CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal tanaman Akar Kancil (Smilax zeylanica), dan manfaat yang di dapat. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal tanaman Akar Kancil (Smilax zeylanica), dan manfaat yang di dapat.

Smilax zeylanica

Smilax zeylanica

Atau biasa di sebut dengan nama akar kancil, gadung cena, kasina atau gadung cina. Merupakan jenis tumbuhan liar menjalar/melata pada permukaan tanah yang umumnya dapat di temui tumbuh subur pada habitat hutan skunder.

Jika kamu orang yang suka berpetualang di hutan, mungkin saja kamu dapat menemukannya dengan mudah. 

Akar kancil memiliki ciri-ciri bentuk daun lonjong dengan ujung yang lancip, panjang sekitar 10 - 12 cm, terdapat ruas daun (tulang daun) yang berjejer rapi, warna daun hijau, memiliki bunga yang majemuk. 

Batang pohon smilax zeylanica berkayu yang tidak terlalu keras, mempunyai biji dengan ukuran kecil-kecil pada bagian tangkai ketiak daun dengan ukuran biji (buah) sekitar 0,2 - 0,5 cm, sedangkan akarnya tanaman ini memiliki tekstur berserabut.

Pemanfaatan akar kancil

Tumbuhan akar kancil merupakan termasuk dalam kategori tanaman herbal yang kaya manfaat, beberapa para pakar peneliti Indonesia telah membuktikan bahwa bagian akar dari smilax zeilanica dapat mengatasi beberapa masalah penyakit di antaranya seperti.

  1. Masalah sendi dan rematik.
  2. Merilekskan otot dan rasa pegal.
  3. Mengatasi kencing nanah dan disentri.
  4. Masalah peluruh kencing (diuretik).
  5. Besifat Antitoksik, antiradang, antibiotik, antirematik dan antikanker.
  6. Melancarkan salurkan kencing dan ganguan ginjal.

Baca juga : Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan.

Smilax zeylanica

Penggunaan akar kancil memang sudah di lakukan oleh beberapa masayakat jaman dahulu, mereka memanfaatkan bagian akar tumbuhan untuk di jadikan obat herbal untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Cara pengolahanya yaitu akar di cuci bersih kemudian di rebus dengan air hingga mendidih, lalu di konsumsi secara rutin pada orang yang sakit.

Kandungan senyawa

Untuk kandungan akar kancil di ketahui hampir sama halnya dengan beberapa tanaman herbal sejenis, yaitu seperti kandungan polifenol, alkaloid, tanin, dan saponin.

Kandungan yang paling penting ialah senyawa polifenol, karena diketahui senyawa ini bertidak hampir sama dengan atioksidan.

Selain diklaim mampu mengatasi kerusakan sel-sel tubuh dan meregenerasi, polifenol juga mampu mencegah paparan radikal bebas yang akan berdampak buruk bagi tubuh.

Mengingat khasiatnya yang besar tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi dalam peroses pembuatan ramuan akar terkadang sedikit sulit di lakukan, lagi pula untuk mencarinya pohonya di perlukan waktu tidak sebentar karena tumbuh dihutan liar. 

Selain itu dalam penggunaan obat herbal tanaman satu sebaiknya lebih berhati-hati, terlebih jika kamu tidak mengetahui berapa jumlah takaran dan penggunaan dosis yang aman bagi tubuh.

Baca juga : Kayu Ular Dari Papua Yang Banyak Manfaat

Note : Artikel yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk sebatas pengetahuan umum dan bukan sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel