Ketahui manfaat dari tanaman liar sembung (Blumea Balsamifera)



Tahukah kamu dengan tumbuhan satu ini?

Di ketahui dibeberapa daerah di Indonesia biasa disebut dengan nama tumbuhan Sembung, Capo atau Sambung, tumbuhan sembung memiliki nama latin Blumea Balsamifera yang berasal dari kelas Magnoliopsida dan masih satu family dengan Asteraceae.

Sembung termasuk dalam kategori tumbuhan liar herbal yang menyimpan banyak khasiat, umunya habitat utama tumbuhan ini dapat di temui dengan mudah pada hutan, semak belukar, kebun, pingiran sungai atau tebing, bahkan disekeliling lingkunganpun terkadang dapat ditemui. Hidup subur pada ketingian 0-2000 meter diatas permukaan laut (mdpl) dengan tinggi tumbuhan dapat mencapai hingga 4 meter.

Ciri khas utama tumbuhan ini yaitu terdapat tekstur bergerigi pada pingiran daunya, serta bagian ujung daun yang lancip, memiliki batang yang tidak terlalu keras dengan kandungan air yang cukup tinggi sehingga mudah untuk di patahkan.

Tanaman sembung di kategorikan tanaman liar karena sifatnya yang mudah tumbuh disembarang tempat, bahkan sangking mudahnya tumbuh kebanyakan orang mencap sebagai gulma atau pengganggu tanaman lain.

Manfaat dari tanaman Sembung

Namun di balik itu semua tumbuhan ini menyimpan khasiat luar biasa yang tidak di ketahui oleh banyak orang, khasiat dari tanaman ini dapat mengobati beberapa penyakit ringan seperti flu, hidung tersumbat, demam, penyakit reumatik atau sendi, diare, kembung, mencegah infeksi luka pada kulit, sakit tulang, dapat memperlancar peredaran darah, mengobati peradangan, serta membunuh kuman dan bakteri.


Tidak di sangka bukan, tumbuhan yang biasa di anggap gulma alias pengganggu menyimpan banyak khasiat di dalamnya yang baik untuk tubuh. Bagian tumbuhan yang di gunakan yaitu terletak pada daun dan akarnya. Kamu dapat menggunakan secara langsung ataupun melalui proses pengeringan terlebih dahulu, biasanya agar lebih awet dan dapat di gunakan dalam waktu yang lama akar sembung di keringkan terlebih dahulu dengan cara mejemurnya di bawah terik matahari.

Baca juga :

Jika ingin mengunakan sebagai obat kamu cukup merebus akar dan daun dengan air sampai mendidih, tunggu hingga air rebusan berkurang separuh kemudian dinginkan sebentar, setelah itu kamu dapat mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan khasiat. Pengobantan menggunakan tumbuhan ini sudah dilakukan dan di percaya sejak dahulu oleh masyarakat pedalaman dan nenek moyang sebagai obat tradisional sebelum adanya obat-obatan seperti sekarang.

Kandungan senyawa

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat dalam akar dan daun tanaman sembung diketahui yaitu zat Borneol, Limonene, Glukosida, zat Palmitin, Alkohol dan Diethyl Ether Pholoroacetohenone, Tanin serta Saponin.

Klasifikasi tanaman

Nama. : Sembung, Sambung, Capo
Nama ilmiah. : Blumea balsamifera
Ordo. : Asterales
Famili. : Asteraceae
Genus. : Blumea 
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i