Ketahui Efek Samping Buah Ciplukan Sebelum Mengkonsumsinya

Ini dia efek samping buah ciplukan yang harus kamu tahu

Ketahui Efek Samping Buah Ciplukan Sebelum Mengkonsumsinya
Sumber foto : pixabay.com
Healty99 - Ciplukan atau kerap disebut cecendet, merupakan buah yang cukup populer di Indonesia, walaupun begitu tanaman satu ini sangat sulit dijumpai di perkotaan. Ciplukan tanaman liar yang kerap tumbuh disemak-semak, kebun, pingiran jalan, tepian sungai, persawahan hingga perkarangan rumah.

Jika lingkungan tempat tinggal kamu masih asri maka akan sangat mudah untuk menjumpai tanaman satu ini. Terlebih lagi buahnya kerap diburu anak-anak karena mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan.

Buah ciplukan memiliki ukuran terbilang kecil sekitar 1 cm, berbentuk bulat, berwarna hijau saat masih mentah dan akan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah matang. Mengkonsunsi buah satu ini saat dalam kondisi matang sempurna tentu sangat baik untuk kesehatan loh.

Baca juga : 

32 Jenis Buah Berry Yang Patut Kamu Ketahui

Pasalnya buah satu ini mengadung sejumlah nutrisi dan mineral yang memang baik untuk kesehatan, di samping itu adapun kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Beberapa manfaat mengkonsumsi ciplukan diantaranya ialah meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan tulang, mencegah paparan radikal bebas dan masih ada banyak lagi khasiat yang terkandung didalamnya.

Efek Samping Buah Ciplukan Atau Cecendet

Walaupun memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, namun tahukah kamu bahwa buah ciplukan memiliki efek samping bagi tubuh loh, terutama salah dalam mengkonsumsinya.

Yang dimaksud ialah, mengkonsumsi satu ini dalam kondisi matang memang sangat disarankan, karenanya memang baik untuk tubuh. Namun tidak dalam kondisi buah yang mentah atau setengah matang.

Hal ini dikarenakan ciplukan yang masih dalam kondisi mentah atau hijau mengandung senyawa Solanine. 

Baca juga :

 3 Olahan Ciplukan Yang Mudah Dibuat

Solanin sendiri merupakan sekelompok senyawa glikoalkaloid bersifat toxic bagi tubuh, dan bisa ditemukan pada tumbuh-tumbuhan baik itu pada bagian buah, umbi, daun dan batang.

Walaupun kadar senyawanya tidak terlalu banyak, namun tetap saja jika mengkonsumsi buah ciplukan mentah secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Lantas apa efek samping dari mengkonsumsi ciplukan yang tidak dalam kondisi matang sempurna? Makan buah cecendet yang tidak matang sempurna bisa menyebabkan beberapa masalah seperti.

  1. Sakit perut
  2. Kram
  3. Gangguan pencernaan
  4. Sakit kepala
  5. Pusing
  6. Mual hingga muntah
  7. Diare

Nah itulah beberapa efek samping ciplukan yang jika tidak dikonsumsi dalam kondisi matang sempurna. 

Tentunya kamu tidak mau bukan, berharap ingin mendapatkan khasiat yang terkandung, justru malah menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan.

Baca juga : 

Buah Asam Yang Tak Banyak Orang Tahu

Namun tenang, adapun beberapa cara agar dapat terhindar dari efek samping tersebut, salah satu yang bisa kamu lakukan diantaranya ialah :

  1. Mengkonsumsi buah dalam kondisi matang sempurna, yaitu saat sudah bewarna kuning kemasan.
  2. Mencuci dengan bersih dari getah yang menempel.
  3. Baiknya tidak mengkonsumsi bersamaan dengan minuman atau makanan yang berkafein serta bersoda.

Itulah beberapa tips agar lebih aman dalam mengkonsumsinya. Jadi jangan takut untuk makan buah satu ini, pasalnya buah ciplukan merupakan super fruit yang sayang untuk dilewatkan manfaatnya.

Baca terus di healty99.com untuk mengetahui informasinya seputar buah-buahan dan tanaman lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i