Buah Asam Yang Tak Banyak Orang Tahu.

asam pahong, pahung,  paung, limpanong, pahu asam, p. temuangi, tegeiluk, kaloe goegoer, langsat hutan, lempaong, lempau-ung, peng, lingsu, limpasu, ampusu’, asam pauh, empaong, lampaong, lampa­wong, lampong, buah lepasu, lipasu, nipassu, kalampesu, lempahong, buah lipauh, kelepesoh, tampoy, buah lepesuh, empawang, lapahung, lempawong, paong
Healty99 - Hayo ada yang tahu dengan buah unik satu ini? Namanya adalah limpasu atau buah ramban, jika kamu tidak mengetahui buah satu ini wajar saja. Pasalnya buah limpasu atau ramban merupakan buah yang jarang dibudidayakan dan lebih banyak tumbuh dihutan, selain itu buah satu ini juga jarang dijumpai ditoko buah. Namun jika kamu tinggal di pedesaan, maka akan sangat mudah menjumpai buah-buahan satu ini.

Merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Baccaurea, lebih tepatnya Baccaurea lanceolata. Diketahui ada banyak jenis tanaman dari Genus Baccaurea. Dimana tanaman satu ini penghasil buah yang berbentuk bulat seperti bola pingpong.

Buah limpasu atau ramban juga memiliki beberapa penyebutan masing-masing ditiap daerah Indonesia. Misalnya langsat hutan, lempaong, ramban (Sumatera), lingsu, limpasu (Jawa), kalampesu (Kalimantan) dan masih banyak lagi penyebutanya seperti asam pauh, ampusu, liposu, asam pahong, buah lepesuh dan sebagainya.

Baca juga : 

Finger Lime, Jeruk Asam Yang Mahal

Buah satu ini ukuranya tidak terlalu besar, berwarna kuning saat telah matang, memiliki ukuran biji yang terbilang cukup besar, serta rasa buah yang asam segar. Karena rasa asamnya yang cukup kuat itulah mengapa kerap disebut juga dengan buah langsat hutan. Beberapa orang kerap mencari buah satu ini, terutama untuk ibu-ibu yang sedang ngidam.

Alih-alih rasa buah yang asam, limpasu atau ramban kerap dicari untuk dijadikan bahan minuman yang menyegarkan. Yap, buah satu ini kerap dikonsumsi secara langsung saat sudah matang, atau diolah menjadi minuman penyegar dahaga saat siang hari.

Kandungan Buah 

Melihat dari rasanya yang asam, bukan tidak mungkin bahwa buah limpasu atau ramban mengandung Vitamin C yang tinggi. Buah satu ini diketahui mengandung Vitamin C, air, serat buah, senyawa lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh, serta beberapa kandungan mineral tentunya.

Kamu juga boleh memakan buah limpasu atau ramban, pasalnya buah satu ini boleh dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Justru beberapa kandungan nutrisi pada buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

manfaat buah limpasu, limposu ramban

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Ramban Atau Limpasu  

Mengkonsumsi buah ramban atau limpasu, lebih tepatnya mengkonsumsi buah-buahan dengan kaya akan kandungan vitamin C, serat dan antioksidan yang tinggi, dapat berguna meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Disamping itu, asupan antioksidan-nya bagi tubuh dapat berguna untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan zat kimia.

Baca juga : 

Crabapple, Buah Mungil Jarang Orang Tahu

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Ramban Atau Limpasu

Lantas apakah ada efek samping dari mengkonsumsi buah satu ini? Sejauh ini belum diketahui apa dampak atau efek samping dari mengkonsumsi buah limpasu atau ramban. Untuk itu harap tidak mengkonsumsi secara berlebihan. 

Akan tetapi jika dilihat dari rasa asam buah yang kuat, kemungkinan jika mengkonsumsi buah limpasu atau ramban secara berlebihan mampu menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan. 

Nah, itulah pembahasan tentang buah asam limpasu atau ramban yang memang jarang dijumpai dibanyak tempat. Hal ini dikarenakan buah satu ini sudah terbilang langka.

Baca terus tentang informasi unik lainya di Healty99.com, atau ikuti dengan klik follow dipojok kanan atas.

Sumber referensi : 

  • https://id.wikipedia.org/
  • http://www.nationaalherbarium.nl/
Sumber foto : 

  • Foto 1 https://kotasampit.com/
  • Foto 2 https://en.wikipedia.org/
Buka Komentar

0 Response to "Buah Asam Yang Tak Banyak Orang Tahu."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i