Manfaat Blackberry Berdasarkan Kandungan Nutrisi

Manfaat Blackberry Berdasarkan Kandungan Nutrisi
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/blackberry-bramble-berries-segar-1539540/
Healty99 - Blackberry merupakan jenis buah berry yang termasuk kedalam genus Rubus, dan masih dalam satu family dengan mawar. Buah satu ini juga cukup populer di Indonesia, karena mudah di buat menjadi makanan dan minuman segar, atau dikonsumsi untuk sekedar ingin mendapatkan manfaat Blackberry itu sendiri.

Sesuai namanya black yang menunjukan bahwa beri satu ini memiliki warna hitam pekat. Rasa berry hitam ini ialah manis namun dengan rasa asam yang lebih dominan, terkadang ada juga yang terasa sedikit pahit.

Dari segi kandungan, buah Blackberry setidaknya memiliki beberapa nutrisi yang di ataranya vitamin C, K, kalori, lemak, zat besi, serat buah, magnesium, air, karbohidrat, mangan, sodium, kalium dan beberapa mineral lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Melihat dari kandungan yang ada, tentu dengan makan dalam porsi cukup pasti akan memberi manfaat baik bagi tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah Blackberry untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Blackberry

1. Sumber vitamin C

Asupan Vitamin C dalam tubuh memang harus tercukupi, karena perananya sangat penting. Manfaat vitamin C ialah berguna untuk menangkal serangan penyakit, meregenerasi sel, menyembuhkan luka dan membatu penyerapan zat besi.

Setidaknya dalam 144 g Blackberry segar mengandung sekitar 30.2 mg Vitamin C. Yang mana hal ini dapat memenuhi sekitar 33.56% kebutuhan harian Vit C kamu (sumber :healthbenefitstimes).

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan beri satu ini sebagai alternatif atau sumber tambahan Vitamin C dalam memenuhi kebutuhan harian.

2. Kaya akan serat

Blackberry kaya akan serat baik, dalam 144 g terdapat 7.6 g serat yang bisa memenuhi sekitar 20% kebutuhan harian tubuh.

Mengkonsumsi dalam bentuk segar atau jus, adalah hal yang terbaik untuk mendapatkan kandungan seratnya secara langsung.

Serat penting untuk tubuh, karena berguna untuk melancarkan pencernaan, mencegah penyerapan lemak, mengatasi sembelit, memperlambat penyerapan gula dan tentunya menyehatkan buat usus.

3. Mencegah pendarahan

Tahukah kamu bahwa buah beri satu ini dapat berkhasiat dalam mencegah pendarahan yang sedang terjadi sekaligus mempercepat pembekuan darah.

Hal ini diperkuat dengan adanya kandungan Vitamin K yang cukup tinggi didalamnya, sehingga jika kamu tanpa sengaja melukai tubuh, maka pendarahan dapat segera terhenti dengan sendirinya.

 4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah Blackberry selanjutnya ialah dapat menjaga daya tahan tubuh kamu lebih baik, terutama dalam mencegah serangan penyakit harian seperti flu, demam dan infeksi.

Hal ini bukan karena tanpa sebab, beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan berperan aktif dalam menjaga sistem pertahanan tubuh agar menjadi lebih kuat.

Untuk itu kamu jangan sungkan mengkonsumsi buah satu ini.

5. Mengandung mangan

Mangan merupakan salah satu ezime yang diperlukan oleh tubuh, lebih tepatnya jenis enzim superoksida dismutase (SOD), yang perananya dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Tentunya mengkonsumsi makan makanan yang mengadung sumber mangan bisa mencegah kerusakan sel dan beberapa penyakit kronis akibat dari radikal bebas.

6. Manfaat Blackberry untuk tulang

Beberapa kandungan seperti vitamin C, vitamin K, zat besi, magnesium, kalium dan kalsium adalah bagian nutrisi penting dalam pembentukan tulang, mencegah pengoropasan, serta memperkuat tulang agar tidak mudah cidera saat beraktivitas.

Nah, beberapa kandungan tersebut diketahui ada pada buah hitam ini loh, sehingga jika kamu mengkonsumsinya secara teratur kesehatan tulang kamu dapat lebih terjaga.

7. Mengatasi masalah sembelit

Sembelit dapat terjadi jika kamu mengkonsumsi makan makanan yang tidak sehat, kurang konsumsi serat seperti sayur dan buah, kurang minum air atau sering menahan BAB, sehingga hal ini tentunya dapat menyebabkan feses menjadi keras.

Blackberry sendiri diketahui juga dapat mengatasi masalah satu ini loh, berkat kandungan serat buah tentunya hal ini akan baik untuk saluran pencernaan kamu.

Terlebih lagi mengolahnya dalam bentuk jus tanpa campuran pemanis, karena dengan begitu manfaat akan cepat kamu dapatkan. 

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah sumber masalah yang kerap kali menyerang siapa saja, karenanya merupakan sumber berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari.

Pada dasarnya tubuh kita sendiri mempunyai kemampuan dalam melawan radikal bebas itu sendiri, namun jika jumlah paparan lebih banyak dari kemampuan tubuh dalam menetralisir, tentu kerusakan jaringan sel dapat terjadi lebih cepat.

Untuk itu kamu bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan, salah satunya seperti sayuran hijau, beri berian dan beberapa buah lainya.

9. Dapat menjaga kesehatan otak

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, makan buah Blackberry secara teratur diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah hilang ingatan yang disebabkan oleh faktor usia.

Hasil tersebut menyimpulkan bahwa, berkat kandungan antioksidan dalam buah berry bisa berperan dalam membantu melawan radikal bebas dan mengubah cara neuron otak berkomunikasi.

Tentunya hal ini bisa membantu mencegah kerusakan dan peradangan pada otak, yang menyebabkan masalah kognitif dan motorik seseorang.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat Blackberry selanjutnya ialah bisa mempercepat penyembuhan luka pada tubuh kamu, terutama luka seperti sariawan, luka sayat, luka lecet atau tertusuk benda tajam.

Selain itu adanya kandungan vitamin C pada buah yang berguna dalam membantu tubuh untuk produksi kolagen lebih banyak, dan mempercepat regenerasi sel baru.

11. Diklaim dapat melawan kanker

Kandungan Anthocyanin pada buah Backberry mempunyai kemampuan layaknya antioksidan yang bisa membantu melawan sel kanker dan tumor di dalam tubuh.

Beberapa kandungan antioksidan lainya seperti flavonoid diklaim juga mampu melawan kanker kulit dan paru-paru. Walaupun begitu hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang khasiatnya.

Untuk itu manfaat hanya di dasari akan kandungan senyawa yang ada didalamnya saja.

Nah itulah beberapa manfaat buah Blackberry berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan khasiatnya jika mengkonsumsi secara teratur.

Perlu kamu ingat untuk tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau secara terus menerus, karena beberapa kemungkinan Blackberry memiliki efek samping untuk beberapa orang. Konsumsilah sewajarnya dan di selingi dengan beberapa buah lainya agar mendapatkan nutrisi yang beragam.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i