32 Varian Jenis Buah Berry Unik, Langka, Yang Patut Diketahui

Healty99 - Hayo, siapa yang gemar mengkonsumsi buah-buahan ini? Berry merupakan buah-buahan yang populer dan terkenal diseluruh dunia, ada banyak jenis varian buah berry yang patut kamu ketahui. Disamping itu buah dengan rasa asam manis satu ini juga memiliki bentuk, ukuran dan warna yang menarik.

Berry (beri) termasuk kedalam buah-buahan super alias super fruit yang mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan. Banyak orang mengkonsumsinya bukan karena bentuk dan rasanya yang menyegarkan, namun dari segi kandungan dan khasiat yang ada didalamnya.

Buah berry sangat digemari karena sangat mudah diolah, baik itu sebagai jus, selai, sirup, makanan sehat (diet), toping kue dan lainnya. Umumnya kita mengenal jenis buah berry ialah seperti strawberry, blueberry, blackberry dan mulberry. Namun tahukah kamu bahwa masih ada banyak jenis buah berry lainya yang menarik untuk diketahui. 

Penasaran, yuk simak macam-macam jenis buah berry unik dan patut diketahui, diantaranya :

1.  Cloudberry

gambar buah cloudberry, macam macam buah berry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/memetik-cloudberry-liar-kuning-1290267/
Yang pertama adalah buah Cloudberry. Buah satu ini memiliki bentuk mungil yang hidup liar dikawasan kutup (dingin) sekitaran Rusia, Belarus dan Tundra dan dapat dijumpai didaerah rawa basah. Cloudberry sendiri batang pohon yang tidak terlalu tinggi, memiliki buah mungil dengan warna orange kemerahan dan akan matang saat kelopak pembungkus buah sudah mekar.

Cukup sulit menjumpai buah satu ini dikarenakan hanya akan mulai berbuah saat musim dingin telah selesai. Untuk rasa Cloudberry memiliki sedikit rasa manis dan lebih dominan keasam.

2. Salmonberry

gambar buah salmonberry, jenis jenis buah berry
Sumber foto : Istockphoto
Salmonberry merupakan buah yang berasal dari pohon dengan nama latin Rubus spectabilis. Yang diketahui masih termasuk kedalam family (Rosaceae) mawar. Salmonberry kerap ditemukan tumbuh liar dan dapat dijumpai dikawasan pantai barat Amerika Utara hingga bagian California, namun juga bisa ditemukan pada pedalaman sejauh Idaho

Sekilas memang buah salmonberry sangat mirip dengan buah blackberry dan raspberry, selain itu dari segi rasa buah salmonberry mirip dengan kebanyakan buah berry pada umumnya yaitu asam dengan sedikit rasa manis.

-Macam-macam buah beri-

3. Cranberry

gambar buah cranberry buah unik hidup didalam air
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/cranberry-berry-hutan-sehat-2907901/
Selanjutnya ada buah Cranberry. Berbeda dari kebanyakan tanaman berry lainya yang hidup didarat, dimana tanaman Cranberry hidup dan berhabitat didalam air. Lebih tepatnya berry satu ini hidup dan dibudidaya dirawa-rawa atau kolam.

Ukuran buah Cranberry tidaklah terlalu besar, kurang lebih sebesar buah anggur, namun dengan warna kulit buah yang berwarna merah serta daging buah berwarna putih. Buah buat satu ini juga banyak digemari, baik itu diolah menjadi jus maupun selai yang enak.

Disamping rasan buahnya yang asam, namun siapa sangka Cranberry menyimpan segudang manfaat baik untuk para penikmatnya, pasalnya buah berry satu ini tinggi akan kandungan vitamin dan antioksidan.

