Manfaat Mengkonsumsi Stroberi Yang Baru Dipetik

Manfaat Mengkonsumsi Stroberi Yang Baru Dipetik
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/stroberi-buah-musim-makanan-sehat-3359755/
Healty99 - Siapa yang tak tahu dengan buah berry satu ini, warnanya yang merah, mungil dan memiliki biji diluar, membuat stroberi menjadi buah yang poluler dan disukai oleh banyak kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Rasa asam manis yang menyegarkan dari buah strawberry membuatnya sangat cocok dan nikmat jika diolah menjadi makanan maupun minuman. Tak hanya enak, buah merah satu ini juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan loh.

Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi stroberi yang baru dipetik dari kebun dan masih fresh, maka kamu bisa mendapatkan seluruh nutrisi segar yang terkandung didalamnya. 

Baca juga : 

Salmonberry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dikutip dari medicalnewstoday.com setidaknya dalam satu cangkir stroberi segar, sekitar 166 g, mengandung berbagai nutrisi penting yang diantaranya : 

  1. Kalori: 53 kkal
  2. Protein: 1,11 g
  3. Karbohidrat: 12,75 g
  4. Serat makanan: 3,30 g
  5. Kalsium: 27 mg
  6. Besi: 0,68 mg
  7. Magnesium: 22 mg
  8. Fosfor: 40 mg
  9. Kalium: 254 mg
  10. Vitamin C: 97,60 mg
  11. Folat: 40 mikrogram (mcg)
  12. Vitamin A: 28

Dan diketahui juga bahwa Stroberi mengandung berbagai antioksidan kuat, termasuk antosianin, asam ellagic, quercetin, dan kaempferol. Tentu saja dengan mengkonsumsi buah strawberry secara teratur akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Manfaat Buah Strawberry 

manfaat strawberry khasiat stroberi
Sumber foto : Pixabay
Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi stroberi yang baru dipetik, diantaranya (sumber : healthline) :

Baca juga : 

Manfaat Siberi Dalam Air, Cranberry

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama ialah dapat menjaga kesehatan organ jantung kamu. Pasalnya dengan mengonsumsi buah strawberry selagi segar ataupun diolah menjadi jus dapat membuat jantung kamu menjadi lebih sehat.

Kebiasaan satu ini juga bisa mencegah kamu mengalami masalah tekanan darah tinggi, kolesterol jahat, serta masalah peradangan yang berkaitan dengan aliran darah. Disisi lain rutin makan buah merah stroberi juga mampu mencegah terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Makan strawberry selagi segar dalam jumlah cukup dan teratur dapat menunjang kesehatan pencernaan kamu loh. Tingginya kandungan serat, mineral dan air didalam buah satu ini, mampu mencegah beragam masalah pada saluran pencernaan dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.

3. Mencegah Penyakit Stroke

Sebuah meta-analisis 2016 termasuk studi yang menilai antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin. Meta-analisis ini melihat hubungan antara antioksidan yang ada dalam stroberi terhadap risiko penyakit stroke.

Baca juga : 

Mengenal Cloudberry, Siberi Musim Dingin

Ditemukan bahwa buah satu ini cukup mengurangi risiko stroke dan faktor risiko kardiovaskular. Kamu bisa mendapatkan khasiat didalamnya dengan makan buah secara teratur.

Namun ingat jangan terlalu berlebihan ya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kamu

manfaat stroberi meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/stroberi-buah-makanan-makan-manis-4330211/
Setidaknya mengkonsumsi sekitar 150 gram strawberry setiap hari sudah mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C tubuh kamu loh. Dengan terpenuhinya kebutuhan harian vitamin C maka hal ini bisa menunjang daya tahan tubuh kamu.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan buah strawberry segar, baik dimakan secara langsung maupun jus dalam upaya menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ringan.

Baca juga : 

Rutin Makan Buah Ini Manfaat Yang Akan Didapat 

5. Mencegah Masalah Sembelit

Manfaat stroberi selanjutnya ialah bisa mencegah masalah sembelit (susah BAB) atau konstipasi. Khasiat satu ini didasari akan kandungan serat buah dan air yang banyak didalamnya.

Untuk itu jika kamu mempunyai masalah sembelit atau susah buang air besar, cobalah mengkonsumsi jus strawberry segar dalam beberapa hari kedepan.

6. Mencegah Gejala Peradangan

Selain bisa melancarkan saluran pencernaan, buah storberi juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiradang yang bisa mencegah berbagai macam jenis peradangan yang terjadi dalam tubuh, termasuk dalam mengatasi peradangan pada area sendi, gejala alergi dan infeksi.

7. Manfaat Strawberry Mengatur Tekanan Darah

khasiat strawberry stroberi mengatur tekanan darah
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/stroberi-buah-merah-matang-manis-1396330/
Akibat kandungan kaliumnya yang tinggi, membuat stroberi dapat memberikan manfaat yaitu mengontrol tekanan darah tinggi dan aliran darah keseluruh tubuh. Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), kurang dari 2% orang dewasa Amerika memenuhi rekomendasi harian 4.700 mg untuk kalium.

Yang mana hal ini bisa menjadi alternatif dalam mengatur tekanan darah secara alami.

Baca juga : 

Macam Macam Buah Bery Unik Dan Langka

8. Mencegah Diabetes

Buah Strawberry merupakan buah pilihan yang menyehatkan bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang substansial dari buah beri satu ini juga dapat membantu dalam mengatur gula darah dan menjaganya tetap stabil dengan menghindari naik turun yang ekstrim.

Serat yang terkandung juga dapat meningkatkan rasa kenyang, dan membuat merasa kenyang lebih lama setelah makan. Hal ini tentunya bisa mengurangi dorongan untuk ngemil dan mengurangi risiko lonjakan gula darah.

9.  Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Strawberry selanjutnya ialah dapat menjaga kesehatan kulit kamu loh. Hal ini didasari akan kandungan vitamin C serta asam elagik yang memang baik untuk regenerasi sel, terutama dalam mencegah masalah penuaan dini dan keriput.

Disisi lain kandungan tersebut juga mampu melawan efek dari paparan radikal bebas yang bisa merusak jaringan sel atau kolagen. Kamu bisa mendapatkan khasiat strawberry dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan bahan masker kulit.

10. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Banyaknya kandungan mineral pada buah stroberi segar seperti kalium, magnesium,  zat besi, vitamin C dan kalsium, bukan tidak mungkin bahwa dengan mengkonsumsi buah satu ini secara rutin dapat menguatkan tulang dan gigi kamu.

Selain itu kandungan mineral tersebut juga dapat mencegah pengapuran sendi dan meregenerasi sel-sel tulang yang telah rusak menjadi sehat.

Nah itulah beberapa manfaat mengkonsumsi stroberi yang baru dipetik ataupun yang telah diolah menjadi jus. Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara makan secara rutin dan teratur. 

Namun perlu dingat jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya, segala sesuatu yang berlebihan justru bisa menimbulkan efek samping, jadi makanlah secukupnya.

Baca terus di healty99.com uttuk informasi lainya mengenai buah-buahan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i