Fakta mengejutkan dari kayu ular Papua




Kayu ular, eits nama tersebut tidak ada hubunganya dengan hewan ular loh merupakan salah satu jenis batang tumbuhan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam masalah penyakit.

Sebenarnya apa sih itu kayu ular ?

Pohon Kayu ular atau dengan nama latin Strychnos Lucida merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah dataran Papua dan sekitarnya. Tumbuhan tersebut ditemukan pada tahun 1910 oleh masyarakat Papua sendiri, umunya tumbuh pada daratan kering dekat pantai, hutan bebatuan kering dan hidup secara bertumpuk atau bergerombol. 

Pohon kayu ular dapat tumbuh tinggi hingga sekitar 15 meter dari permukaan tanah, bagian batang kayu dari pohon ini sangat keras dan tidak mudah patah, serta tidak mempunyai lendir getah.

Kayu ular memiliki rasa yang unik yaitu akan terasa pahit saat emut dilidah dan akan hilang secara berkala, akan tetapi jika serpihan kayu ular di campur dengan air gula atau madu maka rasa pahitnya akan makin bertambah. Kalo kamu ingin mendapatan kayu ular, kamu dapat membelinya pada media online, biasanya dijual sudah dalam bentuk kering dan di potongan kecil-kecil lalu di bungkus dengan kemasan plastik,

Kandungan senyawa kayu ular papua.

Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam kayu ular telah diketahui yaitu Alkaloid (brusina, striknina), Tannin < 1%, Steroid/ Triterpenoid (Saponin). Kayu ular banyak di gunakan untuk bahan obat tradisional salah satunya dapat penambah nafsu makan, masalah rematik, sakit perut, bisul, kurap, penyakit malaria, demam, radang kulit bernanah, dan mengatasi gula darah, khasiat kayu ular juga sebagai tumbuhan obat tradisional yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes mellitus.

Baca juga :

Tak banyak yang mengetahui tentang kayu ular dan manfaatnya, hanya masyarakat Papualah yang pertama mengetahuinya dan masih digunakan hingga sekarang sebagai obat tradisional.
Cara mongkonsumsinya dapat dengan menyerut kayu ular dan di rebus atau langsung di emut, sedangkan untuk luka kulit (bisul) bisa dengan menumbuk dan mengoleskanya ke area luka.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i