CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 25 Jenis Buah Jeruk Asam dan Manis - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

25 Jenis Buah Jeruk Asam dan Manis

jenis jenis jeruk
Sumber foto : pixabay/mac23
Healty99 - Siapa yang tak kenal dengan buah bundar satu ini. Jeruk merupakan buah dari keluarga Citrus yang dapat ditemukan hampir diseluruh dunia. Rasanya yang manis dan asam segar, tak heran jika ia digemari oleh banyak kalangan, terlebih lagi apabila sudah diolah menjadi minuman atau diperas terlebih dahulu.

Umumnya kita hanya mengenal beberapa Jenis Buah Jeruk seperti lemon, limau dan Jeruk purut. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada banyak macam jenis jeruk loh, terlepas dari rasa asam dan manis yang dimilikinya ia juga memiliki bentuk dan warna yang beragam.

Penasaran? Untuk itu simak dibawah ini beberapa macam jenis buah Jeruk dengan rasa asam dan manis.

Jenis Buah Jeruk Manis

Sekedar informasi, buah satu ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup perharinya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

1. Jeruk Sunkist

gambar jeruk sunkist
Sumber gambar : istockphoto
Sunkist atau Valencia adalah jenis Jeruk manis yang populer. Pada awalnya Sunkist merupakan tanaman dari hasil persilangan, lebih tepatnya hasil dihibridisasi oleh William Wolfskill pada pertengahan abad ke-19.

Ciri-ciri Sunkist ialah kulit luarnya berwarna jingga cerah dan orange, bertekstur lebih tebal, dan keras.

Selain itu pada bagian dalam mengandung banyak air, burlirnya lebih padat, dan saat di makan akan menciptakan letupan pada lidah kamu. 

2. Jeruk Pontianak

gambar jeruk pontianak

Jeruk Pontianak atau siam (Citrus nobilis), sesuai namanya Pontianak yang merupakan buah komoditas unggulan tanaman hortikultura dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Jenis buah Jeruk satu ini ada banyak di Indonesia, dan sering dijadikan jus atau minuman saat panas terik karena mengandung banyak air.

Ciri khasnya ialah, kulit luarnya berwarna hijau dengan belang kuning, tidak terlalu tebal dan memiliki rasa manis asam segar.

3. Jeruk Mandarin

Sumber gambar : pixabay
Berikutnya ada Citrus reticulata atau yang biasa kita kenal dengan nama Jeruk Mandarin.

Jenis Jeruk Mandarin memiliki bentuk yang tidak bundar atau bulat, bentuknya lebih ke oblate yaitu bulat dengan sedikit pipih.

Selain itu ukuranya juga sedikit lebih kecil, mempunyai rasa manis namun dengan samar-samar rasa asam. 

Jeruk Mandarin sangat enak jika disantap secara langsung, karena ia memiliki biji yang kecil bahkan tidak ada sama sekali.

4. Jeruk Limau Gedang

gambar jeruk limau gedang, grapefruit
Sumber foto : pixabay/ExplorerBob
Limau Gedang atau dengan nama lain grapefruit, merupakan varietas persilangan antara Jeruk manis dan Pamelo.

Jenis buah satu ini banyak diproduksi oleh negara Cina dan Amerika.

Ciri khasnya ialah kulit luarnya cukup tebal, untuk daging buahnya berwarna orange merah, merah cerah hingga putih krem.

Dari segi rasa ia memiliki campuran antara manis, asam dan sedikit samar-samar getir. 

5. Jeruk Tangerine

gambar Jeruk Tangerine
Sumber gambar : kaodim
Jeruk Tangerine sendiri sebenarnya adalah varietas dari jenis mandarin yang sedikit berbeda, namun dari bentuk dan ukuran sekilas hampir mirip.

Tangerine diketahui berasal dari Tangier, Maroko. Ciri khasnya ialah kulitnya tidal terlalu tebal, beraroma wangi dan rasanya pure manis sehingga sering dijadikan hidangan penutup atau minuman.

Tak hanya bagian dalam saja yang di konsumsi, kulit luarnya juga sering digunakan sebagai hiasan pada hidangan, manisan hingga cemilan kering.

6. Clementine

Sumber gambar : nature-and-garden
Clementine mungkin terdengar asing bagi kamu, namun sebenarnya ini adalah hasil dari persilangan dua tanaman.

