CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Tumbuhan Lelendingon (Curculigo Latifolia) Serta Kegunaanya. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal Tumbuhan Lelendingon (Curculigo Latifolia) Serta Kegunaanya.

Lelendingon

Leledingon.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Curculigo Latifolia merupakan termasuk jenis tanaman herbal yang banyak di budidayakan untuk di manfaatkan bagian akarnya. Mungkin sebagian dari kamu ada yang tidak mengenal dengan tumbuhan satu ini karena memang tidak di semua bagian Indonesia di tumbuhi Lelendingon. Di ketahui tumbuhan dari genus Curculigo ini di temukan pada tahun 1788 dan hidup pada kawasan daerah yang beriklim tropis sperti Amerika, Asia, Afrika dan Australia.

Ciri spesifik dari tumbuhan ini ialah mempunyai daun yang lebar dan panjang, terdapat garis atau ruas lurus pada daun. Selain itu tumbuhan ini juga memiliki buah yang berukuran kecil bulat serta pucuk bunga yang berwarna kuning saat mekar. Oh ya, buahnya dapat di konsumsi secara langsung saat sudah matang, rasa buah akan terasa manis dan sedikit ke asam.

Pemanfaatan tumbuhan Lelendingon.

Akar dari tumbuhan Leledingon banyak di gunakan dalam industri obat-obatan karena mempunyai khasiat yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, tentunya setelah di lakukan extraksi oleh mesin-mesin canggih. Nah, bagi kamu orang yang sedang mengalami nafsu makan menurun atau susah makan cobalah untuk mengkonsumsi akar tanaman satu ini.

Pengolahanya dengan cara mengambil setangkai lalu bersihkan dari tanah dengan air, potong batang bohonya dan ambil akar mudanya. Kemudian rebus akar hingga mendidih, setelah itu tunggu air rebusanya berkurang separuh. Kamu dapat menggunakan air rebusan tumbuhan ini sebagai obat alternatif, sebenarnya tak hanya harus tumbuhan Lelendingon saja jika hanya untuk menambah nafsu makan, beberapa tanaman lain seperti kunyit dan kurkumin juga ampuh untuk meningkatkan nafsu makan.

Di ketahui kandungan senyawa yang terdapat pada akar Leledingon meliputi polifenol, saponin, alkaloid, bufadienol, flavonoid, cardenolin, antarquinon dan tanin.

Sumber : wikipedia, bukit duabelas
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel