CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Kolang-Kaling Dan Tipsnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Kolang-Kaling Dan Tipsnya

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Kolang-Kaling Dan Tipsnya
Sumber foto : Istockphoto
Healty99 - Kolang-kaling merupakan buah (biji) berwarna putih transparan, bertekstur kenyal, sedikit berledir yang berasal dari pohon aren. Tanaman dengan nama latin Arenga Pinnata dapat dengan mudah dijumpai di Indonesia yang memang mempunyai iklim tropis. Ketahui efek samping ada dibawah.

Keberadaan kolang-kaling kian banyak diburu orang untuk keperluan konsumsi, terlebih lagi saat memasuki musim ramadhan tiba. Pasalnya buah yang kerap juga disebut beluluk ini sangat enak jika dibuat aneka makanan dan minuman, mulai dari kolak manis, sup buah, minuman segar, hingga manisan.

Baca juga : 

Cari Tahu Manfaat Kelapa Muda Bakar Sebelum Mencoba

Selain enak dikonsumsi kolang-kaling juga mengandung sejumlah nutrisi baik untuk tubuh loh, diantaranya seperti fosfor, vitamin C, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, serat, zat besi, dan kalori.

Mengkonsumsi buah satu ini dalam jumlah yang cukup dan teratur tentu sangat disarankan, karenanya memang baik untuk kesehatan.

Manfaat 

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah aren untuk kesehatan, diantaranya :

1. Baik untuk pencernaan

Mengandung serat dan air yang tinggi membuat kolang-kaling sangat baik untuk pencernaan, terutama dalam mencegah masalah sembelit (susah BAB), melindungi usus dan baik untuk penderita wasir.

2. Cocok untuk yang diet

Bagi kamu yang sedang menjalankan diet atau menurunkan berat badan, mungkin harus mencoba buah satu ini. Pasalnya buah aren yang sudah dimasak memiliki rendah kandungan kalori, tinggi serat serta air.

Yang mana hal ini, jika kamu konsumsi bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi porsi makan harian kamu.

3. Mencegah kolesterol

Manfaat beluluk selanjutnya ialah bisa mencegah penyerapan kolesterol atau lemak jenuh ke dalam tubuh yang berasal dari makanan sehari-hari.

Dengan begitu, meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah dan masalah obesitas dapat dicegah lebih awal. 

Namun hal ini tidak bisa menjadi acuan, terlebih lagi tidak mungkin kamu konsumsi buah satu ini secara rutin setiap hari.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi kolang-kaling dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu loh. Hal ini didasari kandungan vitamin C didalamnya yang mampu bersifat antioksidan.

5. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Banyaknya kandungan mineral pada buah palm seperti fosfor, kalsium, vitamin C dan zat besi, memungkinkan jika kamu mengkonsumsinya secara teratur mampu menjaga kesehatan tulang dan otot.

Nah itulah beberapa manfaat yang pasti akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur. "Lantas apakah ada efek samping terlalu banyak makan kolang-kaling?"

Efek Samping Kolang-Kaling

apakah kolang-kaling, beluluk, buah aren memiliki efek samping
Sumber foto : dreamstime.com
Penelitian terhadap efek negatif dari kolang-kaling yang diketahui masih terbatas dan belum didapati secara menyeluruh. Mengingat bahwa buah satu ini lebih banyak manfaat ketimbang efek sampingnya bagi kesehatan.

Efek samping kolang-kaling mungkin akan terjadi jika kamu mencobanya dalam kondisi mentah atau belum dimasak secara matang sempurna, maka kemungkinan hal ini bisa menyebabkan sakit perut.

Namun yang pasti, mengkonsumsi buah beluluk matang (sudah diolah) dalam jumlah banyak dapat membuat kamu merasa kenyang. Lain hal jika kamu terkena getah buah aren, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Disisi lain, adapun kamu harus meningkatkan kewaspadaan saat berbelanja bahan makanan satu ini dipasar. Pasalnya, kolang kaling merupakan buah yang memiliki ketahanan tidak lama dan cenderung cepat mengeluarkan bau serta lendir. 

Sehingga terkadang membuat beberapa oknum pedagang nakal menambahkan zat aditif penghilang bau, pewarna maupun pengawet.

Tentu saja hal ini akan menimbulkan efek samping bagi tubuh jika kamu mengkonsumsinya, seperti sakit perut, mual dan muntah, bahkan bisa mengancam kesehatan untuk jangka panjang.

Tips penyimpanan agar awet

efek samping kolang-kaling untuk kesehatan
Sumber foto : dreamstime.com
Cara mudah agar kolang-kaling tidak mudah bau, berlendir dan tahan lama agar tidak berbahaya bagi kesehatan, berikut diantaranya :

  1. Yang pertama kamu harus bisa membedakan mana kolang-kaling berbahaya dan tidak, alias dicampur bahan berbahaya (zat aditif) atau tidak.
  2. Setelah membeli dipasar, segera cuci menggunakan air mengalir hingga kotoran, bau dan lendirnya hilang.
  3. Kemudian tiriskan sebentar dan siapkan panci untuk merebus.
  4. Rebus buah beluluk hingga panas namun jangan sampai terlalu mendidih, kamu bisa menambahkan daun pandan agar lebih wangi.
  5. Setelah itu angkat dari panci, lalu masukan kedalam air dingin, dan baru simpan didalam kulkas.
Jika kamu melakukan cara diatas maka bahan pangan satu ini akan bertahan cukup lama dan terhindar dari bau tak sedap.

Nah itulah beberapa efek samping kolang-kaling, manfaat dan tips agar dapat tahan lama.

Baca terus di healty99.com untuk mengetahui beberapa informasi menarik lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i