CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Varietas Tanaman Strawberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Jenis Varietas Tanaman Strawberry

jenis varietas tanaman strawberry
Sumber foto : pixabay/Henrix_photos
Healty99 - Strawberry merupakan buah yang populer diseluruh dunia, di Indonesia sendiri keberadaanya cukup mudah ditemukan, bahkan sudah ada banyak yang membudidayakanya untuk keperluan komersil.

Umumnya kita mengenal Strawberry sebagai buah dengan warna merah menyala dan rasa yang bercampur manis asam segar. Selain itu adapun jenis pineberry yaitu hasil kultivar tanaman Stroberi yang menghasilkan warna putih dengan rasa yang lebih manis.

Namun tahukah kamu bahwa Stroberi juga memiliki varietas lain loh, bahkan mungkin kamu sendiri tidak mengetahui jenis Strawberry apa yang dimakan dan berasal dari mana.

Timbulnya varietas atau jenis tanaman Strawberry dapat dihasilkan oleh beberapa hal, salah satunya bisa dikarenakan perbedaan lingkungan, hasil persilangan dan tehnik dalam budidaya atau pemeliharaan.

Baca juga :

Jenis Buah Berry

Sehingga hal tersebut nantinya memungkinkan menghasilkan bentuk yang berdeda, baik dari segi ukuran, warna, bentuk buah, waktu panen hingga rasa yang unik.

Penasaran? Untuk itu yuk simak lebih lanjut dibawah ini beberapa jenis varietas Stroberi yang ada ditanam di Indonesia dan didunia.

Jenis Varietas Buah Strawberry

jenis pohon stroberi
Sumber foto : pixabay
Jenis Stroberi dibawah ini adalah varietas dasar yang memiliki ciri khas tidak jauh berbeda dari kebanyakan.

1. Everbearing Strawberries

Everbearing Strawberries ialah jenis Stroberi yang memiliki pertumbuhan lebat, ia juga termasuk penghasil buah. Bisa dibilang buah yang dihasilnya memang tidak terlalu melimpah hingga memenuhui pot.

Namun disisi lain ia juga memiliki keistimewaan, yaitu akan terus berbuah hingga akhir musim panas sehingga kamu bisa menikmati Strawberry segar dalam beberapa bulan kedepan.

2. Sweet Charlie

Sweet Charlie merupakan varietas tanaman Strawberry yang berasal dari Florida, Amerika Serikat dan telah tersebar secara luas di beberapa bagian dunia.

Jenis satu ini banyak dibudidayakan karena produktivitas terbilang tinggi alias cepat berbuah.

3. June-Bearing Strawberries

Seusai namanya June yang mengartikan bahwa tanaman satu ini berbuah pada bulan-bulan Juni.

Ini merupakan jenis Stroberi yang paling mudah ditemukan didaerah Amerika Serikat dan memiliki rasa sedikit lebih manis.

Pada puncaknya, biasa pemanenan buah ada pada bulan tersebut, yang mana petani akan disibukan untuk memanen varietas June-Bearing Strawberries secara bersamaan.

Baca juga :

Manfaat Buah Stroberi Untuk Kecantikan

4. Nyoho Strawberries

Nyoho ialah jenis yang berasal dari negara Jepang dan Korea Selatan.

Ciri khasnya ada pada bagian buahnya dimana lebih mengkilap, padat, serta rasa yang agak manis dan bentuk buah yang lebih lancip atau mengerucut.

5. Day-Neutral Strawberries

Adalah jenis varietas tanaman Strawberry dengan masa berbuah terbagi menjadi tiga priode waktu.

Biasanya akan dimulai pada awal bulan Juni, middle Juli, hingga akhir Agustus tiba.

Saat telah mencapai waktu atau sudah mencapai puncak musim, Stroberi akan menghasilkan buah dengan melimpah, sehingga pada waktu ini kamu bisa menikmati sepuas mungkin.

6. Ozark Beauty

Ozark Beauty merupakan varietas Strawberry yang populer dan berasal dari jenis everberaring atau Strawberry yang bisa tumbuh lebat.

Untuk buahnya sendiri sama yaitu memiliki warna merah terang, dengan rasa manis serta ukuran yang sedikit lebih besar untuk ukuran dari varian everbearing.

Biasanya dalam setahun tanaman ozark beauty akan beberapa kali memasuki masa panen, dan waktu yang paling tepat terjadi pada awal dan akhir musim semi.

7. Chandler

Berikutnya ada Chandler, salah satu jenis varietas Strawberry yang berbuah lebat pada bulan Juni.

Ciri khas buahnya ialah memiliki warna merah mengkilap dengan ukuran yang besar, selain itu jenis satu ini juga memiliki hasil panen yang banyak di seluruh dunia.

Baca juga :

Stroberi Yang Baru Dipetik Baik Untuk Kesehatan Tubuh

8. Sparkle

Ini adalah jenis Strawberry umum, namun telah menjadi primadona banyak orang.

Hal ini karena paling sering diolah untuk dibuat makanan, contohnya seperti sirup, pie, selai dan sebagainya.

Dari segi ukuran Sparkle memliki bentuk yang sedang dan sedikit membutuhkan waktu lebih lama untuk masak dipohon.

Ciri khas lainnya ialah, buahnya berwarna merah tua dengan rasa yang sangat indentik disertai manis asam, serta memiliki tekstur berair yang mampu menyegarkan dahaga jika dikonsumsi langsung.

9. Oso Grande

Berikutnya ada Oso Grande, salah satu varietas asli yang berasal dari California. Oso Grande termasuk paling banyak dikonsumsi, baik itu lokal atau secara luas di seluruh dunia.

Ciri khasnya ialah pohonnya menghasilkan buah yang cukup banyak, dengan ukuran yang lebih besar serta bertekstur padat namun lembut untuk digigit.

Nah itulah beberapa varietas atau jenis tanaman Stroberi yang bisa ditemukan dibeberapa belahan dunia.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah merah satu ini.

Artikel lainnya :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel