Mengenal tanaman Akar Kancil (Smilax zeylanica), dan manfaat yang di dapat.

Smilax zeylanica

Smilax zeylanica

Atau biasa di sebut dengan nama akar kancil, gadung cena, kasina atau gadung cina. Merupakan tumbuhan liar yang hidup menjalar pada permukaan tanah, umunnya tumbuhan akar kancil dapat di temui hidup subur pada habitat hutan skunder.

Jika kamu berpetualang di hutan mungkin saja kamu dapat menemui tumbuhan tersebut. Akar kancil memiliki ciri-ciri bentuk daun lonjong dengan ujung yang lancip, panjang sekitar 10-12 cm, terdapat ruas daun (tulang daun)  yang berjejer rapi, warna daun hijau, memiliki bunga yang majemuk. Batang Pohon Smilax Zeylanica  berkayu yang tidak terlalu keras, mempunyai biji dengan ukuran kecil-kecil pada bagian tangkai ketiak daun dengan ukuran biji (buah) sekitar 0,2-0,5 cm, untuk akarnya tanaman ini memiliki tekstur berserabut.

Pemanfaatan Akar Kancil. 

Tumbuhan akar kancil merupakan termasuk dalam kategori tanaman herbal yang kaya manfaat, beberapa para pakar peneliti Indonesia telah membuktikan bahwa bagian akar dari tumbuhan Smilax Zeilanica dapat mengatasi beberapa masalah penyakit di antaranya seperti.
  1. Masalah sendi dan rematik. 
  2. Merilekskan otot dan rasa pegal. 
  3. Mengatasi kencing nanah dan disentri.
  4. Masalah peluruh kencing (diuretik).
  5. Besifat Antitoksik, antiradang, antibiotik, antirematik dan antikanker.
  6. Melancarkan salurkan kencing dan ganguan ginjal.

Baca juga : Manfaat daun kenikir untuk kesehatan. 

Smilax zeylanica

Penggunaan Akar Kancil sudah di lakukan oleh beberapa masayakat jaman dahulu, mereka memanfaatkan bagian akar tumbuhan untuk di jadikan obat herbal, cara pengolahanya yaitu akar di cuci bersih kemudian di rebus dengan air hingga mendidih lalu di konsumsi secara rutin pada orang yang sakit.

Kandungan senyawa. 

Untuk kandungan Akar Kancil di ketahui hampir sama halnya dengan beberapa tanaman herbal lainya seperti kandungan Polifenol, Alkaloid, Tanin, dan Saponin.

Kandungan yang paling penting ilahan senyawa Polifenol, di ketahui senyawa Ini bertidak hampir sama dengan Atioksidan, selain mampu mengatasi kerusakan sel-sel tubuh dan meregenerasi, Polifenol juga mampu mencegah paparan radikal bebas yang akan berdampak buruk bagi tubuh.

Mengingat khasiatnya yang besar, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun untuk memproses pembuatan ramuan Akar Kancil sedikit sulit di lakukan dan lagi pula untuk mencarinya pohonya di perlukan waktu. Dalam penggunaan obat herbal tanaman sebaiknya lebih berhati-hati jika tidak mengetahui jenisnya, karena yang di takutkan ialah jumlah takaran dan penggunaan dosis yang belum di ketahui pasti.

Baca juga : Kayu ular dari Papua yang banyak manfaat. 

Jika ada keraguan dalam menggunakanya. Lebih baik memilih obat-obatan yang telah di jual di pasaran, selain mudah di dapat kandunganya juga sudah di teliti sehingga sesuai kebutuhan.
Buka Komentar

0 Response to "Mengenal tanaman Akar Kancil (Smilax zeylanica), dan manfaat yang di dapat."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i