4. Strawberry

gambar buah strawberry, macam-macam buah berry liar
Sumber foto : Pixabay
Kalau Strawberry siapa yang tak megenalnya. Stroberi biasa disebut oleh kita, merupakan buah dengan nama latin Fragaria × ananassa yang populer dan banyak digemari. Walaupun rasanya terbilang cukup asam namun buah satu ini disukai oleh banyak kalangan, terlebih lagi jika melihat dari segi kandungan stroberi yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Buah dengan warna merah menyala satu ini sangat enak dinikmati selagi segar, namun jika kamu tidak terlalu menyukai dengan rasa asam dari stroberi takperlu khawatir, pasalnya ada banyak olahan yang menggunakan buah Strawberry seperti selai, sirup, jus dan kue.

5. Raspberry

gambar buah rapsberry, kumpulan macam-macam buah berry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/raspberry-merah-buah-buahan-berries-1239435/
Selanjutnya ada buah Raspberry atau yang biasa kita kenal dengan rasberi. Jenis berry satu ini diketahui masih termasuk kedalam famili mawar yang bergenus Rubus. Buah Raspberry terbilang banyak digemari dan dicari, terutama untuk keperluan asupan makanan sehat bergizi.

Hal ini dikarenakan Raspberry mengandung tinggi serat ketimbang gula yang tentunya sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan.

6. Blackberry

blackberry, daftar keluarga buah berry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/blackberry-bramble-berries-segar-1539540/
Blackberry atau beri hitam, yap sesuai namanya buah satu ini memiliki warna yang hitam pekat. Blackberry juga buah termasuk kedalam dari genus Rubus, sekilas buah satu ini juga mirip dengan raspberry hanya saja dari segi warnanya yang cukup berbeda.

Buah berry satu ini juga yang populer dibanyak kalangan, terutama setelah diolah menjadi campuran minuman maupun makanan sehat. Disisi lain buah Blackberry memiliki rasa yang kuat dengan sedikit lebih pahit dibandingkan dengan buah berry pada umumnya. 

Namun dibalik itu, Blackberry merupakan buah yang dikenal akan kandungan g serat pangan, vitamin C, vitamin K, asam folat, vitamin B yang tinggi.

-Jenis-jenis buah beri-

7. Pineberry

pineberry jenis beri kultivar
Pineberry merupakan sebuah penyebutan orang luar negeri yang merujuk dari pada buah Strawberry berwarna putih. Umumnya buah Strawberry kita kenal ialah memiliki warna yang merah serta rasa yang sedikit asam.

Nah, sedangkan Pineberry merupakan hasil kultivar dari sekelompok tanaman sejenis yang kemudian dipilih dan dibedakan secara jelas dari kelompok lainya. Buah berry satu ini memiliki bentuk mirip dengan Strawberry namun dengan daging buah berwarna putih, biji yang merah serta rasa mirip seperti nanas. 

8. Gooseberry

buah beri unik gooseberry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/gooseberry-buah-buahan-pohon-176450/
Berikutnya adalah buah Gooseberry atau Ribes hirtellum. Berry satu ini diketahui berasal dari India dan Nepal, dengan ukuran yang terbilang kecil, berwarna hijau hingga merah dan mempunyai rasa asam yang cukup kuat.

Jika dimakan saat masih mentah, maka rasa Gooseberry mirip seperti buah anggur asam. Sementara Gooseberry yang telah matang akan berubah warnanya menjadi merah, serta memiliki rasa sedikit lebih manis namun tidak menghilangkan rasa asamnya.

9. Bilberry

gambar buah beri bilberry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/buah-bilberry-amerika-vitamin-alam-3854073/
Bilberry atau bilberi (Vaccinium myrtillus L) adalah spesies tanaman semak Eurasia dalam genus Vaccinium, dengan bentuk bulat berwarna biru pekat atau biru tua, tentu saja buah berry satu ini bisa dikonsumsi.

Bentuknya memang mirip dengan buah Blueberry, yap hal tersebut terbilang wajar karena memang masih sama-sama dalam genus Vaccinium. Selain itu buah bilberry juga kerap dibilang Blueberry Eropa hanya saja kedua Blueberry dengan Bilberry memiliki sedikit perbedaan.

10. Boysenberry

boysenberry, buah beri unik
Sumber foto :https://pixabay.com/id/photos/boysenberry-alam-memetik-manis-4381966/
Buah selanjutnya ialah ada Boysenberry. Boysenberry memang sangat mirip dengan buah Blackberry, hal ini dikarenakan Boysenberry adalah hasil dari persilangan di antara raspberry Eropa, blackberry Eropa, dewberry Amerika, dan loganberry.

Hasil persilangan tersebut menghasilkan Boysenberry dengan bentuk buah dan biji yang cukup besar dan menghasilkan warna merah tua pekat. Untuk rasa buah satu ini sama saja seperti kebanyakan berry pada umumnya.

-Macam-macam buah berry-

11. Huckleberry

bentuk buah huckleberry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/buah-di-tetons-biru-berries-grand-3850671/
Berikutnya adalah buah Huckleberry. Huckleberry merupakan buah asal Idaho, lebih tepatnya negara bagian Amerika Serikat yang terletak di bagian utara. Sekilas buah satu memang mirip dengan buah Blueberry, hanya saja Huckleberry memiliki warna yang lebih gelap dan ukuran yang terbilang cukup kecil.

Buah Huckleberry sering tumbuh liar di semak dan kebun, tak jarang beberapa masyarakat setempat mengambil buah berry satu ini secara bebas.

12. Mulberry

mulbery yang enak dan menyehatkan
Sumber foto : pixabay
Mulberry atau murbei diketahui berry satu ini dapat dengan mudah dijumpai mulai dari daerah subtropis Asia, Afrika dan Amerika. Termasuk juga dapat ditemukan di negara Indonesia, buah Mulberry juga biasa disebut dengan Bebesaran oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Diketahui didaerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, ditemukan salah satu jenis tanaman murbei yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun. 

Buah Murbei juga cukup terkenal, dan beberapa orang juga kerap mengkonsumsi buah satu ini, sebagai makanan sehat yang tinggi akan kandungan mineral serta vitamin.

13. Blueberry

jenis jenis buah beri
Sumber foto : pixabay
Siapa yang tak tahu dengan buah Blueberry. Sesuai namanya Blueberry mencirikan bahwa buah satu ini memiliki warna biru. Bluberi merupakan tanaman semak yang masih dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus.

Spesies satu ini dapat tumbuh dengan mudah dan ditemui pada kawasan Amerika Utara dan sekitarnya. Ukuran buah satu ini juga tak terlalu besar, dimana Blueberry biasa berukuran 0,5 hingga 1,5 cm.

Walaupun ukuranya kecil, namun banyak orang menggunakan buah satu ini sebagai makanan konsumsi seperti jus, selai sirup ataupun sebagai perwarna.

-Jenis-jenis buah berry-

14. Goji berry

buah goji beri kering
Sumber foto : Istockphoto
Berikutnya ada Goji berry, berbeda dengan kebanyakan buah berry pada umumnya yang kerap dikonsumsi secara langsung selagi segar, buah Goji berry malah sering dikonsumsi dalam bentuk kering (dijemur hingga airnya menyusut), alias kismis. Walaupun begitu ciri khas rasa buahnya tidak menghilang.

Buah berry satu ini juga memiliki banyak penyebutan yang diantaranya berupa Goji,Gugija, atau wolfberry, yang berasal dari pohon dengan nama latin Lycium barbarum or Lycium chinense, dan keduanya diketahui masih dalam satu famili Solanaceae.

Walaupun begitu kedua jenis Goji berry diatas memiliki perbedaan yang tak tampak, alias perbedaan terletak pada kandungan gula dan rasa buah.

15. Acai Berry

bentuk buah acai berry
Sumber foto : Istockphoto
Acai Berry merupakan buah yang dicap sebagai buah super karena kandungan nutrisi didalamnya. Selain itu buah yang mirip anggur ini diketahui berasal dari negara bagian Amerika Selatan dan telah banyak dibudidayakan sebagai bahan pangan.

Bentuknya tak terlalu besar, yaitu kira-kira sebesar buah anggur pada umumnya, namun dengan warna hitam yang pekat. Disamping itu buah satu ini juga memiliki rasa yang asam dan manis menyegarkan.

