CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Clidemia Hirta Atau Kasapan, Manfaat Serta Kegunaanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Mengenal Clidemia Hirta Atau Kasapan, Manfaat Serta Kegunaanya

Healty99 - Tahukah kamu dengan tumbuhan liar satu ini? Biasanya ada di sekitar kita loh. Namanya adalah Kasapan, atau di beberapa daerah orang menyebutnya dengan nama tanaman keduduk bulu, seduduk bulu, haredong, bulu babi dan coco bubu. Yaitu spesies tumbuhan liar berbulu dengan nama ilmiah Clidemia Hirta.

Kasapan adalah tumbuhan liar yang biasa hidup di semak-semak, belukar, hutan, pinggiran sungai, persawahan, kebun dan bahkan di sekitar perkarangan rumah. 

Ia juga kerap di anggap sebagai gulma karena sering tumbuh di samping tanaman budidaya. 

Tumbuhan Liar Tampui Nasi Yang Banyak Manfaat

Ciri Khas

Ciri khas tumbuhan kasapan ialah pohonya tidak terlalu tinggi dengan rata-rata 50 cm, namun ukuran besarnya bisa mencapai 3 meter dan terlihat seperti semak. Sangat jarang untuk menemukan ukuran besar, terkecuali di beberapa habitat tertentu seperti di dalam hutan yang subur.

Untuk daunnya berbentuk oval, warna hijau, dengan lebar sekitar 5 cm dan panjang 8 cm, perawakan terlihat kasar, namun ia memiliki bulu halus yang menyelimuti hingga seluruh bagian batang. 

Bunganya memiliki ukuran yang kecil dengan warna putih sedikit ungu, buah bulat sebesar 0.5 mm berwarna ungu gelap. 

Buah Kasapan bisa dimakan karena mempunyai rasa yang cukup manis, di alam buah juga sering di makan burung liar. 

Kandungan Senyawa 

Tumbuhan Kasapan memiliki kandungan berupa alkaloid, flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin, saponin dan glikosida. 

Selain itu beberapa sifat antioksidan yang terkandung didalamnya diklaim memiliki kemampuan dalam melawan bakteri dan sel kanker.

10 Macam Bunga Yang Boleh Dimakan

Tempat Asal 

Clidemia Hirta atau Kasapan diketahui berasal dari kawasan benua Amerika, lalu kemudian mulai menyebar dengan cepat ke kawasan Asia dan Afrika, terutama pada kawasan dengan kondisi geografis yang cukup hangat.

Pengaruh iklim yang hangat memungkinkan untuk penyebaran tumbuhan satu ini dapat dengan dengan cepat. 

Dikarenakan pertumbuhanya yang cepat inilah kebanyakan orang menganggap sebagai gulma atau tumbuhan liar.

Namun tahukah kamu, dibalik kesan orang melihatnya sebagai gulma, ia mempunyai sisi baik bagi manusia loh, terutama dalam penggunaanya sebagai obat herbal dan keperluan lainya.

Manfaat Clidemia Hirta Atau Kasapan

Yap, walau di satu sisi ia di anggap sebagai gulma atau tumbuhan liar, namun di sisi lain Kasapan juga memiliki manfaat dan kegunaan bagi manusia. Hanya saja untuk jaman sekarang penggunaanya tidak seperti pada masa dahulu.

Cek Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dan kegunaan dari Kasapan alias keduduk bulu bagi manusia :

1. Mengobati luka sayat dan bernanah

Daunnya mempunyai kemampuan dalam mengobati luka, terutama luka sayatan dan bernanah dengan cara mengehentikan pendarahan sekaligus mempercepat pengeringan luka. 

Cara menggunakanya ambil beberapa lembar daun kemudian bersihkan, remas hingga halus lalu usapkan atau tempel pada luka.

2. Mengatasi gigitan lintah

Lintah yang sudah menghisap darah pada kulit akan membuat darah terus mengalir keluar, bahkan saat telah di lepas. 

Untuk mengatasi hal ini beberapa orang kerap memanfaatkan tumbuhan Kasapan dengan cara di tumbuk dan di tempelkan pada kulit yang kena gigit lintah.

Fakta Mengejutkan Dari Sirih Merah

3. Mengatasi deman dan gangguan pencernaan

Masalah demam dan gangguan pencernaan seperti sakit perut, bisa jadi dipicu oleh adanya infeksi pada tubuh, baik itu dikarenakan bakteri, virus atau jamur.

Nah, beberapa kandungan antioksidan dan antibakteri pada akar Kasapan diklaim bisa meringankan masalah tersebut.

Cara menggunakanya, ambil akar tumbuhan kemudian cuci hingga bersih, setelah itu baru di rebus dengan air hingga mendidih.

Tunggu beberapa saat atau suhu panas turun baru bisa diberikan ke orang yang sakit.

Namun, belum di ketahui secara pasti ke efektivitasan dari tumbuhan satu ini, untuk itu tidak menggunakanya secara berlebihan. 

Karena bisa saja Kasapan memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu sering.

4. Untuk membersihkan tubuh

Karena daunnya mempunyai bulu-bulu halus, beberapa orang terutama suku pedalaman sering memanfaatkannya untuk membersihkan tubuh saat mandi. Terlebih lagi daun Kasapan bisa di jadikan alternatif sampho atau sabun mandi.

Cara membuatnya ambil beberapa lembar daun kemudian tumbuk hingga halus dan mengeluarkan busa, setelah itu baru siap digunakan.

Nah, itulah beberapa manfaat dan kegunaan dari tumbuhan Kasapan untuk manusia. 

Baca informasi lainnya seputar tanaman liar di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i