Clementine merupakan hibrida antara keprok willowleaf (C. × deliciosa) atau dikenal dengan Jeruk Madarin dan Jeruk Manis (C. × sinensis).

Ciri khasnya ialah kulitnya oranye gelap dengan penampilan halus dan mengkilap, memiliki rasa manis berair serta cenderung lebih mudah dikupas.

7. Jeruk Manis

jenis buah jeruk manis
Sumber foto : bukalapak
Citrus x sinensis merupakan jenis buah Jeruk yang diduga berasal dari daerah antara Assam, India, Tiongkok selatan atau Asia Tenggara.

Jeruk Manis sangat populer dan banyak di sukai karena rasanya dan tinggi kandungan air. Tak heran ia menjadi pilihan untuk di buat minuman segar.

Ciri khasnya ialah kulit luar tipis dengan bentuk bundar, berwarna hijau sedikit kuning saat telah masak dan berbau harum. 

Untuk rasa tentu saja manis, bahkan saat masih setengah tua rasanya cukup manis untuk di makan.

8. Jeruk Tangelo

Sumber gambar : pixabay/Ray_Shrewsberry
Tagelo merupakan buah dari hasil persilangan berbagai macam varietas reticulata. Hasil persilangan tersebut menghasilkan Jeruk dengan bentuk oval atau kendi, ia juga terlihat seperti mempunyai puting.

Saat masak warna kulitnya menjadi orange, sedangkan untuk bagian dalam berwarna kuning dengan sedikit biji.

Tangelo mempunyai rasa manis dengan sedikit samar-samar pahit, selain itu ukuranya juga tak terlalu besar. 

9. Jeruk Bali

gambar jeruk bali

Jeruk Bali merupakan varietas citrus yang berukuran besar, bahkan untuk beratnya bisa mencapai 1 hingga 2 kilogram. Ukuranya yang besar membuat satu orang akan berlebih dalam sekali makan.

Jika ditanya rasa buah satu ini memiliki rasa manis bercampur pahit, namun tak perlu khawatir pasalnya Jeruk Bali kaya manfaat.

Stttt, katanya bagian kulit mempunyai khasiat untuk mengobati loh. 

10. Jeruk Sukade 

gambar jeruk sukade
Sumber gambar : wikipedia
Sukade adalah penyebutan untuk spesies buah Jeruk yang umumnya memiliki kulit tebal dan bagian dalam yang kecil-kecil. Jenis buah Jeruk satu ini diketahui berasal dari Asia Tenggara.

Ciri khasnya ialah bentuknya cukup besar, lonjong mirip seperti bola rugby namun dengan permukaan yang kasar seperti Jeruk  Purut, dan warnanya akan berubah kuning saat telah masak.

Untuk rasa ia seperti kebanyakan buah Jeruk pada umumnya, namun dengan sedikit pahit yang menyertai.

11. Hyuganatsu 

gambar jeruk Hyuganatsu
Sumber gambar : istockphoto
Hyuganatsu (Citrus tamurana) adalah jenis buah Jeruk yang tumbuh di negara Jepang.

Buahnya berukuran sedang dan bentuknya bulat, namun ada juga yang lonjong. Saat matang warna kulit berubah menjadi kuning muda.

Sedangkan untuk bagian dalam berair, mempunyai rasa manis dengan rasa sedikit asam. Biasanya Hyuganatsu dimakan dipotong-potong terlebih dahulu, lalu ditaburi gula .

Jenis Buah Jeruk Asam

1. Lemon

gambar jeruk lemon
Sumber gambar : pixabay/RichardJohn
Kalo yang ini sudah pada tahukan? Walau memiliki rasa asam yang kuat namun banyak orang yang menyukainya.

Lemon merupakan jenis Jeruk Asam berbentuk oval atau lonjong, berwarna kuning serta cukup tebal pada bagian kulitnya.

Lemon kerap digunakan dalam campuran masakan dan minuman, baik itu untuk menambahkan cita rasa asam atau untuk sebagai penyegar.

Tak hanya airnya saja tapi bagian kulit juga bisa dimakan loh.

2. Jeruk Nipis

gambar jeruk nipis
Sumber gambar : pixabay/webentwicklerin
Selanjutnya ada Jeruk Nipis atau limau, dengan bentuk lonjong seperti telur ayam, berwarna hijau, serta beraroma kuat.

