Ini Dia Fungsi Oli Pelumas Pada Kendaraan Bermesin.

Pelumas mesin vario

Oli mesin

Oli mempunyai peranan penting di setiap kendaraan yang bermesin dan hampir semua jenis mesin yang menggunakan bahan bakar memiliki ruang pelumasnya masing-masing. Selain menjaga agar part atau komponen di dalamnya supaya lebih awet ternyata oli juga mempunyai peranan lain yang tak banyak di ketahui orang-orang. 

Contoh paling banyak kita temui yaitu saat mengganti oli kendaraan mobil dan motor, yang mana telah menjadi rutinitas. Lantas mengapa kita harus mengganti oli pelumas sesuai buku panduan dari pabrik.? Pergantian oli mesin di lakukan secara rutin berguna untuk meningkatkan performa kendaraan selain itu pelumas yang telah melewati masa waktu pakai sudah tidak dapat berfungsi secara maksimal di karenakan daya perlindungan, kekentalan dan mineral yang terkandung sudah berkurang.

Pemilihan oli pelumas untuk kendaraan kamu juga harus di perhitugkan dan jangan sembarangan contohnya jika kamu sering berpergian jauh pastikan gunakan oli pelumas yang mempunyai daya tahan panas dan ke kentalan yang baik. Jika salah pilih maka dapat mempengaruhi terhadap umur pemakaian kendaraan.

Berikut beberapa fungsi oli pelumas pada kendaraan bermesin.


1. Mengurangi gesekan. 

Oli yang baik mampu mengurangi gaya gesek antara kedua permukaan. Pasanlnya setiap komponen di dalam mesin memiliki tugasnya masing-masing dan semua saling bergerak dan bergesekan, mulai dari bearing, conecting rood,  piston, gear rasio, kopling dan masih banyak lagi.

Bayangkan setiap komponen besi tersebut saling bergesekan tanpa adanya pelumasan, dalam jangka waktu sebentar saja maka komponen akan aus dan rontok. Itulah pentingnya harus menganti secara rutin oli mesin agar dapat menjaga daya tahan komponen di dalamnya.

2. Menyalurkan panas. 

Fungsi oli mesin selanjutnya yaitu menyalurkan dan meratakan dengan cepat suhu panas pada mesin ke area lain, hal ini di lakukan agar kinerja kendaraan tetap stabil dalam penggunaan.

3. Sebagai pendingin mesin.

Beberapa kendaraan bermotor memang telah di bekali dengan pendingin tambahan seperti Radiator samping dan oil Cooler bawaan dari kendaraan itu sendiri.

Lantas bagaimana dengan kendaraan tanpa Radiator dan pendingin lainya?

Nah di sinilah peranan oli selanjutnya sebagai pendingin, kerja oli pelumas di dalam mesin selalu bergerak melalui sela-sela lubang yang telah di buat sebagai jalur atau biasa disebut jalur pompa oli, nah jalur tersebut akan mengarahkan oli kedepan mesin lalu kemudian mengalir kembali ke belakang dan akan terus berulang selama mesin dihidupkan.

Oli tersebut akan mendinginkan bagian mesin yang panas akibat gesekan dan pembakaran mesin, sehingga overheating dapat di hindari.

4. Mencegah terjadinya goresan.

Goresan pada beberapa bagian komponen dalam mesin sangat fatal tentunya terutama pada bagian liner dan piston, yang mana jika dalam waktu yang lama dapat membuat lecet atau goresan sehingga mengakibatkan kendaraan mengeluarkan asap putih dari kenalpot.

Bahkan goresan yang hanya sehelai rambut pun sudah terbilang besar.

5. Pembersih dalam ruang mesin. 

Oli pelumas yang baik mampu membersihkan sisa plak besi atau serbuk halus besi hasil dari gesekan. Hal ini dilakukan agar tidak menggangu kinerja kendaraan serta menjaga komponen agar lebih awet dan tahan lebih lama.

6. Mengurangi bunyi.

Oli mesin dapat mengurangi bunyi memanglah benar, itulah mengapa saat baru menganti oli mesin dengan yang baru akan terdengar lebih halus dan tarikan lebih ringan. Hal itu di karenakan kandungan mineral yang terdapat pada oli pelumas mampu meredam getar dan bunyi hasil dari gesekan, sehingga mampu menjaga daya tahan komponen mesin.

Itulah beberapa fungsi dari oli pelumas mesin pada kendaraan bermesin.
Buka Komentar

0 Response to "Ini Dia Fungsi Oli Pelumas Pada Kendaraan Bermesin. "

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i