CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Wow, khasiat dari sereh yang tak disangka banyak orang. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Wow, khasiat dari sereh yang tak disangka banyak orang.

Healty99 - Sereh atau serai siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan satu ini, terutama pada kalangan yang suka memasak? Serrai merupakan tumbuhan anggota dari suku rumput-rumputan yang sering manfaatkan sebagai bumbu dapur, penyedap sekaligus mengharumkan masakan serta minyak.

Terlepas dari itu semua, tahukah kabu bahwa serai sendiri adalah salah satu tanaman yang tidak disukai nyamu? Ini karena didalam batang sereh terdapat senyawa sitronela, yaitu minyak esensial beraroma yang khas.

Fakta lainnya ialah ekstrak dari daun serai berupa minyak juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Nah, buat kamu yang penasaran? Simak dibawah ini sampai selesai.

Kandungan senyawa

Adapun beberapa senyawa yang terkandung di dalam tanaman sereh berupa.

Sitronelal, geraniol, sitronelol, geranil asetat, sitronelil asetat, citral dan geranial.

Senyawa lainnya berupa sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, dan kamfen.

Manfaat Mengkonsumsi Serai/Sereh

Selain dapat mengusir nyamuk dan bumbu penyedap pada masakan, berikut beberapa manfaat kesehatan dari sereh yang bisa kamu ketahui.

1. Anti peradangan

Serai mengandung senyawa citral dan geranial, senyawa tersebut keterkaitan dengan infeksi karena dapat membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu yang ada di dalam tubuh.

Dengan sifat serrai yang anti peradangan tersebut, sehingga memungkinkan bisa mencegah berbagai masalah seperti flu, sakit tenggorokan, hingga beberapa masalah dalam pencernaan.

2. Detoksifikasi

Tubuh sebenarnya secara alami akan melakukan detoksifikasi setiap hari. Hal ini dilakukan untuk membuang racun yang menumpuk di dalam organ-organ, mulai dari hati, ginjal, usus, paru, hingga kulit.

Namun jika kamu mengkonsumsi serreh, maka itu akan membatu tubuh dalam mengeluarkan zat racun lebih banyak dan cepat sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Kamu dapat mengkonsumsi sereh dengan berbagai carai, salah satunya ialah dapat di rebus hingga mendidih lalu airnya di minum atau dengan mencampurkan ke masakan sedikit lebih banyak.

3. Mencegah kanker

Manfaat serai untuk tubuh berikutnya ialah diklaim bisa mengurangi dan mencegah resiko terkena penyakit kanker.

Kemampuan ini berkat senyawa yang terkandung dalam tanaman yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, efeknya mampu menangkal sejumlah radikal bebas menyebabkan kanker dan masalah penyakit kronis lainya.

4. Masalah pencernaan

Sereh dapat membuat pencernaan kamu menjadi lebih hangat dan sehat. Secangkir rebusan teh sereh adalah obat alternatif untuk mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Kandungan minyak atsiri pada daun alias batang diketahui dapat membantu melindungi usus dan membasmi infeksi akibat cacing dalam usus.

5. Sumber antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, mengemukakan bahwa tumbuhan serai memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan dapat membantu mengurangi penyerapan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya serta meregenerasi sel yang rusak.

6. Antimikroba dan jamur

Khasiat dari air rebusan serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifatnya yang antimikroba.

Minyak atsiri tanaman diketahui menunjukkan kemampuan antimikroba yang dapat melawan bakteri streptococcus mutans, yaitu salah satu bakteri yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi dan bau mulut.

7. Mengurangi rasa cemas dan stres

Tahukah kamu hanya dengan menghirup aroma wangi dari sereh saja, itu bisa membantu mengurangi sifat kecemasan dan stres yang sedang kamu alami.

Ini karena sereh memiliki efek menenangkan yang dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak, hal yang sama juga dapat membantu meringankan insomnia akibat kecemasan seseorang.

8. Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat sereh bagi kesehatan yang selanjutnya ialah mengatasi masalah tekanan darah tinggi sekaligus mencegahnya.

Kemampuan ini didasari karena tanaman mengandung mineral kalium yang bisa meningkatkan produksi urin dalam tubuh, sehingga efeknya bisa membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga dapat membantu membersihkan organ hati, ginjal dan saluran kencing.

Bahkan sisi baiknya bisa membatasi penyerapan kolesterol dari usus dan meningkatkan kesehatan jantung secara alami.

9. Meredakan nyeri menstruasi

Manfaat serai satu ini bisa untuk wanita. Air rebusan sereh memiliki khasiat yang bisa kamu para wanita gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram pada saat menstruasi, kembung, dan rasa panas pada perut.

Sifat minyak atsiri serai yang hangat bisa membuat perut kamu nyaman dan menghindari inflamasi. Bahkan ada kemungkinan bisa dijadikan obat demam dan melawan infeksi bakteri maupun virus.

10. Merileksasi otot

Minyak atrisi dari serai juga bisa digunakan untuk merileksasi otot dan sendi, mengatasi kram otot, pegal-pegal dan kelelahan.

Caranya ialah dengan menjadikan tanaman sebagai minyak urut lalu mengoles pada bagian otot dan tubuh yang sakit, setelah itu di pijat lembut.

Saat mengoleskan minyak dari sereh, lama kelamaan akan menimbulkan sensasi hangat pada permukaan kulit dan merileksasikan otot-otot yang kram.

Nah, itulah beberapa manfaat serai untuk tubuh yang bisa kamu ketahui.

Cara Mengkonsumsi

Ada dua cara umum dalam mengkonsumsi tanaman serai yang bisa kamu coba. Pertama batang dibersihkan lalu kemudian direbus dengan air, dalam kata lain dibuat ramuan herbal atau teh.

Setelah direbus cukup lama kemudian diminum 2 sampai 3 gelas dalam sehari untuk mengobati dari dalam tubuh.

Sedangkan untuk cara kedua biasanya di pakai untuk luar tubuh, tetapi umumnya dibuatkan minyak urut dengan cara menumbuk batang tanaman dan di campur dengan minyak kelapa dan beberapa rempah-rempah herbal lainnya.

Note : Semua yang terkadung dalam artikel ini hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak dianggap saran sebagai medis.

Harap untuk tidak mengkonsumsi tanaman serai dalam jumlah banyak, terlebih lagi dikonsumsi secara berkepanjangan dan setiap saat.

Mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan justru hanya akan menimbulkan efek samping dan gangguan kesehatan yang tidak diinginan, oleh karena itu ada baiknya kamu konsultasi pada ahli kesehatan untuk mendapat masukan.

Terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat kesehatan yang buruk, sedang mengkonsumsi obat-obatan, rawat jalan atau ibu hamil.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel