CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Fakta Mengejutkan dari Kayu Ular Papua - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Fakta Mengejutkan dari Kayu Ular Papua

gambar kayu ular papua

Healty99 - Kayu ular, eits nama tersebut tidak ada hubunganya dengan hewan ular loh, yaitu merupakan salah satu jenis batang pohon yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam masalah penyakit.

Apa Itu Kayu Ular ?

Kayu ular merupakan penyebutan untuk pohon dengan nama latin Strychnos Lucida, salah satu tumbuhan yang berasal dari daerah dataran Papua dan sekitarnya.

Secara umum pohon dapat ditemukan dan paling banyak tumbuh pada daratan kering dekat pantai, hutan bebatuan kering dan hidup secara bertumpuk atau bergerombol

Ditemukan pada tahun 1910 oleh masyarakat Papua sendiri dengan rata-rata pohon dapat mencapai tinggi hingga 15 meter dari permukaan tanah.

Ciri khas kayu ular ialah pada bagian batang kayu dari pohon sangat keras dan tidak mudah patah, serta tidak mempunyai lendir getah.

Selain itu memiliki rasa yang unik yaitu akan terasa pahit saat emut (dipermukaan lidah) dan akan hilang secara berkala, akan tetapi jika serpihan kayu ular di campur dengan air gula atau madu maka rasa pahitnya akan makin bertambah.

Kalo kamu ingin mendapatan kayu ular, kamu dapat membelinya pada toko online, biasanya dijual sudah dalam bentuk kering dan di potongan kecil-kecil lalu di bungkus dengan kemasan plastik.

Kandungan kayu ular dan manfaat

Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam kayu ular telah diketahui yaitu alkaloid (brusina, striknina), tannin < 1% dan steroid/triterpenoid (saponin).

Kayu ular banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat tradisional untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan baik luar maupun dalam tubuh.

Sebagai contoh kayu ini memiliki manfaat dalam meningkatkan nafsu makan, rematik, sakit perut, bisul, kurap, penyakit malaria, demam, radang kulit bernanah, serta mengatasi gula darah.

Bahkan tidak sampai disitu saja, khasiat lainnya juga diklaim dapat menyembuhkan penyakit diabetes mellitus dan gula darah.

Memang tidak banyak yang mengetahui tentang kayu ular dan manfaatnya untuk kesehatan, hanya masyarakat Papualah yang pertama mengetahuinya dan masih digunakan hingga sekarang sebagai obat tradisional.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara mongkonsumsinya, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama kayu ular diolah dengan direbus yang kemudian airnya dikonsumsi, kedua di serut dan serpihan di emut seperti permen.

Sedangkan untuk penggunaan luar tubuh kayu di serut lalu ditambahkan sedikit air, kemudian di oleshkan pada bagian tubuh. Biasanya ini untuk mengatasi bisul, memar, jerawat, gatal-gatal dan ruam pada kulit.

Nah itulah pembahasan mengenai kayu ular papua yang bisa kamu ketahui. Semoga sedikit banyak informasi bisa menambah pengetahuan kamu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel