Akar rempelas sebagai obat mules?



Tahukah kamu dengan akar rempelas?

Rempelas ( Tetracera Scandes ) atau dibeberapa daerah di Indonesia biasa disebut dengan sempalas, mempelas, akar putih, akar pelas, ampelas oyod dan daun api. Merupakan tumbuhan peredu yang menjalar dengan rambatan dapat mencapai 6 meter bahkan lebih.

Tumbuhan rempelas biasanya dapat ditemui pada habitat hutan sekunder, semak blukar dan pinggiran tebing pada dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl.
Hal yang unik dari tumbuhan rempelas yaitu batangnya yang hanya sebesar lengan orang dewasa dan jika dipotong maka akan mengeluarkan air bening.

Nah,,  air tersebut dapat diminum tentunya jika sedang kehausan di dalam hutan. Untuk rasanya memang agak sedikit sepet namun cukup untuk melepas dahaga.

Pada bagian daun muda atau ujung tangkai daun di selimuti bulu - bulu kecil yang kasar dan hampir tak terlihat secara kasat mata. Jika kamu tanpa sengaja tersandung atau tersangkut ( bergesek kuat)  dapat menyebabkan iritasi atau luka lecet pada area kulit serta akan terasa panas jika tidak terbiasa.

Untuk pemanfaatan secara spesifik belum diketahui namun masyarakat rimba umunya menggunakan bagian tumbuhan ini untuk mengatasi masalah mules ( sakit perut) dan luka.

Bagian tumbuhan yang digunakan yaitu air pada batang dan daunya, untuk sakit perut airnya langsung Diminum ditempat ( ditegak dari batangnya), sedangakan untuk luka ambil beberapa helai daunya kemudian remas atau tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada bagian kulit.

Baca juga :
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i