Dalam penggunaan buah satu ini biasa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan, pembersih alat makanan, serta campuran beberapa jenis masakan dan minuman.

 Selain itu dari semua keluarga citrus, nipis memiliki aroma minyak atrisi yang kuat setelah Jeruk Purut.

3. Jeruk Purut

gambar jeruk purut
Sumber gambar : pixabay/najibzamri
Buah jeruk satu ini dapat dikenali dengan mudah, bahkan bagi orang awam juga bakal tahu.

Yap, Jeruk Purut memang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bentuknya bundar namun memiliki permukaan yang tidak rata (mengkerut / keriput).

Kulitnya berwarna hijau belang kuning, dan bagian dalam sama halnya dengan Jeruk Nipis yang bening. Selain itu ia juga mempunyai aroma minyak atsiri yang kuat pada kulit dan daun.

Dari segi penggunaan Jeruk Purut tidak untuk dikonsumsi, dan lebih sering digunakan untuk pengobatan, namun aroma khas dan rasa asamnya kerap digunakan sebagai penghilang bau pada daging selain Nipis dan Limau.

Sedangkan untuk konsumsi daun dilebih diutamakan dari pada buahnya.

4. Cui Kasturi

gambar jeruk cui kasturi, jeruk kunci

Cui kasturi atau biasa kita kenal dengan nama Jeruk Kunci, songkit atau lemon cui, merujuk dari pada tanaman dengan nama latin × Citrofortunella microcarpa.

Ciri khasnya ialah memiliki ukuran yang kecil bahkan lebih kecil dari bola pingpong, berbau harum, berdaging kuning orange, memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah.

Diketahui ada dua jenis Cui Kasturi, keduanya dapat dibedakan berdasarkan warna kulit luar yang hijau dan kuning.

Untuk penggunaan Jeruk Kunci kerap dimanfaatkan pada beberapa jenis masakan dan diperas untuk dijadikan minuman penghilang dahaga.

5. Finger Lime

jeruk finger lime, caviar lime
Sumber gambar : istockphoto
Finger Lime atau Caviar lime nama lainnya adalah Jeruk Australia, merupakan buah dari keluarga citrus yang mempunyai bentuk unik dan harga jual yang mahal.

Ciri khas Finger Lime ialah memiliki bentuk seperti jari atau belimbing wuluh, selain itu ia memiliki bulir buah yang berbeda, yaitu berbentuk budar dan bukan seperti tetesan air.

Diketahui ada tiga jenis yang di ketahui dari buah dengan nama latin Citrus australasica ini, namun semua hanya sebatas warna, yaitu merah muda, hijau dan sedikit coklat.

Dari segi rasa tentu saja Finger Lime memiliki rasa asam segar, namun ia lebih sering digunakan sebagai pelengkap ikan caviar diresto bintang 5.

6. Spanish lime 

jeruk spanish lime, jeruk spanyol
Sumber gambar : istockphoto
Spanish Lime atau Jeruk Spanyol, mungkin asing di telinga masyarakat Indonesia.

Spanish lime merupakan buah dari pohon dengan nama latin Melicoccus Bijugatus dan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai Mamoncillo.

Ia memiliki bentuk bundar tidak sempurna (sedikit lonjong), dengan warna kulit hijau bertekstur keras namun rapuh.

Ukuranya pun tak terlalu besar dimana Jeruk Spanyol hanya memiliki ukuran sekitar 3 hingga 4 cm.

Jika dilihat sekilas mirip dengan matoa, selain itu pada bagian dalam daging buah terlihat seperti berlendir dengan rasa asam. Dalam satu buah hanya terdapat satu atau dua biji saja.

7. Jeruk Darah

gambar jeruk darah
Sumber foto : veritablevegetable
Terdengar menyeramkan, namun tenang ini hanya buah dari tanaman Citrus × sinensis atau dikenal dengan Blood orange yang tergolong langka.

Bentuk luarnya mirip dengan sunkist, hanya saja perbedaan ada pada bagian dalam yaitu berwarna kuning bercampur merah tua, sehingga terlihat seperti darah.

Untuk rasa ia memiliki asam yang ringan seperti buah berry pada umumnya.

