Cara Menanam dan Merawat Kaktus Golden Barrel

Healty99 - Golden Barrel (Echinocactus grusonii) atau dengan nama lain kaktus gentong emas dan bola emas. Merupakan spesies kaktus besar yang berasal dari Meksiko, di tempat asalnya sana ia dapat ditemukan hidup pada kawasan bebatuan lereng dengan ketinggian sekitar 1.400 meter.

Golden Barrel adalah salah satu jenis kaktus yang berukuran besar, saat masih muda ia memiliki bentuk bulat seperti bola dengan diselimuti duri berwarna ke emasan. Sedangkan jika telah tumbuh bertahun-tahun bisa tumbuh hingga mencapai satu meter. 

Baca juga : 

Cara Menanam Kaktus Sukulen yang Baru Datang

Karena bentuknya yang hampir bundar sempurna dan terlihat mewah, banyak orang menginginkan untuk memilikinya sebagai tanaman hias di rumah maupun perkarangan. Nah jika kamu ingin memelihara tanaman ini dirumah berikut beberapa tips merawat dan menanamnya.

Menanam Kaktus Goldel Barrel

gambar kaktus golden barrel
Sumber gambar*
Jika kamu ingin menanam kaktus satu ini dengan membeli secara online, harap membersihkan bagian akarnya yang telah mati atau kering, setelah itu rendam dengan air yang telah di beri obat perangsang akar lalu baru di tanam.

Namun jika kamu hanya ingin memindah ke pot atau tempat yang lebih besar, dapat langsung saja menanamnya. Nah berikut beberapa langkah mudah :

1. Siapkan media tanam

Yang pertama siapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam yang bagus memiliki beragam campuran, hindari untuk penggunaan tanah yang banyak, karena tanah bisa memadat dan buruk bagi perkebangan tanaman.

Baca juga :

Cara Memperbanyak Sukulen Jade Plant

Cara membuat campuran media tanam Golden Barrel :

Bahan :

  1. Pumice kasar, sedang dan halus 40%
  2. Kompos/sekam bakar/cocopeat 20% (salah satu atau semua juga bisa)
  3. Pasir malang 35%
  4. Pupuk kandang 5% (rekomedasi pupuk kambing yang dihaluskan)
  5. Furadan atau racun serangga sedikit

Langkah membuat :

  • Campurkan saja semua bahan diatas menjadi satu terkecuali pumice kasar, lalu beri sedikit air hingga media menjadi cukup lembab.
  • Jika hanya punya pasir malang atau pumice gunakan salah satu tidak masalah.

Nah kamu sudah bisa membuat media tanam yang bagus dan banyak digunakan para petani kaktus.

2. Menyiapkan pot 

Setelah itu kamu bisa menyiapkan pot. Ukuran pot untuk Golden Barel baiknya menyesuaikan dari bentuk dan besarnya tanaman, dengan begitu kamu bisa memaksimalkan kaktus tampil lebih menarik dan cantik.

Bagusnya tidak menggunakan pot yang terlalu besar, paling tidak minimal lebar pot sama dengan lebar diameter kaktus.

3. Menanam

Untuk menanam langsung saja tak perlu repot, berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan pot lalu masukan dasaran, dapat berupa pumice besar, arang, atau batu alam yang kasar.
  2. Masukan media yang telah di siapkan tadi hingga memenuhi 85 persen bagian pot, setelah itu buat lubang untuk akar dan masukan Golden Barrel, setelah itu timbun kembali dengan sisa media di bagian pinggiran untuk menutupi akar. 
  3. Selesai. Jika kamu mau bisa menambahkan beberapa batuan kecil atau sisa pasir malang pada bagian permukaan media untuk menjaga kelembapan.

Nah sampai disini kamu sudah bisa menanam kaktus Golden Barrel dengan baik.

Cara Merawat Golden Barrel

kaktus golden barrel gentong
Cara merawatnya cukup mudah, terlebih lagi tanaman satu ini bandel dan tidak membutuhkan banyak air, yang terpenting ialah ia harus terkena sinar matahari yang cukup.

1. Jadwal penyiraman

Untuk jadwal waktu penyiraman kaktus Golden Barrel baiknya jangan terlalu dekat, kamu bisa menyiramnya seminggu sekali, terlebih lagi jika ia memiliki ukuran pot yang besar maka jangan terlalu sering.

Sebaiknya yang perlu kamu lakukan ialah memastikan pot yang digunakan memiliki drainase atau lubang air yang bagus, hal ini agar air tidak mengenang tanaman dan membuat media terlalu basah.

2. Memilih tempat peletakan bagus

Kaktus merupakan tanaman yang sangat menyukai sinar matahari, untuk itu baiknya kamu meletakan pada tempat seperti teras rumah, perkarangan atau atap rumah. 

Namun jika kamu ingin meletakanya di dalam rumah, pastikan area tersebut terkena paparan sinar matahari sekitar 4 sampai 6 jam dalam sehari. Jika tidak ia akan tumbuh dengan cepat dan memanjang.

3. Pemupukan

Untuk pemupukan kamu bisa menggunakan jenis pupuk kandang yang di haluskan, lalu ditabur pada bagian permukaan media, atau kamu juga bisa menggunakan jenis pupuk bulir khusus kaktus. Berikan setiap 2 hingga 6 bulan sekali.

Dengan cara lainya juga bisa yaitu menukar media tanam dan mencapurnya dengan yang baru, agar nutrisi dapat tercukupi dengan baik.

4. Rutin memeriksa 

Baiknya dilakukan pemeriksaan rutin pada tanaman. Periksa apakah terdapat luka karena di makan ulat atau ada seranga yang besarang, dengan begitu dapat mencegah serangan penyakit dan masalah pembusukan bagian dalam kaktus.

Pemeriksaatn cukup melihat sekeliling pada bagian pangkal dekat akar, dan baiknya dilakukan seminggu sekali atau saat melakukan penyiraman.

Nah itulah beberapa cara merawat dan menanam kaktus Golden Barrel di rumah. Selamat mecoba.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i