Dikenal Langka, Ternyata Stroberi Putih Dibandrol Dengan Harga Tinggi

pineberry, white strawberry, stroberi putih
Sumber foto : cleaneatingmag
Healty99 - Siapa yang tak tahu dengan buah strawberry, salah satu buah berry yang sangat populer di seluruh dunia dan banyak orang menyukai. Hal ini karena rasanya yang lezat dan mudah untuk di olah menjadi aneka makanan, mulai dari selai, sirup, jus, dessert, cake, pie, dan garnish, atau dikonsumsi secara langsung

Umumnya kita mengenal stroberi dengan warna ciri khasnya yaitu berwarna merah menyala hingga kebagian dalam dagingnya. Namun tahukah kamu, bahwasanya ada banyak varian jenis buah strawberry yang telah dikembangkan, dan salah satu yang akan kita bahas kali ini ialah jenis stroberi putih. Penasaran? Yuk cari tahu selengkapnya dibawah.

Baca juga :

Macam Macam Buah Berry Dan Gambarnya

Mengenal Stroberi Putih Dan Sejarah

Ilmu pengetahuan tak pernah habis untuk dipelajari, termasuk dalam dunia pertanian. Hal ini lah yang dilakukan oleh seorang pria asal negeri sakura Jepang, yaitu Yasuhito Teshima dalam budidaya tanaman strawberry.

Sekitar tujuh tahun silam di kawasan Prefektur Saga, Kyushu, Jepang, salah satu tempat penghasil stroberi terbaik. Yasuhito Teshima melakukan sebuah penelitian dalam beberapa tahun dengan mempersilangkan beberapa jenis tanaman strawberry, hingga menghasilkan varietas baru jenis buah stroberi putih, yang bahkan warna putih hingga kebagian daging buahnya.

Dari keberhasilanya itu kini tanaman tersebut terus di perbanyak dan hingga sampai di perjual belikan. 

Menurut Yasuhito sendiri untuk menghasilkan strawberry putih, dibutuhkan lebih sedikit intensitas sinar matahari dibandingkan dengan strawberry biasa. Selain itu tingkat keberhasilanya juga tidak banyak yaitu sekitar 10%.

Karena kelangkaanya dan memerlukan perawatan lebih inilah membuat buah putih ini dibandrol alias di jual dengan harga yang cukup mahal.

Rasa

Yasuhito juga mengklaim, walaupun banyak yang membudidayakan tanaman strawberry putih namun jenis miliknya mempunyai ukuran buah yang jauh lebih besar dan rasa yang berbeda.

Nah, jika kamu penasaran dengan rasanya, white strawberry memiliki rasa asam yang lebih ringan dari jenis stroberi merah, bahkan rasanya cendrung mirip seperti buah nanas yang asam manis. Selain itu banyak orang juga merasakan bahwa teksturnya sedikit lebih lembut, terutama pada daging buah bagian luar. 

Manfaat 

Dari segi manfaat stroberi putih tentunya tak jauh beda dari kebanyakan, yang memiliki sejumlah kandungan nutrisi kurang lebih hampir mirip seperti vitamin C, karbohidrat, protein, polifenol, folat, mangan, air, serat, kalium dan lainya.

Mengkonsumsi buah berry satu ini secara langsung ataupun diolah menjadi jus dapat memberi manfaat baik bagi tubuh seperti :

  1. Menjaga kesehatan mata.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Mencegah penyakit kanker. 
  4. Meningkatkan fungsi kinerja otak. 
  5. Mencegah tekanan darah. 
  6. Menangkal radikal bebas
  7. Menyehatkan organ jantung. 
  8. Mencegah risiko terkena stroke. 
  9. Mengontrol kadar gula darah.
  10. Dan masih banyak lagi khasiatnya.

Harga

Dibeberapa belahan dunia stroberi putih kerap dikenal dengan nama White Jewel, permata putih, pineberry atau white strawberry.

Keberadaanya yang sulit didapat dan budidayanya cukup sulit, membuat buah satu ini tak banyak dijual di pasar maupun di toko-toko buah, terutama untuk kualitas super dengan rasa dan ukuran yang terbaik dari jenisnya.

Untuk harga stroberi putih di jepang di jual dengan harga kisaran $10 (140.000,- hingga 150.000,- IDR), sedangkan untuk jenis warna merah dibandrol dengan harga $6-$7 (80.000,- hingga 100.000,- IDR) dengan berat 400 gram per box.

Walaupun harganya cukup tinggi dari biasa, namun ada jenis yang lebih mahal loh, yaitu strawberry Kokota, yang dihargai untuk satu buahnya bisa mencapai $22 (315.000.- IDR) 

Nah tertarik kah kamu untuk memakanya, jika iya kamu bisa membelinya di Jepang secara langsung ke kebun, karena di Indoneisa belum ada yang menaman. 

Cukup sampai disini pembahasan kali ini mengenai strawberry putih atau pineberry, informasi mengenai buah-buahan lainya dapat kamu baca di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i