8. Jeruk Nagami

gambar jeruk nagami
Sumber gambar : istockphoto
Selanjutnya yaitu ada Nagami atau dikenal dengan Jeruk Kumquat Nagami.

Nagami memiliki bentuk yang unik dan cantik, yaitu lonjong seperti kapsul dengan panjang buah 2.5 sampai 5 cm, berwarna kuning terang serta rasa yang asam.

Jenis Jeruk Nagami kerap ditanam sebagai tanaman hias karena keunikanya sekaligus bentuk yang cantik.

9. Yuzu

jenis jeruk yuzu
Sumber gambar : pixabay/Jirreaux
Yuzu (Citrus ichangensis x Citrus reticulata var. austera) adalah jenis buah Jeruk yang berasal dari Asia Timur. 

Buah yuzu sedikit lebih kecil dari grapefruit yaitu berukuran 5 sampai 7 cm, memiliki kulit sedikit kasar, serta warnanya hijau hingga kuning bergantung pada tingkat kematangannya.

Yuzu rasanya asam, buahnya jarang dimakan secara langsung dan lebi sering dijadikan minuman penyegar.

Selain itu aromanya yang kuat, sering digunakan untuk dijadikan pewangi pada masakan.

10. Lemon Ponderosa

jeruk lemon ponderosa
Sumber gambar : specialtyproduce
Lemon Ponderosa (Citrus x pyriformis) atau Skierniewice Lemon, merupakan hasil hibrida Jeruk dari Pomelo dan Limau.

Ciri khasnya yaitu ukuran buah sedang hingga besar dengan kulit tebal dan bergelombang, dari segi rasa sama seperti lemon yang asam.

Ia juga bisa dimakan dan sering diolah sebagai campuran selai, minuman, pie dan lainnya.

11. Mangshanyegan

gambar jeruk Mangshanyegan
Sumber foto : mosbate1
Mangshanyegan adalah spesies buah Jeruk liar yang di ketahui berasal dari hutan asli pegunungan di Mangshan, provinsi Hunan, Cina, tempat pertama kali dilaporkan pada 1980-an.

Bentuknya tak lazim dari kebanyakan Jeruk, karena terlihat seperti mempunyai tentakel atau jari, beberapa orang juga menyebutnya sebagai buah cakar harimau.

Saat masak ia akan berubah menjadi kuning dengan rasa dominan asam sedikit manis, serta akan tercium aroma minyak atsiri yang kuat.

12. Pompia

gambar jeruk pompia
Sumber gambar : wikipedia
Pompia (Citrus medica tuberosa), juga disebut Pumpia adalah jenis buah Jeruk hibrida yang dibudidayakan yang buahnya dapat dimakan.

Ciri khasnya ialah bentuknya tak tarlalu besar, permukaan kulit kasar dan tebal bahkan tebalnya bisa menyamai isi buah, serta memiliki rasa yang cukup asam.

Jeruk Pompia kerap di campur kedalam minuman dan makanan, selain itu kulit yang tebal sering diolah menjadi manisan atau cemilan kering.

13. Ichang Papeda

gambar buah Ichang Papeda
Sumber gambar : specialtyproduce
Citrus cavaleriei atau Ichang Papeda adalah spesies Jeruk lambat yang memiliki daun dan bunga beraroma Lemon yang khas.

Jenis ini jarang dibudidayakan dan dapat dikatakan tanaman liar.

Ciri khasnya ialah memiliki kulit yang harum, tetapi kasar, dan mungkin berbentuk oval, bulat, atau pipih, ketika matang akan berubah menjadi kuning atau oranye.

Ichang Papeda memiliki banyak biji dan rasa asam pahit, namun sering dicari untuk campuran pada minuman.

14. Lemon Kasar

lemon kasar, Citrus jambhiri Lush
Sumber foto : wikipedia
Lemon Kasar (Citrus jambhiri Lush) merupakan buah dan pohon hibrida Jeruk, seperti rangpur persilangan antara Jeruk Mandarin dan Citron.

Ciri khasnya ialah ukuran buah cukup besar dengan kulit tebal dan kasar pada bagian luar, dari segi rasa tentu saja asam seperti lemon pada umumnya.

Nah itulah beberapa macam Jenis Buah Jeruk Asam dan Manis dari keluarga citrus.

Baca terus informasi unik lainnya seputar buah-buahan di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel