Pohon terap dan pemanfaatanya ( Artocarpus Elasticus )


Pernah mendengar pohon terap atau malah asing bagi kamu.?

Terap atau biasa disebut pohon benda, tekalong dan kokap merupakan tumbuhan dengan nama latin Artocarpus Elastikus yang masih satu marga dengan tumbuhan nangka.

Mungkin sebagian dari banyak orang ada yang tidak tahu dengan tumbuhan ini, wajar sih karena tumbuhan ini memang jarang di jumpai dan buahnya pun cukup sulit untuk dicari di toko buah.
Terap merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh tinggi mencapai 50 meter dan mempunyai ukuran batang yang cukup besar. Habitat utama tumbuhan ini biasanya dapat ditemui pada hutan perlindungan maupun hutan dalam, umunya pohon terap ditanam untuk sebagai pohon peneduh baik dilapangan maupun ditepian jalan.

Nah bagi kamu yang ingin menebang pohon ini harap sedikit berhati-hati pasalnya tumbuhan ini memiliki kandungan getah yang cukup banyak, berwarna putih susu seperti getah pada pohon nangka dan akan sulit hilang jika tidak segera dicuci.

Bagian yang unik dari tumbuhan ini ialah bentuk daunya yang besar dan lebar serta memiliki banyak ruas jari. Selain itu pada tangkai daunya juga diselimuti bulu-bulu halus berwarna merah kehijauan yang akan terasa kesat jika disentuh. Buah dari pohon terap mempunyai bentuk bulat dengan ukuran yang tidak terlalu besar serta terdapat duri lunak yang tidak berbahaya, buahnya akan berubah berwarna kuning kecoklatan setelah tua. Jika kamu tahu buah kluih maka bentuknya hampir sama persis.

Bagian buahnya jarang diolah menjadi bahan masakan karena mengeluarkan bau yang kurang sedap, umunya buahnya akan lebih enak di makan selagi tua dan masih segar. Untuk masa buah biasanya pohon terap akan mengeluarkan putik bunga pada kisaran bulan Juni-Agustus dan akan mulai berbuah sekitar dua bulan kemudian.

Untuk pemanfaatan pohon terap biasanya ditanaman sebagai pohon peneduh dari terik matahari, sedangkan itu pada bagian biji dari tanaman ini bisa dijadikan minyak rambut dan jika kamu tertarik bijinya juga dapat dikonsumsi loh tapi setelah melalui proses pemasakan terlebih dahulu, cukup dengan merebusnya hingga lembut dan diketahui untuk rasanya katanya seperti biji nangka.

Baca juga :


Beberapa masyarakat adapun yang mengunakan bagian dari tumbuhan terap sebagai pemanfaatan untuk obat tradisional, contohnya :

1. Pada bagian kulit dahan atau tangkai daun dipercaya dapat menghambat kehamilan.
2. Bagian kulit batang yang keras dipercaya dapat mengatasi sakit perut, caranya dengan merebus kulit batang tersebut kemudian air rebusan diminum bagi yang sakit.
3. Untuk getahnya yang kental dipercaya mampu mengatasi diare dan bocor atau mencret.
4. Sedangkan untuk bagian Pucuk daunya dipercaya dapat mengatasi masalah cacing pita dan sebagai obat tapal.

Beberpa kandungan senyawa yang terdapat pada tumbuhan diantaranya Alkaloid, Saponin, Polifenol, Tanin, Steroid dan Flavonoid.

Baca juga :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i