Mengenal Jenis Durian Daun, Sikecil yang Super Manis

Jenis buah durian daun
Sumber foto
Healty99 - Durian daun atau bisa dikenal juga dengan durian hijau berduri tajam. Merupakan spesies Durio yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Buah satu ini termasuk kedalam 30 jenis durian yang tersebar mulai dari India, Sri Lanka, Thailand, Myanmar, Malaysia, Kalimantan, Filipina, Sumatera, hingga Papua Nugini 

Jenis buah satu ini yang banyak dicari dan di sukai oleh para penikmat buah berbau menyengat ini. Umunya kita mengenal buah durian dengan bentuk besar seperti bola atau lonjong, daging buah kuning terang dan kulit alias duri yang berwarna hijau kecoklatan atau kuning.

Namun berbeda dengan jenis durian daun, dimana ia memiliki ciri khas yang mencolok. Buah durian daun berbentuk bulat seperti bola, bobotnya tidak terlalu berat dan bahkan kurang dari 1 kg untuk satu buahnya.

Buahnya berwarna hijau, baik muda hingga jatuh dari batangya warna kulitnya akan tetap sama hijau. Selain itu bagian durinya juga lebih panjang dari jenis buah durian biasa, ciri khasnya yang mencolok membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk membedakanya.

Jika dibelah, warna daging buahnya kuning pucat, isinya tidak terlalu banyak, bahkan dalam satu baris terkadang hanya terdapat 1 atau dua biji saja, jarang untuk mendapatkan tiga biji dalam satu baris. Walaupun begitu buah durian daun tidak akan mengecekawan kamu dalam hal rasa.

Rasa

Daging buahnya memiliki rasa super manis, legit, dan bertekstur lembut dengan serat yang halus. Rasa manisnya bahkan melebihi buah durian biasa yang kita jumpai di pinggiran jalan dengan harga puluhan ribu. 

Kamu tidak akan puas jika hanya mengkonsumsi satu atau dua buah saja, untuk itu persiapkan dompet kamu jika ingin membelinya dalam jumlah banyak.

Namun durian daun keberadaanya tidak banyak seperti jenis biasa, walaupun kamu bisa menemukanya dengan mudah di toko buah, akan tetapi jumlahnya lebih sedikit. Karena jumlahnya yang sedikit dan rasanya yang super manis inilah, harganya kerap di bandrol cukup tinggi.

Harga

Harga durian daun dibandrol cukup tinggi dari jenis yang biasa, bahkan terkadang bisa dua atau tiga kali lipat. Untuk 1 buah kerap di jual dengan harga Rp. 25.000 hingga Rp. 35.000, namun harga bisa lebih tergantung dari berat dan ukuranya.

Mengkonsumsi buah durian memang baik untuk tubuh, namun dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Mengkonsumsi buah berduri satu ini dalam jumlah banyak justru bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh loh.

Perlu kamu ketahui bahwa semua spesies Durio, termasuk durian daun mengandung tinggi gula dan alkohol jenis etanol dan metanol. 

Dalam jumlah banyak hal ini bisa membuat perut panas, dan efek memabukan. Jadi jika kamu orangnya yang mudah mengalami mabuk harap hindari mengkonsumsi buah satu ini secara berlebihan.

Namun, dibalik efek yang bisa bikin mabuk ada segudang manfaat baik untuk kesehatan loh. 

Kandungan dan Manfaat

Buah durian daun mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh seperti serat, gula alami, lemak, Vitamin C, beta karoten, Vitamin A, magnesium, protein, karbohidrat dan masih banyak lagi.

Mengkonsumsi dalam jumlah cukup dan teratur justru bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah satu ini?

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah durian daun untuk kesehatan yang patut kamu ketahui :

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan
  • Mengatasi Insomnia
  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
  • Menunjang Kesehatan Jantung
  • Mencegah Nyeri Sendi
  • Melawan Infeksi
  • Menjaga Daya Tahan Tubuh
  • Sumber Energi
  • Mengontrol Tekanan Darah

Nah itulah beberapa informasi mengenai buah durian daun yang bisa kamu ketahui, baik ciri khas, harga, kandungan dan manfaatnya untuk tubuh.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i