Jangan Asal Lepas Bandul Stang Motor.

Bandul stang
Balance stang

Bandul stang.

Pastinya kamu menyadarinya bukan, adanya benda kecil keras yang terletak di pinggiran stang kemudi pada sepeda motor. Yap, benda tersebut biasa di kenal dengan bandul stang atau balance stang, umunya terbuat dari palastik atom yang keras ataupun besi. 

Nah tahukah kamu benda satu ini mempunyai peranan yang penting dan sering di anggap sepele oleh sebagian orang. Kebanyakan anak muda mencopot komponen tersebut atau menggantinya dengan barang variasi, entah hanya sekedar untuk gaya-gayaan atau mempercantik kendaraan.

Perlu kamu ketahui bahwa tiap-tiap tipe kendaraan mempunyai balance atau bandul yang berbeda-beda contohnya seperti motor sport, motor matic dan bebek, masing-masing mempunyai ukuran dan berat yang berbeda-beda. Berat dan ukuran tersebut sengaja di tetapkan dan di sesuaikan oleh pabrikan sebagai standar dari kegunaanya. Selain itu bandul tersebut memiliki fungsi tersendiri pada kendaraan.

Berikut beberapa fungsi dari bandul atau balance stang motor. 


1. Sebagai peredam.

Peredam di sini bermaksud untuk menstabilkan stang motor agar tidak terlalu bergetar saat di bawa kemudi akibat permukaan jalan yang tidak rata. Memang tidak terlalu berpengaruh akan tetapi nampak perbedaan yang akan di rasakan.

2. Menjaga stang kemudi dari hantaman atau benturan.

Dengan adanya bandul dapat membuat stang motor memantul dan tidak mudah tersangkut karena bentuknya yang budar. Selain hantaman yang terjadi pada stang motor dapat di redakan, sehingga posisi kepala motor tidak pengkang atau miring.

4. Menjaga agar body motor tidak lecet.

Bandul stang juga mampu menahan gesekan saat kondisi sepeda motor kamu terjatuh atau terseret, dengan begitu kap body kendaraan kamu tidak menerima benturan secara langsung yang mampu membuatnya pecah.

5. Menjaga keseimbangan saat mengemudi.

Terlepas dari sugesti atau tidak namun kebanyakan orang akan merasa berbeda saat melepas bandul pada stang motor mereka, beberapa mengatakan lebih terasa ringan saat di kendalikan. Jika di hitung dengan ukuran beratnya ada benarnya juga, namun jika kamu lebih penasaran cobalah untuk melepasnya.

Itulah beberapa fungsi dari bandul stang atau balance stang pada kendaraan sepeda motor.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i