CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 6 Manfaat buah bacang bagi kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

6 Manfaat buah bacang bagi kesehatan

Bacang/macang dengan nama latin Mangifera Foetida Louri, merupakan tumbuhan yang masih satu kerabat dengan keluarga mangga. Bentuk pohonya pun hampir sama, berbatang besar dengan tinggi dapat mencapai 35 meter, serta berdaun rimbun.

Bentuk buah bacang hampir bulat sempurna, berwarna hijau kekuning - kuningan dengan bintik coklat pada kulitnya. Hal yang paling khas dari bacang yaitu buahnya mengeluarkan aroma yang menyengat saat telah matang sempurna, aromanya bahkan dapat menyamai kuat dengan buah kueni dan durian.

Hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi buah bacang ialah bagian getahnya. Pasalnya jika getahnya tidak dibersihkan dengan sempurna dapat menyebabkan gatal pada area bibir, bengkak - bengkak dan rasa terbakar. Bahkan getah segarnya yang berasal dari batang pohon dapat membuat kulit melepuh dan mengelupas seperti terbakar.

Tips membersihkan buah bacang dan menghindari getahnya cukup mudah, kamu hanya perlu mengupas kulitnya dengan sarung tangan (pelapis lainya) dan cuci bersih buahnya dengan air mengalir. Hindari mengkonsumsi secara langsung tanpa mencuci atau mengerogoti buahnya.

Beberapa olahan yang sering dibuat dari buah bacang diantaranya :

Buahnya yang telah matang sempurna biasanya dibuat jus, campuran minuman segar, es buah, puding dan sup buah.
Sedangkan untuk buah mudanya dipotong - potong kecil kemudian direndam air garam setelah itu baru dapat diolah menjadi rujak ataupun manisan.

Diketahui nilai gizi yang terkandung didalam 100 gram buah bacang terdapat 98 g kalori, 73% air, 1.4% protein, vitamin C serta terdapat juga kandungan antioksidan. Cocok buat kamu yang sedang menjalankan program diet.

Berikut beberaa manfaat yang baik untuk tubuh dari buah bacang diantaranya :

1. Mencegah sementara Dehidrasi

Buah bacang mengandung sekitar 73% air, cukup untuk mengantikan mineral tubuh yang hilang, memang tidak terlalu banyak tapi cukup untuk mengantikan sementara menjelang kamu mendapatkan air untuk diminum.

Dengan mengkonsumsi dua buah bacang kamu sudah dapat mencegah dehidrasi setengah hari, tapi ingat cuma sementara dan tetap sumber mineral tubuh yang baik dibutuhkan adalah air putih.

Baca juga :


2. Baik untuk program diet

Manfaat selanjutnya yaitu buah bacang bisa membantu menyukseskan program diet yang sedang kamu jalani. Kandugan kalori yang rendah dapat menjadi alternatif pangan dari buah - buahan selagi kamu bosan dan dampak yang diberikan pun dapat mencegah berat badan kamu agar tidak naik secara drastis.

3. Baik untuk pencernaan

Yang kita ketahui buah mangga dan jenis lainya mengandung serat yang tinggi, dan hal yang sama juga ada pada buah bacang.  Serat pada buah sangat baik untuk pencernaan terutama dalam menjaga kesehatan usus, selain itu bagi kamu yang susah buang air besar cobalah untuk mengkonsumsi buah bacang paling tidaknya satu buah perhari.

Dengan mengkonsumsi bacang secara rutin kamu sudah mencegah penumpukan lemak jahat dan kotoran pada usus sehingga mencegah kenaikan berat badan.

4. Menjaga fungsi otak

Mengkonsumsi buah bacang dipercaya dapat menjaga dan merawat fungsi otak, tak hanya itu kandungan yang terdapat pada dalam buah bacang juga mampu mencegah penyakit tumor, alzheimer serta sekaligus meningkatkan kinerja otak.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Manfaat buah bacang untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh.  Kandungan Vitamin C nya dan antioksidan yang cukup tinggi dapat mencegah tubuh terpapar radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.
Selain itu Vitamin C yang terkandung juga dapat meregenerasi sel - sel tubuh yang rusak sekaligus mencerahkanya.

Dengan mengkonsumsi satu buah bacang perhari sudah cukup menutupi kebutuhan harian Vitamin C kamu loh. Tunggu apa lagi.

6. Baik untuk ibu hamil

Saat ibu mengandung sangat disarankan untuk memperbanyak asupan nutrisi, guna untuk menjaga kesehatan dari si ibu dan bayi yang dikandungnya.

Jangan sampai si kecil kesayangan kekurangan nutrisi dari buah - buahan saat masih dalam kandungan, karena dapat berpengaruh terhadap masa pertumbuhanya, cukup mengkonsumsi dua hari sekali sudah cukup dan jangan berlebihan.

Baca juga :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i