Manfaat Buah Alpukat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Manfaat Buah Alpukat dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya
Sumber foto
Healty99 - Alpukat merupakan buah yang populer di seluruh dunia, teksturnya yang lembut, creamy, dan lezat membuat banyak disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Terlebih lagi buah alpukat juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Ciri ciri alpukat yang baik dan menyehatkan ialah, di petik saat matang atau tua di atas pohon (tidak diperam terlalu lama), daging buah berwarna kuning mentega atau kuning pucat kehijauan, selain itu rasa juga tidak pahit atau getir.  

Harus kamu tahu bahwa, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dalam bentuk murni tanpa adanya campuran gula maupun pemanis baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ada banyak kandungan nutrisi punting yang terkandung didalamnya. 

Penggunaan pemanis seperti gula, susu dan sebagainya yang berlebihan justru bisa menambah masalah kesehatan seperti naiknya gula darah dan diabetes.

Kandungan Buah Alpukat

Berikut beberapa kandungan alpukat yang di ketahui, (SC)

  • Air 
  • Energi 
  • Protein 
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Kalsium 
  • Besi 
  • Magnesium 
  • Fosfor 
  • Kalium
  • Natrium 
  • Seng 
  • Tembaga 
  • Mangan
  • Selenium 
  • Vitamin C 
  • Tiamin 
  • Riboflavin 
  • Niasin 
  • Asam pantotenat 
  • Vitamin B-6 
  • Folat
  • Vitamin B-12
  • Vitamin A
  • Karoten
  • Vitamin E 
  • Vitamin K 
  • Lemak
  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal 
  • Asam lemak, total tak jenuh ganda

Sangat banyak bukan? Itulah beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah yang kerap juga disapa avokad ini.

Lantas apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya? Yuk simak di bawah ini, apa saja manfaat avokad yang telah di rangkum dari beberapa sumber terpercaya (SC). 

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat
Sumber foto

1.  Menjaga kesehatan jantung

Alpukat merupakan buah yang mengandung beta-sitosterol, setidaknya ada sekitar 25 mg dalam per ons, yang mana jenis sterol berasal dari tumbuhan. 

Beta-sitosterol sekilas mirip dengan kolesterol pada umumnya namun dari segi manfaat justru malah sebaliknya.

Konsumsi beta-sitosterol secara teratur tentu akan sangat bermanfaat, karena dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik di dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

2. Sumber nutrisi yang baik 

Menurut USDA National Nutrient Database, alpukat merupakan buah sekaligus bahan pangan yang baik untuk tubuh.

Ada banyak kandungan nutrisi mulai dari vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan kamu. Disisi lain buah alpukat mengandung tinggi lemak, namun kamu tak perlu khawatir karena lemak yang terkandung justru lemak baik.

Mengkonsumsi secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi pembuluh darah, mengurangi jenis kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida pemicu penyakit jantung dan stroke.

3. Baik untuk kesehatan mata

Buah Alpukat diketahui mengandung senyawa zeaxanthin dan lutein, yang mana kedua fitokimia tersebut berperan dalam memberikan perlindungan antioksidan pada mata serta untuk membantu mengurangi dampak kerusakan.

Selain itu kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung juga mendukung dalam penyerapan antioksidan. 

Sehingga menambahkan alpukat ke dalam makanan sehat kamu adalah hal yang terbaik dalam mengurangi risiko masalah kesehatan mata, terutama karena terpaut usia.

4. Bagus untuk diet

Jika kamu mencari makanan yang baik untuk meningkatkan keberhasilan diet, maka buah satu ini bisa menjadi solusi buat kamu.

Manfaat buah alpukat sangat baik untuk diet, selain kaya akan kandungan nutrisi, ia mengandung tinggi serat dan dapat membuat kamu merasa lebih cepat kenyang sekaligus tahan lebih lama.

Hal ini tentunya akan membuat nafsu makan atau ngemil kamu akan menjadi berkurang. Cukup konsumsi setengan buah di pagi atau saat sebelum makan siang untuk membuat terasa kenyang. 

Atau kamu bisa mengkombinasikanya dengan salad atau buah buahan lainya.

5. Baik untuk pencernaan

manfaat alpukat untuk pencernaan
Sumber foto
Manfaat alpukat baik untuk pencernaan dikarenakan mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan usus.

Disisi lain teksturnya yang lembut dan kaya akan serat, hal ini bisa berguna untuk mengatasi beberapa masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar, wasir, dan mencegah penyerapan lemak jahat dari makanan yang kita konsumsi.

6. Mencegah masalah osteoporosis

Menjaga kesehatan tulang tak harus selalu mengkonsumsi susu murni saja, kamu bisa menggunakan bahan panganan lain seperti buah satu ini.

Setidaknya setengah dari buah alpukat menyediakan sekitar 25 persen dari asupan vitamin K yang direkomendasikan setiap hari. Yang mana hal tersebut dapat berguna dalam menjaga kesehatan tulang sekaligus mencegah masalah osteoporosis.

Disisi lain beberapa mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan lainya juga berperan dalam memperkuat tulang agar tidak mudah cidera saat beraktivitas, serta mencegah pengeroposan.

7. Membantu detoksifikasi

Berkat kandungan serat yang tinggi pada alvokad, membuatnya berguna dalam membantu kinerja usus seperti mendorong pergerakan usus menjadi lebih teratur, terutama dalam mengeluarkan ekskresi racun setiap hari melalui empedu dan tinja.

