CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Buah dan Daun Berenuk serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Buah dan Daun Berenuk serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Buah berenuk, manfaat buah berenuk untuk kesehatan
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Apakah kamu tahu dengan buah satu ini? Namanya adalah berenuk, buah satu ini kerap di tanam di pingiran jalan sebagai pohon peneduh. Walaupun begitu tak banyak orang tahu tentang manfaat buah berenuk secara menyeluruh, kebanyakan orang hanya menganggapnya acuh saja. Yuk simak lebih lanjut tentang tanaman satu ini.

Mengenal Buah Berenuk

Crescentia cujete atau kerap di sapa berenuk, merupakan pohon yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian tropis. Ciri khas tumbuhan satu ini ialah memiliki daun yang tersusun tiga berpasangan, pohonya tinggi dan dapat mencapai 10 meter, sedangkan buahnya bundar besar dengan bentuk hampir bulat sempurna seperti bola serta memiliki cangkang yang keras.

Buah berenuk memiliki warna hijau hingga hijau kekuningan saat telah tua, serta rasa yang cukup pahit di lidah. Beberapa orang kerap menyebutnya dengan buah maja, walaupun begitu maja dengan berenuk sedikit memiliki perbedaan.

Di Indonesia kamu bisa menemukan tanaman ini dengan mudah, batangnya yang tinggi dan daunya yang rimbun, membuat berenuk kerap di tanam sebagai pohon peneduh.

Banyak orang tak tahu akan khasiat dari buah bulat satu ini, sehingga membiarkan begitu saja membusuk. Namun nyatanya ia memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh.

Kandungan Buah Berenuk

Ada beberapa kandungan nutrisi mulai dari vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, beberapa kandungan tersebut ialah :

  • Flavonoid
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Saponin
  • Karbohidrat
  • Niasin
  • Serat
  • Polifenol
  • Fosfor

Manfaat Buah Berenuk Untuk Kesehatan

Buah berenuk untuk obat
Sumber foto : istockphoto
Banyaknya senyawa yang terkandung pada buah berenuk, tentu saja jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang benar akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Lantas apa saja manfaatnya? Yuk kita simak lebih lanjut.

1. Obat batuk

Manfaat yang pertama bisa mengatasi masalah batuk berdahak pada seseorang. Tahukah kamu bahwa ada kandungan ekspektoran di dalam buah bulat satu ini, yang mana ekspektoran adalah termasuk obat penghilang lendir pada tenggorokan, hidung dan bagian saluran pernafasan lainya. (Sc)

2. Menjaga kekebalan tubuh

Dengan adanya kandungan anti-oksidan pada buah berenuk maka hal ini dapat berguna untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi pemakanya.

Sehingga dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, kamu tidak akan mudah terserang berbagai penyakit ringan seperti flu, demam, batuk dan infeksi.

3. Obat diare alami

Jika kamu sedang mengalami masalah diare atau sakit perut, cobalah untuk tidak terburu-buru mengkonsumsi obat-obatan instan. Gunakan cara yang lebih alami seperti memanfaatkan buah berenuk salah satunya.

Adanya kandungan pencahar di dalam buah, yang mana dapat mengatasi beberapa masalah pada area pencernaan seperti sakit perut, diare dan keam. Selain itu beberapa kandungan lainya juga dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab timbulnya masalah pencernaan.

4. Diklaim dapat meredakan asma

Asma adalah suatu kondisi ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir berlebih sehingga menyulitkan bernapas

Untuk itu buah berenuk ini memiliki kandungan senyawa yang mampu meredakan masalah pernafasan, dan salah satunya adalah asma serta lendir pada saluran pernafasan.

5. Mengatasi masalah sembelit

Sembelit dapat terjadi pada siapapun, terutama bagi orang yang kurang konsumsi serat dari buah dan sayuran.

Nah, jika kamu mempunyai masalah sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi berenuk dalam beberapa hari kedepan. Walaupun rasanya pahit namun ia bisa mengatasi masalah sembelit karena kandungan seratnya.

6. Obat penurun panas demam

Salah satu khasiat buah berenuk selanjutnya ialah memiliki sifat anti-bakteri alami serta dapat mencegah infeksi. Itulah mengapa buah ini cukup baik jika di manfaatkan saat seseorang sedang terkena demam.

Suhu badan yang meningkat di sebabkan karena tubuh yang sedang melawan bakteri secara langsung. Peranan berenuk di sini ialah memaksimalkan dalam membantu tubuh melawan infeksi bakteri, kuman dan virus penyebab demam.

7. Diklaim menurunkan kadar gula

Menurut penelitian Davao Medical School Foundation, membuktikan bahwasanya buah berenuk memiliki efek menurunkan gula darah pada hewan yang sedang di uji coba.

Beberapa pakar peneliti lainya juga mengklaim dengan memberikan rebusan buah berenuk pada hewan mamalia seperti kelinci yang di induksi dengan hiperglikemia dan membandingkan dampaknya dengan Metformin, yaitu obat penderita diabetes.

Menunjukan bahwa rebusan tersebut memiliki daya penurunan kadar gula darah yang signifikan. Walau begitu pengujian baru pada sebatas hewan saja, khasiat pada manusia masih di butuhkan penelitian lebih lanjut.

8. Menjaga kesehatan hati

Menurut para pakar peneliti buah berenuk memiliki kemampuan dalam mencegah inflamasi, pembengkakan, infeksi dan mencegah peradangan. Tentunya hal ini akan berguna untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh agar tidak terjadi peradangan yang mengancam kesehatan.

9. Mengandung antioksidan

Beberapa senyawa seperti polifenol, flavonoid, dan saponin pada buah berenuk diketahui dapat berperan dalam tubuh sebagai sumber antioksidan yang baik.

Mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup perharinya, dapat berguna dalam menangkal radikal bebas dan mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker maupun tumor.

Manfaat Buah Berenuk Untuk Kulit

manfaat buah berenuk untuk kulit
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/pijat-tangan-pengobatan-jari-tetap-2133272/
Tak hanya di konsumsi saja, buah dengan rasa pahit ini ternyata mempunyai khasiat untuk kulit loh. Dagingnya bisa digunakan sebagai luluran atau pelembab yang baik dan menyehatkan, berikut beberapa khasiat berenuk untuk kulit tubuh.

1. Mengatasi gatal gatal

Daging buahnya dapat mengatasi beberapa jenis gatal-gatal pada kulit, contonya seperti gatal karena bekas luka, gatal gigitan serangga, gatal koregang dan gatal karena bisul.

Cara menggunakanya cukup ambil beberapa sendok daging buah kemudian langsung saja balurkan ke area kulit yang gatal tersebut.

2. Membantu menghilangkan bekas luka dan menyamarkan

Manfaat buah berenuk dalam membantu menghilangkan bekas luka dan menyamarkan, dikarenakan adanya beberapa kandungan senyawa seperti antioksidan, vitamin E, vitamin C dan beberapa mineral lainya yang mampu meningkatkan warna pigmen kulit.

3. Mencegah kerusakan sel

Radikal bebas adalah salah satu dari banyak penyebab kerusakan sel pada manusia. Radikal bebas yang berasal dari lingkungan dapat membuat jaringan sel kulit rusak, tampak lebih tua dan bisa mencipkatan kerutan. 

Untuk itu kamu memerlukan asupan antioksidan yang cukup sebagai salah satu perlawanan terhadap radikal bebas. Cara menggunakanya selain di konsumsi kamu juga bisa menggunakanya sebagai ramuan lulur kulit.

Manfaat Daun Berenuk dan Cara Mengolahnya

Setelah mengetahui manfaat buahnya, kamu juga harus mengetahui tentang khasiat dari daunya juga. Daun dari tanaman Crescentia cujete sudah sejak lama di manfaatkan sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Untuk itu simak di bawah ini beberapa manfaat daun berenuk untuk tubuh, dan cara mengolahnya :

1. Menghentikan luka berdarah

Daunnya dapat di manfaatkan sebagai obat pengering luka sekaligus mencegah pendarahan yang sedang terjadi. Cara mengolahnya cukup dengan meremas beberapa daun muda kemudian tempelkan pada kulit yang terluka, setelah itu tutup kembali menggunakan daun lebar.

2. Menurunkan tekanan darah

Daun dari pohon berenuk setidaknya juga memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah dan sakit kepala yang sedang kamu alami. 

Hal ini di betulkan dengan adanya beberapa kandungan yang bersifat antioksidan yang mampu mengatasi penyumpatan pembuluh darah, melemaskan dinding pembuluh serta mencegah naiknya kadar kolesterol.

3. Meringankan sakit gigi

Daun berenuk dapat meringankan masalah sakit gigi pada seseorang berkat kandungan yang bersifat antibakteri, antiradang dan antiinflamasi. Di sisi lain kandunganya juga dapat membunuh bakteri yang ada pada gigi berlubang.

Kamu bisa menggunakanya dengan cara mengunyah daun beberapa menit kemudian berkumur-kumur. Baiknya lakukan berulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Meredakan sesak nafas

Cara mengolahnya ambil beberapa lembar daun berenuk yang kering, kemudian rebus dengan dua gelas air dan masak hingga airnya berkurang separuh.

Setelah itu dihirup beberapa kali, lau kemudian minum selagi hangat, jika terasa pahit buat kamu tambahkan sedikit madu untuk perasa.

5. Bersifat diuretik

Daunya dapat bersifat diuretik yaitu mempunyai kemampuan dalam mempercepat pembentukan atau laju urine. Hal ini dapat berguna dalam mencegah pembentukah mineral garam pada kandung kemih dan pengkristalan batu ginjal.

Cara Menyimpan Buah Berenuk Agar Awet dan Tahan Lama

Sebenarnya berenuk dapat bertahan cukup lama pada suhu ruangan, hal ini dikarenakan bagian kulit luarnya yang keras seperti cangkang. Namun walaupun begitu ia tak tahan jika terkena air terlalu lama.

Buah akan cepat busuk jika disimpan pada suhu yang lembab dan dingin. Jadi ikan ingin menyimpanya dan dapat tahan lama baiknya letak pada tempat yang kering, serta hindari dari lantai dengan memberi alas. 

Dengan begitu buah dapat awet sekaligus nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

Efek Samping Buah Berenuk 

efek samping buah berenuk
Sumber foto : dreamstime
Walau nyatanya bisa dikonsumsi dan baik untuk kesehatan, namun tentunya tidak dalam jumlah yang berlebihan. 

Mengkonsumsi segala sesuatu dalam jumlah yang berlebihan tanpa adanya dosis atau takaran yang sesuai justru hanya akan menimbulkan masalah lainya. Nah berikut ini beberapa efek samping buah berenuk yang mungkin saja bisa terjadi.

1. Memiliki rasa pahit dan getir

Buahnya memiliki rasa pahit dan sedikit getir, mungkin saja bagi sebagian orang ini akan membuat masalah, terutama dapat merubah nafsu makan.

2. Menyebabkan mual dan muntah

Beberapa kandungan seperti flavonoid, saponin dan polifenol jika dikonsumsi dalam jumlah yang belebihan bisa menimbulkan rasa mual, muntah dan teremor.

3. Pusing dan sakit kepala

Bagi sebagian orang mungkin juga akan merasakan sakit kepala dan pusing jika tidak terbiasa mengkonsumsi buah satu ini.

4. Diklaim dapat memperburuk ginjal

Beneruk mengandung mineral magnesium yang cukup tinggi, dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak secara berkala bisa menyebabkan hipermagnesemia. Yaitu suatu kondisi kelebihan jumlah magnesium yang belebihan dalam tubuh.

Hal ini bisa mengurangi kinerja ginjal dalam melalukan tugasnya menyaring urin dan cairan metabolisme.

5. Berenuk sebabkan sakit perut

Beberapa kandungan pada buah berenuk bisa sebabkan masalah sakit perut dan diare, terutama bagi orang yang mempunyai perut sensitif dan masalah pada pencernaan.

6. Efek samping lainya

Efek samping lainya dari buah berenuk adalah memungkinan seseorang mengalami flushing, tekanan darah turun, dan keringat yang berlebihan.

Nah itulah beberapa efek sampingnya yang bisa kamu ketahui, namun kamu tak perlu khawatir. Selama mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan masih di kategorikan aman bagi tubuh. Namun jika kamu ragu dapat pertanyakan kepada ahli gizi dam makanan.

Cukup sampai disini pembahasan tentang buah berenuk, mulai dari manfaat dan khasiat untuk tubuh , cara mengolah dan menyimpan serta efek sampingnya bagi tubuh.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i