Mengenal Buah Boysenberry dan Manfaatnya Bagi Tubuh

gambar buah boysenberry
Sumber gambar*
Healty99 - Boysenberry merupakan nama buah yang berasal dari persilangan antara raspberry Eropa, blackberry Eropa, dewberry Amerika, dan loganberry, yang kemudian menghasilkan jenis baru dengan nama Boysenberry.

Dari persilangan tersebut menghasilkan buah dengan bentuk ukuran dan biji yang cukup besa, serta menghasilkan warna merah maroon hingga merah tua pekat. Perbedaan yang sangat tipis dengan indukanya terkadang membuat banyak orang salah dalam penyebutan.

Boysenberry memiliki rasa seperti pada umunya buah berry yaitu manis dengan sedikit rasa asam menyegarkan, umumnya beberapa orang sering diolah terlebih dahulu menjadi jelly, selai, sirup, atau makanan lain sebelum dinikmati.

Baca juga : 

Jenis Buah Berry

Kandungan Nutrisi Boysenberry 

Selain enak dikonsumsi, Boysenberry juga termasuk kedalam jenis buah super fruit, yang artinya ia memiliki banyak kandungan nutrisi menyehatkan. Berikut beberapa kandungan nurisi tersebut :

  • Natrium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Mangan
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Serat buah
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Folat.

Selain itu ia juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sifat antiinflamasi dan beberapa senyawa asam organik.

Melihat banyaknya kandungan nutrisi, bukan tidak mungkin dengan mengkonsumsi buah satu ini akan mendapat banyak manfaat baik bagi kesehatan, untuk itu yuk simak dibawah ini beberapa manfaatnya :

Manfaat Boysenberry

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan ialah, bisa menjaga daya tahan tubuh kamu agar lebih kuat dan terhidar dari berbagai serangan penyakit harian.

Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya kandungan vitamin C dan beberapa antioksidan sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga dapat mencegah serangan penyakit dan mempercepat penyembuhan pada seseorang.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Mengkonsumsi buah Boysenberry baik untuk sistem pencernaan, hal ini dibuktikan karena ia mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Terlebih lagi buah dari jenis beri-berian mempunyai kemampuan dalam mencegah berbagai infeksi, termasuk dalam mencegah infeksi pada saluran pencernaan.

3. Menjaga kesehatan kulit

Ingin mempunyai kulit yang sehat, kenyal dan tampak lebih muda? Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dan antioksidan, sepertihanya buah Boysenberry atau sejenisnya.

Vitamin C mengandung asam askorbat yang diperlukan tubuh untuk pembentukan kolagen dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Sedangkan kolagen merupakan bagian dari protein pada tubuh yang dapat menguatkan struktur jaringan.

Di samping itu antioksidan juga dapat berguna dalam mencegah kerusakan sel akibat dari paparan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, sehingga masalah kulit seperti kerutan, pecah-pecah, belang dan penuaan dini dapat di cegah lebih awal.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat berikutnya ialah bisa menjaga kesehatan tulang kamu dan mencegah berbagai masalah seperti, pengapuran, nyeri sendi dan beberapa masalah akibat cidera.

Kemampuan ini didasari dengan banyaknya mineral seperti kalium, kalsium, magnesium dan zat besi pada buah yang berperan di dalamnya.

Untuk itu jika kamu ingin terhindar dari masalah pengapuran sendi, perbanyak konsumsi buah yang mengandung nutrisi penting.

5. Menjaga kesehatan mata

Boysenberry diklaim bisa meningkatkan penglihatan pada seseorang loh, kandungan vitamin A dan antioksidan di dalamnya sangat berperan penting dalam mengatasi masalah pada jaringan saraf mata.

Maka dari itu rutinlah makan beri agar penglihatan mata kamu bisa selalu terjaga dengan baik.

6. Menurunkan berat badan

Berat badan mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama wanita yang ingin berusaha mendapatkan tubuh ideal.

Di sisi lain berat badan yang berlebih juga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Buah Boysenberry mengandung serat alami yang baik untuk tubuh sekaligus bisa memberi rasa kenyang, ini bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan berat badan kamu yang berlebih loh.

Manfaatkan Boysenberry sebagai asupan makanan sehat sehari-hari kamu agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu pemicu dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, kerusakan mata, menurunkan fungsi ginjal dan menyebabkan penuaan dini.

Namun masalah ini bisa kamu cegah dan tak perlu khawatir, kamu bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, salah satunya adalah buah-buahan seperti berry, manggis, delima dan lainya.

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat Boysenberry selanjutnya ialah, diklaim bisa menurunkan dan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian vitamin C dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang berlebihan. 

Selain itu, kandungan serat pada buah Boysenberry juga dapat berguna dalam mencegah penyerapan kolesterol ke dalam tubuh yang berasal dari makanan.

9. Baik untuk kesehatan otak

Kandungan berupa antioksidan pada buah memiliki dampak yang baik terhadap kesehatan jaringan pada otak manusia. 

Selain itu dengan mengkonsumsi buah berry satu ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang, dan mencegah penurunan fungsi otak akibat keterkaitan usia.

Nah itulah beberapa manfaat buah Boysenberry yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur.

Baca terus informasi mengenai berry lainya di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i