CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Belimbing Wuluh Secara Maksimal. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Belimbing Wuluh Secara Maksimal.

Belimbing wuluh


Belimbing wuluh 

Atau biasa di sebut dengan belimbing sayurdi ketahui awalnya belimbing wuluh berasal dari daerah kepulauan Maluku, kemudian menyebar dan banyak di budidayakan pada kawasan Asia, khusunya Asia Tenggara. Yang khas dari buah belimbing wuluh ialah memiliki rasa asam yang luar biasa hingga menyamai buah jeruk nipis dan lemon.

Umunya belimbing wuluh hanya di gunakan dalam bumbu masakan, rasa asam buahnya yang khas dapat membuat masakan lebih nikmat dan berbeda, tentu tidak semua jenis makanan yang dapat dicampur dengan buah ini, hanya beberapa masakan seperti pindang, ikan bakar dan masakan khas tradisional daerah.

Tak hanya sebagai campuran masakan, belimbing wuluh pun dapat diolah menjadi cemilan dan minuman contohnya seperti kismis dan sirup. Ingin tahu cara pengolahanya berikut dibawah ini.

Cara mengolah Belimbing wuluh menjadi kismis.
  1. Siapkan belimbing wuluh segar, cuci bersih kemudan potong kecil-kecil sebesar dadu.
  2. Rendam sebentar dengan air kapur, hal ini dilakukan guna untuk supaya tekstur daging buah tidak hancur saat nanti dimasak.
  3. Cairkan 250 gr gula pasir, tambahkan vanili bubuk 1/2 sendok teh dan air 300 ml.
  4. Tambahkan satu helai daun pandan dan pewarna makanan kuning agar lebih wangi serta lebih berwarna nantinya.
  5. Kemudain masukan potongan buah belimbing tadi, masak sambil di aduk hingga air rebusanya berkurang jauh (mengental) gunakan api sedang agar gula tidak gosong.
  6. Setelah itu angkat potongan belimbing tadi kemudian dan tiriskan sebentar airnya. Untuk mengerikanya kamu dapat menjemurnya di bawah terik matahari selama 3 atau 4 hari tergantung cuaca, jika kamu ingin lebih cepat dapat kamu keringkan di dalam oven panggang.
  7. Nah.. sisa air rebusanya tadi jangan kamu buang karena dapat kamu gunakan untuk selai roti atapun minuman.
Diketahui dalam buah belimbing wuluh mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya terdapat 32 kal, 7 gr karbohirat, 0.4 protein, 52 mg vitamin C, vitamin A dan B, selain itu terdapat juga beberapa mineral penting seperti fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita ketahui Kandungan vitamin C dalam buah belimbing wuluh sangat tinggi di bandingkan dengan zat penyusun lainya dan tanpa kita ukurpun kita sudah bisa mengetahuinya dengan rasa asam yang di milikinya.

Berikut beberapa manfaat dari buah belimbing yang di percaya dapat mengatasi beberapa masalah penyakit diantaranya :

1. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Tahukah kamu tanpa di sadari dengan mengkonsumsi belimbing wuluh dapat mencegah dan mengatasi seseorang dari penyakit darah tinggi dan stroke. Cara mengkonsumsinya tak harus di makan mentah, ambil beberapa buah belimbing kemudian potong menjadi dua lalu rebus sebentar hingga air mendidih, nah,, air rebusanya inilah yang di ambil dan di konsumsi secara rutin per hari untuk menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah demam, pilek dan batuk.

Selain dapat mengatasi penyakit darah tinggi, air rebusanya juga dapat mengobati demam, filek dan batuk, hal ini karena kandungan senyawa yang ada di dalam buah belimbing dapat mengatasi beberapa masalah seperti peradangan dan mampu memperkuat daya tahan tubuh terhadap cuaca hingga serangan penyakit.

Nah bagi kamu yang sedang demam, filek atau batuk cobalah untuk meminum air rebusan belimbing wuluh sebagai alternatifnya.

3. Mengobati penderita diabetes.

Pengobatan diabetes dengan mengkonsumsi air rebusan buah belimbing wuluh terbukti cukup ampuh, memang efeknya tidak secara langsung akan tetapi secara bertahap kandungan gula dalam darah akan berkurang selama rutin mengkonsumsinya. Cobalah untuk mengkosumsinya sebagai obat alami paling tidak dua kali sehari saat pagi dan malam hari agar mendapatkan hasil yang di inginkan.

4. Menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Mineral yang terkandung didalam buah belimbing seperti kalsium, fosfor dan vitamin C sangat berguna untuk pertumbuhan tulang, sendi dan gigi. Seiring bertambahnya usia tentunya kekuatan tulang pasti sudah mulai berkurang. Nah, jika kamu sedang mengalami seperti sakit saat bergerak atau sendi nyeri cobalah sesekali mengkonsumsi air rebusan belimbing tak perlu banyak cukup sehari satu kali saat pagi hari sudah cukup. 

Jika pengobatan alami cara ini tidak berhasil dalam beberapa hari kedepan harap tidak untuk di lakukan kembali.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Belimbing wuluh juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah terkena serangan penyakit, kandungan vitamin A, B, dan C nya mampu membuat tubuh kamu lebih aktif dan kebal terhadap serangan virus, bakteri dan kuman penyebab flu dan peradangan. Tunggu apa lagi.!

6. Mengobati luka dan sariawan.

Dengan mengkonsumsi buah belimbing wuluh kamu juga dapat mengatasi masalah seperti luka pada kulit, sariawan dan panas dalam. Vitamin  C yang terkandung dalam buah dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yang mana kalogen merupakan sumber protein yang di butuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak seperti sariawan, panas dalam, peradangan, memperbaiki kulit keriput dan menyembuhkan luka.

Belimbing wuluh

Satu lagi yang harus kamu ketahui, penggunaan buah belimbing wuluh tak hanya dari mengkonsumsinya saja, kamu juga bisa menggunakan pemanfaatanya dari luar tubuh, bentuk pengunaanya dapar berupa masker dan perawatan kulit lainya.

Baca juga : Biji duku yang dapat di jadikan obat penyakit.

Berikut beberapa manfaat yang akan di dapat dari penggunaanya pada kulit. Tapi sebelum itu bagi kulit kamu yang sensitif harap tidak menggunakan cara yang satu ini, karena dapat menyebakan iritasi dan perih nantinya.
  1.  Mencerahkan kulit wajah.
  2.  Mengangkat sel-sel kulit mati.
  3.  Mengatasi kulit kapalan pada tumit, tangan dan area lainya.
  4.  Menghilangkan luka kusam atau bekas koreng.
  5.  Mencerahkan kulit belang pada area dengkul dan siku.
  6.  Mengencangkan kulit dan membuatnya menjadi elastis.
  7.  Mengurangi keripu pada area wajah.
  8.  Mencegah penuaan dini.
  9.  Menghilangkan jerawat ( jika terlalu pedih stop pengguanya)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i