Ketahui Manfaat Kelapa Muda Bakar Sebelum Mencoba!

manfaat air kelapa muda bakar untuk pria
Sumber foto : Istockphoto
Healty99 - Kelapa muda bakar bukanlah hal yang baru di Indoneisa, mengingat kawasan negara kita yang sangat cocok untuk tumbuhan satu ini. Tak jarang sangat mudah menjumpai penjualnya disudut jalan. Para penjual kelapa muda juga kian banyak dibanjiri pembeli, karenanya buah satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang terik sebagai pelepas dahaga.

Selain itu buah yang kerap disebut juga dengan dogan ini memiliki kandungan air melimpah dan menyimpan manfaat yang luar biasa. Banyak orang mencari kelapa muda bakar sebagai salah satu obat alternatif, namun belum diketahui akan kebenaranya apakah memang betul bahwa buah kelapa yang dibakar memiliki khasiat lebih bagi tubuh.

Mengingat para penjualnya kerap kali mengiming-ngimingkan, bahwasanya dengan mengkonsumsi buah kelapa bakar dapat mengatasi beberapa masalah seperti sakit perut, masuk angin, diare, mual, diabetes dan lainya. Lantas apakah benar begitu, yuk cari tahu?

Kandungan nutrisi : 

Jika kita lihat setidaknya air kelapa muda mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, terutama dari kandungan mineralnya seperti (sumber coconuthandbook.tetrapak.com) :

  • Gula (Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa)
  • Kalium
  • Sodium
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Protein
  • Besi
  • Serat
  • Natrium
  • Fenolik 
  • Dan tentu saja kaya air

Dari kandungan mineral tersebut tentunya air kelapa sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih lagi jika kamu mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.

Selain itu beberapa manfaat lainya ialah dapat mengontrol tekanan darah, melancarkan sirlukasi aliran darah, mencegah risiko terkena penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke, mencegah gangguan saluran pencernaan, mengembalikan cairan tubuh dan masih banyak lagi khasiatnya.

Lantas apa istimewanya kelapa muda bakar?

Sebenarnya, manfaat kelapa muda bakar yang kerap kali dilebih-lebihkan penjual, pada dasarnya khasiat alami dari buah kelapa itu sendiri, yang tentunya bisa kamu peroleh tanpa harus dilakukan pembakaran.

Atau bisa saja hal ini untuk menciptakan sugesti terhadap pelangganya agar mendapatkan khasiat yang dia inginkan yang tanpa sadar itu adalah khasiat menang sudah ada secara alami.

Disisi lain kebanyakan orang juga tidak menyadari dan sering mengesampingkan, bahwasanya bisa jadi kandungan nutrisi penting pada buah kelapa akan berkurang karena hasil dari pembakaran itu tadi.

Walaupun begitu tak ada yang melarang, dan tak ada salahnya kamu untuk mengkonsumsi buah kelapa muda bakar sesekali. Walaupun nutrisi yang terkandung bisa saja telah berkurang, namun air kelapa dalam kondisi hangat tentu akan sangat mudah di serap kedalam tubuh dan kemungkinan mendapat reaksi cepat untuk kesembuhan.

Yang perlu kamu perhatikan ialah, baiknya untuk mengkonsumsi buah kelapa muda bakar secara murni, dengan tidak adanya campuran seperti gula, madu maupun susu kental manis. Karena dengan mencampur yang manis-manis guna mendapatkan rasa, justru hanya akan meningkatkan kadar gula darah.

Manfaat kelapa bakar :

Berikut beberapa khasiat dari kelapa muda, yang sebenarnya bisa kamu dapatkan tanpa harus dilakukan proses pembakaran terlebih dahulu, (sumber healthline) :

1. Nutrisi yang baik untuk tubuh

Air kelapa tentunya baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, karenanya mengandung sejumlah mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Mengantikan carian tubuh 

Tak hanya melepas dahaga saat siang hari, mengkonsumsi air kelapa murni juga dapat mengembalikan cairan tubuh kamu yang hilang seharian dengan cepat.

