sampai 3 gelas sehari untuk mendapatkan khasiat.

Ramuan tersebut diklaim dapat mengatasi beberapa masalah seperti :

  1. Flu
  2. Demam
  3. Hidung tersumbat
  4. Reumatik atau nyeri sendi
  5. Diare
  6. Kembung
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membunuh kuman
  9. Mencegah peradangan

Selain itu adapun khasiat lain yang dipercayai yaitu dapat mengobati luka kulit, mencegah infeksi luka, meredakan peradangan kulit dan menghilangkan gatal.

Cara penggunaanya cukup remas daun sembung lalu oleskan pada bagian permukaan kulit yang bermasalah.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman seembung, sambung atau capo untuk tubuh yang bisa kamu ketahui.

Tak disangka bukan? Tanaman liar yang kerap dianggap gulma ternyata mempunyai khasiat super.

Namun bagi kamu yang ingin mencoba harap berhati-hati ya, terlebih untuk menggunakanya secara berkala dan jangka panjang. Pasalnya penelitian terhadap tumbuhan satu ini masih diperlukan lebih lanjut, terutama pengujian dampaknya bagi manusia.

Walaupun pemanfaatanya telah digunakan sejak lama, sudah sewajarnya kamu untuk waspada terhadap penggunaan secara sembarangan tanpa dosis dan takaran, terlebih lagi buat kamu yang memiliki riwayat kesehatan buruk, sedang mengkonsumsi obat atau ibu hamil dan menyusui.

Note : Semua yang terkandung di dalam artikel hanya untuk sebatas pengetahuan umum dan bukan saran medis.

Baca terus informasi lainya di healty99.com untuk hal-hal menarik tentang tanaman.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel