10 Jenis Pohon Bambu Hias Untuk Dekorasi Rumah yang Mudah Dirawat

gambar jenis bambu
Sumber gambar : pixabay
Healty99 - Bambu bagi sebagian orang bisa mendatangkan keberuntungan, akan tetapi disatu sisi ada juga yang beranggapan bahwa bambu menyimpan kesan mistis dan menjadi sarang mahluk halus. Terlepas dari itu semua tanaman satu ini memiliki pesona yang menarik loh.

Bentuk bambu yang simpel, dengan batang yang tegak lurus serta terdapat ruas batang yang berjejer rapi, membuat daya tarik sendiri untuk dipelihara sebagai tanaman hias. 

Yap, bambu memang kerap dijadikan sebagai tanaman hias, hal ini dikarenakan ia mudah dirawat, tahan cuaca dan memiliki banyak jenis dan bentuk yang cantik.

Nah jika kamu ingin memeliharanya sebagai tanaman hias atau untuk pagar rumah, berikut beberapa yang bisa saya rekomendasikan buat kamu :

Jenis Bambu Hias

Sejak dahulu tanaman berbatang lurus ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya ialah dapat mencegah erosi sungai, bahan baku pembuatan rumah, pagar dan banyak digunakan untuk beberapa keperluan lainnya. Berikut beberapa jenis bambu tersebut :

1. Bambu kuning

gambar bambu kuning
Sumber gambar : dreamstime
Sesuai namanya bambu ini memiliki warna kulit batang kuning polos dan daun yang berwarna hijau.

Umum jenis satu ini dapat dijumpai dengan mudah karena ada banyak disekitaran lingkungan, terutama ditepian sungai, kebun dan pematang sawah.

Bambu kuning kerap dimanfaatkan dan ditanam sebagai penahan erosi dari air, sebagai pagar rumah, tanaman hias, hingga diambil batang tuanya untuk tiang dan tunas muda atau rebung untuk konsumsi

2. Bambu hijau

gambar bambu hijau
Sumber gambar : pixabay
Dari yang kuning kita lari ke hijau. Untuk bambu hijau pada dasarnya dari segi pemanfaatan hampir sama saja dengan yang kuning, hanya saja jenis satu ini sedikit lebih rapuh.

Walau jarang yang menanamnya sebagai tanaman hias, namun bambu hijau sangat cocok untuk pagar rumah, keperluan tiang, kerajinan tangan dan stik untuk memancing.

Ia juga menghasilkan tunas muda atau rebung yang lembut, namun tidak cocok untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebi pahit dari jenis yang kuning.

3. Bambu kuning garis hijau

gambar bambu kuning garis hijau
Sumber gambar : dreamstime
Selanjutnya ada bambu kuning garis hijau, jenis satu ini terlihat seperti campuran antara kedua tanaman diatas kuning dengan gari hijau

Karena coraknya yang unik, tak jarang orang mencarinya untuk dijadikan hiasan dalam rumah atau perkarangan. 

Namun tentu saja dengan ukuran yang kecil jika ingin membawa masuk kedalam rumah.

4. Bambu hias Jepang

bambu hias jepang
Sumber gambar : istockphoto
Sesuai namanya memang ia berasal dari negeri sakura Jepang.

Walau termasuk kategori bambu hijau seperti di atas, namun ia memiliki penampilan yang lebih menarik.

Selain itu, tanaman yang berasal dari Jepang ini dapat tumbuh setinggi 5 meter, dengan diameter batang 3 sampai 4 cm serta jarak ruas sekitar 30 cm.

Warnanya yang hijau polos dan bentuk batang yang ramping, mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk pagar atau hiasan perkarangan rumah.

5. Bambu Gendang

Sumber gambar : trailorfarms
Bambu gendang memiliki keunikan tersendiri dari pada yang lain, terutama dari jarak ruas pada batang.

Ciri khas tersebut ada pada bagian batang dimana ia memiliki jarak ruas yang pendek dan sedikit mengelembung, sekilas juga mirip seperti gendang.

Ukuran yang tak terlalu tinggi sekaligus karena mempunyai ciri khas yang unik, banyak orang ingin memilikinya sebagai tanaman hias dalam rumah.

Terlebih lagi sangat cocok jika kamu letakan didalam pot, karena bisa menyejukan ruangan.

6. Bambu hias sian

gambar bambu hias sian
Sumber gambar : bibitbunga
Berikutnya ada bambu hias sian, secara fisik memang bentuknya mirip dengan bambu Jepang seperti yang telah di sebutkan tadi diatas tadi, namun sebenarnya ia memiliki habitat asli di Thailand.

Walau secara bentuk hampir mirip, namun tanaman satu ini memiliki ciri khas pada bagian ruasnya.

Jenis bambu hias sian memiliki ciri khas berwarna hijau dan keputihan pada bagian ruas, batang tegak, ramping, dan bagian atas yang sedikit menunduk.

Kebanyakan ditanam sebagai pagar keliling rumah, peredam suara dan mencegah erosi air.

7. Horsetail

bambu horsetail
Sumber gambar : pixabay
Horsetail merupakan penyebutan untuk jenis tanaman bambu hias. 

Horstail banyak dicari karena bentuk batang yang kecil, pendek, ramping serta memiliki warna hijau keabu-abuan dan garis ruas berwarna hitam putih.

Horsetail termasuk mudah hidup dan bisa ditanam pada media air atau tanah, itulah sebabnya ia banyak di letakan disamping kolam atau sudut ruangan.

Mungkin yang ini cocok buat kamu yang tidak menyukai banyak daun dan berbatang kecil.

8. Bambu hitam

Sumber gambar : guaduabamboo
Seusai dengan namanya bambu satu ini memiliki warna hitam pekat dengan gari ruas abu-abu.

Kebanyakan orang menanam atau mengambil batangnya untuk dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan, dekoratif, furniture dan alat musik.

Ia dapat tumbuh mencapai 11 meter dengan diameter batang 7 sampai 8 cm, selain itu warnanya yang gelap mampu menimbulkan kesan elegan dari tanaman satu ini.

9. Bambu hokigambar bambu sri rezeki

Sumber gambar : istockphoto
Sebenarnya yang satu ini tidak termasuk dalam kategori jenis tanaman bambu, karena ia tidak memiliki batang dan bentuk daun yang mirip seperti bambu pada umumnya. Ia lebih mirip dengan tanaman daun suji yang kita kenal sebagai pewarna.

Namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai bambu hoki sri rezeki, karena diyakini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliki rumah yang memeliharanya.

Tanaman hias satu ini lebih sering dimanfaatkan sebagai dekorasi dalam rumah karena bentuknya yang tak terlalu tinggi dan berdaun lebat.

Selain itu ia memiliki banyak varian warna loh, mulai dari hijau, kuning, abu-abu dan variegata.

10. Bambu variegata

Sumber gambar : shopee
Secara penampilan jenis bambu varietaga sedikit berbeda dari kebanyakan yang telah kita sebutkan di atas, terutama dari segi penampilan.

Bambu variegata memiliki batang yang ramping dan kecil, selain itu ciri khasnya ada pada bagian daun yang memiliki warna hijau bergaris putih.

Jenis satu ini kerap dipelihara sebagai tanaman hias didalam rumah karena kecantikanya. 

Tertarik untuk memiliki?

Nah itulah beberapa jenis tanaman bambu yang bisa kamu jadikan hiasan atau dekorasi rumah, dan tidak memerlukan perawatan yang intensif.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i