Terlebih lagi untuk kamu yang suka berolahraga dan kerja keras, buah kelapa bisa menjadi penganti cairan isotonik alami tubuh dan menyeimbangkan cairan metabolisme.

3. Mengontrol tekanan darah

Tahukah kamu bawah air kelapa bermanfaat melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah beberapa penyakit berbahaya yang berkaitan dengan aliran darah. 

4. Melawan radikal bebas

Adanya kandungan yang bersifat antioksidan pada buah satu ini yang membuatnya dapat meminimalisir kerusakan jaringan sel akibat dari radikal bebas. 

Tentu saja hal ini dapat membatu tubuh dalam melawan beragam serangan penyakit berbahaya.

5. Menurunkan kadar gula

Air buahnya bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi loh, disamping itu juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi insulin serta meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik".

Walapun begitu hal ini tidak bisa menjadi acuan kamu, alias dapat mengatasi masalah gula darah secara langsung. Manfaat akan kamu raih apabila mengkonsumsi secara teratur.

6. Sumber energi

Manfaat selanjutnya ialah bisa menjadi sumber tambahan energi kamu. Air kelapa muda bakar bisa untuk pria yang ingin medapatkan stamina dan energi lebih dalam beraktivitas.

Jadi kamu para pria cobalah sesekali mengkonsumsinya tidak masalah.

7. Melancarkan pencernaan

Nah jika kamu kerap mempunyai masalah sembelit atau susah buang air besar, cobalah untuk memimum air kelapa sehari tiga kali.

Selain itu kamu juga harus mencukupi kebutuhan serat yang berasal dari buah, sayur dan perbanyak minum air disetiap harinya, agar masalah sembelit tidak terulang lagi.

8. Mengatasi alergi

Bagi kamu yang alergi terhadap makanan laut, atau salah makan sehingga menimbulkan alergi. Cobalah minum air kelapa guna untuk menetralkannya, kandungan elektrolit pada buah satu ini diketahui mampu meminimalisir reaksi alergi yang sedang kamu alami.

Namun hal ini tidak bisa menjadi acuan akan berhasil, karenanya sistem metabolisme masing-masing orang berbeda.

9. Mencegah batu ginjal

Di ketahui air kelapa bakar mempunyai khasiat melarutkan batu ginjal loh, serta mampu mengurangi pengendapan kristal dari mineral yang terkadung pada urin.

Sehingga dengan mengkonsumsi secara teratur bisa mencegah pembentukan batu ginjal dan masalah saluran kencing lainya.

10. Mengatasi sakit perut

Jika sedang mengalami sakit perut, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan instan. Cobalah untuk menggunakan cara yang lebih alami, salah satunya ialah menggunakan air kelapa muda, baik dibakar ataupun tidak.

Pasalnya banyak orang memanfaatkan airnya dalam menetralisir sakit perut dan gangguan lainya pada pencernaan.

11. Antikanker

Berkat antioksidan terkadung didalam buah satu ini yang diklaim dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang berasal dari radikal bebas. 

Tentu kamu bisa mendapatkan khasiatnya hanya dengan mengkonsumsi secara teratur.

12. Mengatasi keracunan

Banyak orang memanfaatkan airnya sebagai cara paling mudah dalam mengatasi masalah keracunan akibat makanan. 

Walau begitu air kelapa hanya bisa meredakan gejalanya saja tanpa menghilangkan.

Nah itulah beberapa manfaat kelapa muda bakar yang bisa kamu dapatkan, walau pada dasarnya dapat diraih tanpa harus melakukan peroses pembakaran terlebih dahulu. 

Namun tak ada salahnya untuk mencoba sesekali, sebagai bentuk penasaran.

Baca terus di healty99.com untuk infomenarik lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i