CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Strawberry Dengan Rasa Manis - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Jenis Strawberry Dengan Rasa Manis

gambar strawberry Sachinoka
Sumber foto : Flickr
Healty99 - Strawberry merupakan buah yang dapat dengan mudah ditemukan dibeberapa belahan dunia, termasuk juga Indonesia. Namun umumnya jenis strawberry yang kita kenal memiliki rasa yang lebih dominan asam, dan kurang terasa manis.

Memang sangat sulit untuk menemukan strawberry dengan rasa manis, bahkan rasa asam pada buah merah ini telah menjadi ciri khasnya. 

Namun tahukah kamu, bahwa ada salah satu varietas tanaman stroberi yang memiliki rasa sedikit lebih manisloh. Walau tidak semanis gula, akan tetapi rasa manisnya cukup terasa jika dibandingkan dengan jenis stroberi lainnya.

Penasaran? Yuk simak lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga : 

Pineberry, Varietas Stroberi Dengan Warna Putih 

Jenis Strawberry Manis Sachinoka 

Strawberry Sachinoka merupakan jenis tanaman yang berasal dari Jepang. Varietas satu ini disebut mempunyai rasa yang lebih manis dan warna yang mencolok.

Walau ukuranya tidak terlalu besar namun Sachinoka menjadi banyak incaran para wisatawan yang ingin mencicipi rasanya secara langsung.

Tidak hanya para menarik perhatian para pengunjung, namun jenis strobei satu ini juga menarik minat para petani yang ingin menanam.

Salah satunya sejumlah petani stroberi dari Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada. Kini mulai beralih ke jenis varietas baru, yaitu Sachinoka atau yang dikenal dengan stroberi Jepang.

Untuk mendapatkan jenis stroberi dengan rasa manis, para petani rela menunggu bibit yang diimpor dari luar negri. Sehingga hal ini diyakinkan bisa menjadi kualitas terbaik untuk bibit kelanjutanya.

Yang menjadi tantangan dalam menanam storberi Sukasada ialah perbedaan suhu dan lingkungan. Di Jepang memiliki empat musim yang jelas, sedangkan Indonesia hanya mempunyai dua musim yaitu kermarau dan penghujan.

Baca juga :

Macam-Macam Buah Berry

Tentunya ini akan menjadi sebuah tantangan bagi para petani, sehingga harus menanam pada bulan-bulan tertentu.

Penanaman strawberry Sukasada biasanya dilakukan dalam ruangan seperti green house, ini dilakukan untuk menghidari beberapa hama yang bisa merusak tanaman secara langsung.

Sebab beberapa jenis strawberry yang sudah terserang hama akan mudah layu dan menjadi mati.

Ciri khas Sukasada apabila sudah matang akan berwarna merah mencolok, bagian luarnya di selimuti warna putih seperti tepung atau salju. Dari segi aroma ia juga harum dan terasa lebih manis dari beberapa varietas lainnya.

Para petani juga mengatakan bahwa secara ekonomis, jenis ini lebih menguntungkan jika dibudidaya sekala besar. Pasalnya dalam satu ranting, bisa menghasilkan 6 sampai 8 buah.

Bahkan untuk nilai jual harganya juga cukup tinggi, yaitu bisa mencapai Rp100.000 per kgnya,

Meski harga jual cukup menjanjikan, namun Sukasada juga memiliki beberapa kekurangan, terutama pada bagian buah. Buahnya memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah hancur.

Sehingga saat memetik dan meletakanya ke wadah harus benar hati-hati agar tidak hancur atau penyet.

Nah itulah jenis strawberry manis yang bisa kamu ketahui. Jika kamu ingin mencari bibit stroberi Sukasada bisa membelinya secara online atau berkunjung ke lokasinya langsung ke petani.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i