Sehingga hal ini dapat mencegah beberapa masalah pada sistem pencernaan seperti sakit perut, diare dan infeksi.

8. Mencegah beberapa penyakit berbahaya

Manfaat buah alpukat selanjutnya ialah dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya di kemudian hari.

Menurut penelitian dari University of Kentucky, Amerika Serikat, mengkonsumsi makan makanan yang mengandung tinggi serat di klaim dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti jantung koroner, hipertensi atau tekanan darah, stroke, hingga masalah diabetes.

Untuk itu kamu bisa mendapatkan asupan serat lebih dengan mengkonsumsi buah buahan dan sayuran di setiap harinya.

9. Sumber mineral kalium

alpukat sumber kalium
Sumber foto
Mineral kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, hal ini karena peranya sangat penting terutama untuk menjaga sistem metabolisme tubuh.

Kekurangan mineral kalium di dalam tubuh, tentu saja dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga berbahaya.

Nah kamu bisa memanfaatkan buah alpukat sebagai salah satu sumber mineral kalium selain pisang. Setidaknya 1 buah avokad ukuran sedang sudah dapat memenuhi 20% kebutuhan harian kalium di dalam tubuh.

10. Mengatasi masalah sembelit

Rajin minum air putih setiap hari namun masih sering mengalami masalah sembelit? Bisa jadi kamu kekurangan makanan berserat.

Jika sudah begitu cobalah untuk mengkonsumsi jus alpukat secara rutin. Pasalnya buah satu ini mengandung serat halus yang dapat melancarkan feses, melindungi usus dari gesekan, mencegah pengerasan feses dan sekaligus mengatasi masalah sembelit kamu.

11. Menurunkan kolesterol jahat

Buah alpukat mengandung banyak lemak di dalamnya, namun kamu tak perlu takut untuk mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan lemak tersebut lemak baik alias jenis lemak tak jenuh.

Jenis lemak inilah yang dibutuhkan oleh tubuh karena berguna dalam menurunkan lemak jahat, mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah beberapa penyakit seperti serangan jantung, stroke serta hipertensi.

12. Bersifat antimikroba

Alpukat diketahui mengandung zat yang memiliki aktivitas dalam melawan antimikroba, terutama terhadap Escherichia coli, yaitu jenis bakteri penyebab utama keracunan makanan dan masalah sakit perut.

13. Mengurangi depresi

Mengkonsumsi makan makanan yang mengandung asupan folat di klaim dapat mengurangi resiko masalah depresi pada seseorang.

Hak ini dikarenakan folat dapat mengurangi penimbunan homosistein, yaitu salah satu zat yang bisa mengganggu sirkulasi aliran darah pembawa nutrisi ke jaringan otak.

Selain itu jika tubuh kelebihan homosistein dapat mengganggu produksi serotonin, norepinefrin dan dopamin di dalam tubuh, yang fungsinya mengatur suasana hati, nafsu makan dan pola tidur.

Untuk itu kamu harus mengkonsumsi makan makanan yang mengandung tinggi folat, salah satunya buah alpukat.

14. Membuat kenyang lebih lama

manfaat alpukat bikin kenyang lebih lama
Sumber foto
Jika kamu orangnya mudah lapar, namun takut makan karena tidak ingin berat badan meningkat secara drastis, mungkin harus mencoba buah satu ini.

Alpukat merupakan buah yang kaya serat dan lemak sehat yang tinggi, tentunya jika kamu konsumsi hal ini dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. 

Cobalah konsumsi setengan potong buah alpukat saat sebelum makan.

Selain itu manfaat satu ini juga bisa kamu aplikasikan sebagai pola diet sehat atau membantu menurunkan berat badan.

15. Diklaim baik untuk kehamilan.

Buah alpukat di klaim dapat mengurangi risiko keguguran dan cacat pada bayi.

Menurut hasil penelitian dari McGill University yang menguji pada hewan tikus, yaitu dimana tikus betina yang di buahi dengan tikus jantan yang di beri asupan folat lebih, memiliki peluang kerberhasilan 30 persen lebih baik dan terhindar dari cacat lahir.

 16. Manfaat buah alpukat atasi masalah kanker

Kebutuhan folat yang memadai dari makanan konsumsi sehari hari, telah menunjukkan suatu harapan dalam mencegah masalah kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks.

Meskipun mekanisme di balik pengurangan risiko masih belum di ketahui secara pasti, namun para pakar peneliti percaya bahwa folat mampu melindungi tubuh dari perubahan mutasi yang tidak diinginkan pada DNA dan RNA selama pembelahan sel.

Alpukat juga diklaim mempunyai peran penting, terutama dalam pengobatan kanker. Beberapa hasil uji juga menemukan bahwa kandungan fitokimia yang terkandung dari buah satu ini juga dapat secara selektif dalam mengurangi pertumbuhan sel prakanker dan kanker di dalam tubuh, serta sekaligus membasi sel kanker, sembari meningkatkan sistem kekebalan.

Nah itulah beberapa manfaat buah alpukat dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Mulai sekarang rutinlan mengkonsumsi buah buahan untuk menunjang kesehatan tubuh kamu agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca terus informasi menarik lainya di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i