CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Buah Srikaya Nanas dan Manfaatnya Untuk Kesehatan. - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Mengenal Buah Srikaya Nanas dan Manfaatnya Untuk Kesehatan.

Manfaat Buah Srikaya Nanas (Biriba, Rollinia) untuk kesehatan
Sumber foto : Istockphoto/Rollinia deliciosa
Healty99 - Apa yang terbesit di benak mu mendengar nama buah satu ini? Dua macam buah srikaya dengan nanas atau jus srikaya campur nanas? Jika iya, hal tersebut salah. Dipikiran kita pada umunya adalah buah berbentuk bulat dengan ujung kerucut, dan mempunyai kulit seperti sisik.

Di Indoenesia memang buah satu ini termasuk populer, namun tahukah kamu ada buah yang disebut dengan nama Srikaya Nanas.

Namun bukan perpaduan antara srikaya dan nanas melainkan buah yang merujuk pada pohon Rollinia deliciosa atau dengan penyebutan lain Biriba dan Rollinia. Dikatakan begitu hal ini dikarena bentuk rupanya mirip perpaduan antara srikaya dan nanas, jika dilihat sekilas pun buah satu ini juga mirip dengan sirsak saat masih hijau.

Tanaman Rollinia deliciosa diketahui berasal dari negara Amerika Selatan, daging buahnya memiliki rasa yang sangat manis, lembut serta sedikit asam. 

Dari segi ukuran, Srikaya Nanas bekisar tiga kali lebih besar dari pada ukuran umumnya dan mempunyai berat yang bisa mencapai 2 kg.

Kandungan nutrisi dari buah Biriba atau Rollinia diantaranya ada vitamin B, vitamin C, vitamin E, potassium, zat besi, magnesium, kalium, serat, antioksidan dan kalori. 

Manfaat Buah Srikaya Nanas.

Maka dari itu simak dibawah ini beberapa manfaat dari buah unik satu ini untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan Pencernaan.

Manfaat yang pertama akan kamu dapatkan dari mengkonsumsi Buah Biriba atau Rollinia ialah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Disamping itu kandungan serat pangan yang tinggi tentunya sangat bermanfaat untuk pencernaan.

Serat sendiri berguna untuk mencegah pengerasan feses, melidungi usus dari gesekan, mencegah masalah sembelit, baik untuk pederita wasir serta mengurangi penyerapan lemak kedalam tubuh.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Sumber foto : Pixabay/srikaya
Buah satu ini mengandung vitamin C dan beberapa senyawa lainya yang mampu bersifat antioksidan bagi tubuh. Tentunya hal ini jika dikonsumsi dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit harian.

Selain itu, disatu sisi kandungan antioksidannya juga dapat berperan dalam melawan paparan radikal bebas, mencegah kerusakan sel serta sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

3. Menjaga Kesehatan Jantung.

Biriba atau Rollinia diketahui memiliki mineral magnesium yang dipercaya mampu melindungi organ jantung dari beberapa penyakitnya. 

Diketahui juga vitamin B6 dalam Buah Srikaya Nanas berguna dalam membantu mencegah koleksi homocystein, dan meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.

Disisi lain adanya mineral natrium dan kalium, yang mampu mengontrol serta sekaligus mengatur tekanan darah ke seluruh tubuh.

4. Mengurangi Penyerapan Kolesterol.

Manfaat Srikaya Nanas berikutnya yaitu dapat mencegah dan mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan kedalam tubuh. Adanya kandungan serat pangan yang tinggi membuat buah satu ini dapat mengurangi penyerapan lemak makanan di area usus.

Selain itu kandungan antioksidan yang ada pada buah juga dapat befungsi dalam melunturkan lemak jahat dan kolesterol LDL dalam darah.

5. Mencegah Kanker

manfaat Buah Srikaya Nanas (Biriba, Rollinia) untuk mencegah kanker
Buah Srikaya Nanas diklaim bisa mencegah penyakit kanker. Khasiatnya diketahui berasal dari kandungan asetogenin, antioksidan dan alkaloid. Senyawa asetogenin sendiri memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel ubnormal maupun kanker.

Efek inilah yang nantinya mengabibatkan sel kanker sulit tumbuh dan berkembang. Meskipun begitu, namun kamu tidak bisa dijadikan sebagai obat utama. Akan tetapi kamu bisa memanfaatkan khasiat yang terkandung di dalamnya sebagai salah satu pencegahan.

6. Menguatkan Tulang Dan Otot.

Buah Srikaya Nanas mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Beberpa kandungan mineral tersebut berguna dalam menjaga kesehatan tulang dan otot serta sekaligus memperkuatnya.

Cukup konsumsi dalam kondisi matang sempurna atau dengan membuatnya jus segar, maka kamu akan mendapatkan khasiat yang ada didalamnya.

7. Mencegah Paparan Radikal Bebas.

Radikal bebas sebenarnya dapat berasal dari mana saja, dan tubuh di setiap harinya akan menerima efek paparan tersebut.

Jika tubuh terlalu banyak terkenan paparan radikal bebas maka dalam jangka panjang tubuh akan mengalami kerusakan sel. Sebagai gantinya kamu bisa memanfaatkan buah unik ini dalam mencegah paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan.

Hal ini karena Buah Srikaya Nanas mengandung antioksidan yang tinggi, dan dapat berguna dalam mencegah kerusakan sel agar tidak menjadi lebih parah.

8. Menyuburkan Rambut.

khasiat Buah Srikaya Nanas (Biriba, Rollinia) untuk melebatkan rambut
Sumber foto : Istockphoto/Rollinia deliciosa 
Manfaat dari Buah Srikaya Nanas selanjutnya yaitu bisa menyuburkan dan melebatkan rambut secara alami. 

Adanya kandungan zat besi dalam buah Biriba yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sekaligus menstimulasi folikel dalam mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Selain itu adapun vitamin C dan antioksidan yang berperan dalam membantu mengatur produksi sebum pada kulit kepala, dan hal inilah yang menjadikan rambut kelapa tercegah dari masalah seperti kulit kepala kering dan ketombe.

9. Memperbaiki Kerusakan Sel.

Rollinia deliciosa memiliki kadungan antioksidan serta vitamin C dan E yang cukup tinggi, hal ini sangat berguna dalam mengikat kolagen serta berguna untuk membantu proses penyembuhan luka.

Dengan kandungan antioksidan dan kemampuanya dalam mengikat kolagen, khasiat buah satu ini juga dapat mencegah kerusakan sel, yang akan berdampak pada pencegahan penuan diri pada kulit.

Nah itulah beberapa manfaat Buah Srikaya Nanas alias Biriba alias Rollinia untuk kesehatan. Selamat Mencoba.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i