Clidemia Hirta. tumbuhan berbulu yang banyak manfaatnya.


Tahukah kamu dengan tumbuhan liar satu ini?

Clidemia Hirta atau di beberapa daerah di Indonesia menyebutnya dengan nama keduduk bulu, haredong, kasapan, bulu babi, coco bubu dan ada masih banyak lagi penyebutanya. Tumbuhan Clidemia hirta merupakan tumbuhan liar atau semak yang dapat mudah ditemui dihutan, pingiran sungai, semak belukar, pingiran tebing dan diperkarangan, dengan tinggi batang dapat mencapai 0.5 hingga 3 meter tergantung dimana tempat habitatnya.

Ciri khasnya yaitu mempunyai bentuk daun oval dengan panjang 5-10 cm dan lebar 3-6 cm serta terdapat bulu halus pada bagian batang dan daunya, bunganya majemuk yang tersusun dalam kelompok kecil di ujung tangkai daun.

Tumbuhan Clidemia Hirta diketahui berasal dari kawasan benua Amerika lalu kemudian mulai menyebar dengan cepat ke daerah Asia dan Afrika, terutama pada kawasan dengan kondisi geografis yang hangat sehingga memungkinkan penyebaran tumbuhan dapat dengan cepat. Banyak orang mengira bahwa Clidemia Hirta sebagai tumbuhan gulma hal itu memanglah benar, karena selalu tumbuh pada sela-sela perkebunan dan sering menggangu pertumbuhan tanaman lain.

Manfaat Clidemia Hirta.

Di Indonesia sendiri beberapa masyarakat masih mengunakan daun dari tumbuhan ini untuk sebagai obat tradisional ataupun dalam kehidupan sehari-hari, diketahui beberapa masalah penyakit yang dapat diatasi dari tumbuhan Clidemia Hirta diantaranya yaitu :
  • Obat sariawan.
  • Membersihkan luka nanah dan luka sayatan.
  • Mengatasi gigitan lintah dan menghentikan pendarahannya. Caranya cukup ambil beberapa lembar lalu gosokan ke bagian luka.
  • Untuk mengatasi demam. Untuk mengatasi demam bagian tumbuhan yang digunakan yaitu akarnya, akarnya di cuci bersih kemudian direbus, setelah itu air rebusanya diminumkan ke yang sakit.
Baca juga :
  • Sebagai pembersih tubuh saat mandi sekaligus sabun alternatif. Biasanya beberapa masyarakat pedalaman seperti orang rimba menggunakan daun dari tumbuhan untuk mengosok tubuh, bentuk permukaan daun yang sedikit kasar sehingga bisa menjadi penganti sikat.
  • Dan yang terakhit daunnya juga dapat digunakan untuk menghilangkan lendir ikan saat mencucinya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu gunakan dari daun Clidemia Hirta sebagai alternatif jika kamu ingin menggunakannya  sebagai pengobatan alami.

Baca juga :
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i