16. Elderberry

gambar buah elderberry
https://pixabay.com/id/photos/lebih-tua-elderberry-berry-jus-4434796/
Berikutnya ada Elderberry atau dikenal juga dengan buah Sambucus. Berry satu ini diketahui masih satu keluarga dengan Adoxaceae, yaitu salah satu tumbuhan berbunga yang menghasilkan buah.

Elderberry merupakan tanaman semak peredu yang tak terlalu tinggi, buahnya akan muncul pada ujung ranting dengan bergerombol (banyak). Ukuran buahnya pun tak terlalu besar, namun siapa sangka dibalik ukuranya yang kecil buah Elderberry mengandung sejumlah khasiat yang luar biasa untuk tubuh.

17. Goldenberry

buah goldenberry
Sumber foto : Istockphoto
Ada yang tahu dengan Golden berry? Golden berry merupakan penyebutan untuk tanaman yang masih sejenis dengan ciplukan atau cecendet, namun dengan bentuk dan ukuran yang sedikit berbeda. Bisa dikatakan bahwa Golden berry merupakan kualitas super dari buah ciplukan.

Di Indonesia berry satu ini biasa dikenal dengan nama Ciplukan Badak, namun perlu kamu ketahui bahwa Goldenberry berasal dari kawasan Amerika Selatan, Peru dan Kolombia.

Disamping itu buah Golden berry atau Physalis peruviana, memiliki ukuran yang lebih besar dari tanaman ciplukan liar, berwarna orange keemasan sesuai namanya Golden, serta memiliki rasa manis segar.

18.  Chokeberry

gambar buah aronia berries atau chokeberry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/aronia-berry-chokeberry-hitam-5442465/
Chokeberry atau biasa dikenal dengan nama buah aronia merupakan salah satu jenis buah berry yang mempunyai rasa yang paling pahit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa tanin yang terbilang tinggi di dalam buah satu ini.

Tingginya kandungan tanin pada buah Chokeberry membuat para penikmatnya merasakan sensasi mulut kering. Walaupun begitu buah Chokeberry mempunyai beberapa manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

-Macam-macam berry liar-

19. Lingonberry

bentuk buah cowberry atau lingonberry
Sumber foto :https://pixabay.com/id/photos/cowberry-lingonberry-ranting-ranting-1739756/
Vaccinium vitis-idaea
atau biasa dikenal juga dengan buah lingonberry, partridgeberry, mountain cranberry atau cowberry. Diketahui berry satu ini berasal dari hutan boreal dan tundra Arktik di seluruh bagian Bumi Utara, dari Eropa, Asia hingga Amerika bagian Utara.

Lingonberry memiliki warna buah merah dengan ukuran yang terbilang kecil dan memiliki ciri khas rasa pahit bercampur asam. Buah ini lebih sering diolah menjadi selai, sirup, hingga jus.

20. Tayberry

gambar buah tayberry
Sumber foto : dreamstime.com
Selanjutnya ada Tayberry. Tyberry juga merupakan hasil dari persilangan antara blackberry dan raspberry merah. Dimana nama Tay sendiri diambil dari sebuah nama sungai Tay di Skotlandia.

Tayberry sangat mirip dengan loganberry, hanya saja loganberry merupakan hasil persilangan yang tidak disengaja. Disisi lain Tayberry dibudidayakan secara khusus sehingga dari segi rasa terbilang lebih manis ketimbang buah loganberry.

21. Loganberry

bentuk buah logan berry
Sumber foto : dreamstime.com
Loganberry merupakan salah satu tanaman hibrida, yaitu hasil persilangan antara blackberry Amerika Utara dan raspberry Eropa. Meskipun bentuk dan ukuran lebih mirip dengan buah blackberry dari pada raspberry, namun dari segi rupa, warna buahnya merah tua dan bukan hitam seperti buah blackberry.

Buah Loganberry cukup populer dikalangan banyak orang, hanya saja terkadang salah menyebutkan nama dikarenakan kemiripan.

22. Anggur

bentuk buah anggur
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/anggur-tanaman-merambat-selentingan-553464/
Hayo pasti sudah tahu dengan buah satu ini kan? Yap, anggur merupakan buah yang masih kategori berry. Buah satu ini memiliki banyak varian dan jenis, sehingga ada banyak macam buah anggur yang dihasilkan dari antar persilangan.

Disisi lain, Anggur merupakan satu-satunya buah berry yang menghasilkan fruktosa, alias gula alami dan glukosa sehingga mudah dicerna tubuh dan dapat menjadi sumber energi bagi manusia.

-Kumpulan buah berry-

23. White mulberry

Bentuk buah white mulberry
Sumber foto : dreamstime.com
White mulberry atau murbei putih merupakan varian dari family Moraceae. Umumnya kita kenal mulberry berwarna hitam dan merah akan tetapi jenis berry satu ini memiliki warna putih seperti susu.

Tak banyak yang tahu dengan tanaman satu ini, terlebih lagi para petani yang membudidayakan juga tidak terlalu banyak.

24. Crowberry

bentuk buah crowberry
Sumber foto : dreamstime.com
Selanjutnya ada Crowberry atau empetrum nigrum, black crowberry. Yaitu buah berry liar dengan bentuk bulat kecil sekitar 4 hingga 6 mm, dan berwarna hitam atau hitam keunguan tetapi kadang-kadang merah.

Walaupun termasuk kedalam jenis berry liar yang tidak ditanam, namun Crowberry bisa dikonsumsi secara langsung, akan tetatpi kebanyakan buah satu ini diolah menjadi pewarna.

25. Hawthorn berry

bentuk buah hawthorn berry
Sumber foto : dreamstime.com
Hawthorn merupakan tanaman semak berduri yang masih satu keluarga dengan mawar. Tumbuhan satu ini diketahui berasal dari kawasan Eropa, Amerika Utara hingga Asia bagian Utara. Biasanya berry satu ini akan mekar pada bulan Mei, dan kemudian akan mulai mucul cikal-bakal buah. 

Penyebutan berry satu ini juga beragam, mulai dari aubepine, hagthorn, hedgethorn, Crataegus laevigata, Chinese hawthorn, English hawthorn, ladies' meat, shanzha, whitehorn, maybush, mayflower, maythorn, dan oneseed hawthorn.

Biasanya berry haws dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi dalam bentuk permen, selai, toping atau dikonsumsi sevara langsung.

26. Gin berry 

bentuk buah ginberry
Sumber foto : on google
Selanjutnya ada Gin berry atau orange berry. Yaitu buah dari pohon dengan nama latin Glycosmis pentaphylla, yang termasuk kedalam spesies tanaman berbunga dalam keluarga Rutaceae.

Tanaman satu ini menghasilkan buah yang berukuran kecil pada pucuk daun yang biasa dikenal sebagai buah orangeberry atau Gin berry. 

Diketahui tanaman satu ini berasal dari Asia Tenggara dan Australia utara lalu kemudian banyak dibudidayakan untuk diambil buah merah mudanya, karena Gin berry bisa dimakan.

-Macam-macam varian buah berri-

27. Bearberry

buah bearberry, macam-macam buah beri
Sumber foto : dreamstime.com
Bearberry adalah salah satu dari tiga jenis berry dari genus Arctostaphylos. Tumbuhan Bearberry tidak tinggi dan biasa hidup liar pada semak-semak dan bebatuan, memiliki buah kecil dengan warna merah, serta dapat dijumpai dibeberapa kawasan Amerika Utara, Asia hingga Eropa.

Dinamakan Bearberry dikarenakan buah satu ini makanan favorit beruang disana, namun kamu juga bisa mengkonsumsinya loh, hal ini dikarenakan buah Bearberry menyimpan kandungan nutrisi yang baik.

28. Fairy bell berry

bentuk buah fairy bell berry Prosartes trachycarpa
Berikutnya ada Fairy bell berry (Prosartes trachycarpa) atau biasa dikenal dengan fairybells buah sukun, fairybells berbuah kasar, yaitu salah satu spesies tanaman Amerika Utara dalam family lily, dan diketahui tersebar luas mulai dari British Columbia ke Ontario hingga bagian selatan ke Arizona dan New Mexico.

Entah kenapa dinamakan buah Fairy bell berry, hanya saja kebanyakan orang mengangap bentuknya yang kecil, berwarna orange hingga merah mirip seperti lonceng pada dongeng cerita peri. 

29. False Solomon's seal

Bentuk buah False Solomon's seal atau dengan nama latin Maianthemum racemosum
Sumber foto : dreamstime.com
Berikutnya ada False Solomon's seal atau dengan nama latin Maianthemum racemosum. Tanaman satu ini merupakan spesies tanaman berbunga asli Amerika Utara, namun dapat juga ditemukan pada kawasan Kanada dan sekitarnya.

False Solomon's seal menghasilkan bunga dan buah yang berukuran kecil, buahnya kerap disebut juga dengan treacleberry, segel Salomo palsu, atau spikenard palsu, Smilacina racemosa, dan Vagnera racemosa.

Namun sayang sekali bahwa berry satu ini tidak bisa dikonsumsi, karenanya mengandung racun yang cukup berbahaya jika terkonsumsi, beberapa orang hanya sering memanfaatkan akar tanaman sebagai obat herbal.

30. Solomon's seal 

bentuk buah Solomon's seal atau dengan nama latin Polygonatum commutatum
Sumber foto : dreamstime.com
Walaupun memiliki kemiripan nama dengan buah berry diatas, namun Solomon's seal dengan False Solomon's seal memiliki perbedaan yang mencolok. Solomon's seal atau dengan nama latin Polygonatum commutatum merupakan tanaman semak bertangkai tungal yang biasa diatanam sebagai tanaman hias.

Solomon's seal menghasilkan buah bulat kecil dengan warna ungu kehitaman yang tubuh pada bagian batang hingga ke ujung. Bunganya sangat cantik saat mulai tumbuh dengan warna putih yang mengantung pada batang.

Akan tetapi, sekali lagi bahwa buah berry liar satu ini tidak bisa dikonsumsi, alias mengandung racun bagi tubuh. Pemanfaatan hanya terletak pada bagian tunas akarnya saja.

31. Dogwood berry

bentuk buah Dogwood berry (Cornus kousa)
Sumber foto : dreamstime.com
Dogwood berry (Cornus kousa) merupakan salah satu tanaman perdu yang cukup tinggi. Dogwood berry diketahui tanaman asli Asia Timur termasuk juga Korea, Cina hingga Jepang. Berry satu ini kini mulai banyak Dibudidayakan secara luas, baik itu sebagai tanaman hias, maupun keperluan konsumsi.

Bentuk buah dogwood berry terbilang unik yaitu bulat dengan ukuran 2 hingga 3 cm, berwarna merah beri, serta memiliki bintik pada bagian kulit buah. Sekilas memang bentuknya agak menyeramkan, namun dari segi rasa buah satu ini tidak mengecewakan.

Berry satu ini dapat dimakan, dan mempunyai rasa manis serta lembut dimulut. 

32. Miracle berry

bentuk buah Miracle berry
Sumber foto : dreamstime.com
Miracle berry atau biasa disebut juga Mirecle fruit (buah ajaib) merupakan buah yang berasal dari tanaman dengan nama latin Synsepalum dulcificum berwarna merah menyala dan terkadang sedikit orange.

Miracle berry memiliki biji yang cukup besar dan saat dimakan bisa membuat makanan yang asam (seperti jeruk limau atau lemon) menjadi terasa manis. Buah yang kerap disapa buni ini juga memiliki kandungan gula yang rendah serta akan terasa bau yang manis yang menyengat saat dicium.

Nah itulah beberapa macam-macam atau beberapa jenis buah berry (beri) unik, langka yang patut kamu ketahui.

Baca terus di healty99.com untuk mencari tahu info seputar buah-buahan dan tanaman unik lainya.


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i